Cari Tempat Wisata


Danau Linting di Deli Serdang : Wisata Alam yang Indah dan masih dekat Kota Medan

Danau Linting di Deli Serdang : Wisata Alam yang Indah dan masih dekat Kota Medan
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Danau Linting, Desa Rumah Rih, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang, Sumatera Utara
Views : 210

Salah satu tempat liburan utama di sekitar Medan ada di Kabupaten Deli Serdang disebut Danau Linting dan direkomendasikan bagi Anda yang mencari ketenangan dan keindahan. Danau cantik ini terletak di Desa Rumah Rih dan berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu. Dari segi keindahan memang tidak kalah dengan Danau Toba. Belum lagi pengunjung juga bisa mempelajari sejarah menarik terkait telaga tersebut saat berkunjung nanti. Satu-satunya tantangan adalah Anda harus melewati lanskap dan rute yang sulit untuk sampai ke danau. Jangan khawatir. Itu sepadan dengan usaha.

Sekarang, mari kita bicara tentang nuansanya. Sekilas Danau Linting terlihat damai dan terpencil. Namun, tempat ini menjadi ramai selama akhir pekan dan hari libur. Airnya terlihat memikat dan asri, menampilkan warna tosca yang hijau. Danau ini juga dikelilingi pepohonan dan pemandangan berumput. Menurut ahli, kedalaman danau itu sekitar 100 meter! Cukup mengecewakan bahwa turis tidak diizinkan berenang atau bermain di dalamnya. Hal baiknya adalah penduduk setempat telah membangun beberapa kios makanan di mana pengunjung dapat membeli makanan dan minuman!

Aktivitas

Alasan pertama datang ke Danau Linting adalah untuk mempelajari sejarah. Wisatawan bisa mendapatkan informasi baik dari pemandu lokal maupun penduduk setempat. Konon danau tersebut memiliki sejarah mistis dan legenda menarik tentang Indonesia. Menurut penduduk setempat, danau itu dijaga oleh makhluk suci dan tidak boleh ada yang berenang di dalamnya. Cerita lain mengatakan bahwa danau itu dulunya adalah gundukan tanah yang besar. Karena ledakan misterius. Itu membentuk cekungan raksasa dan terisi dengan air dari waktu ke waktu. Tak heran, danau itu terbentuk sesudahnya.

Alasan selanjutnya untuk mengunjungi Danau Linting tidak lain adalah ketenangannya. Orang-orang memanfaatkan nuansa damai danau untuk bersantai dan menghabiskan liburan mereka dengan damai. Bahkan, beberapa orang memilih situs untuk menghilangkan stres dan suasana hati yang buruk. Meskipun pengunjung harus membayar tiket masuk, mereka tidak akan menyesali hadiah yang akan mereka dapatkan nanti. Belum lagi danau yang dikelilingi pepohonan rindang semakin menyejukkan untuk relaksasi.

Sebagai informasi, Danau Linting mengandung sedikit belerang. Tak heran, airnya terasa hangat dan nyaman. Agak mengecewakan bahwa turis tidak diizinkan masuk ke air. Jangan khawatir. Sebagai alternatif, pengunjung bisa sekadar duduk-duduk di tepi danau dan menikmati suasana nyaman bersama keluarga. Bagaimana pun, makan bersama di tempat itu juga akan menyenangkan.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi yang datang dari Kota Medan, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 3 menit karena jaraknya 25,3 km. Rute terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Pertahanan Patumbak. Dari Deli Serdang, tujuan terakhir adalah Desa Rumah Rih di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu tempat danau itu berada. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 59 menit, karena jaraknya 25,9 km. Untuk perjalanan yang lebih cepat, wisatawan harus melalui Jalan Talun Kenas - Jalan Patumbak.

or cancel