Cari Tempat Wisata


Danau Pagaralam Raje Mandare : Danau Aneh dengan Air Berwarna Merah Darah di Bengkulu

Danau Pagaralam Raje Mandare : Danau Aneh dengan Air Berwarna Merah Darah di Bengkulu
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Bengkulu
Alamat : Danau Pagaralam, Raje Mandare, Bengkulu
Views : 1268

Danau Pagaralam adalah danau yang sangat unik. Danau ini tidak seperti danau lain pada umumnya yang memiliki air jernih atau biru, Danau Pagaralam memiliki air seperti darah merah. Danau ini terletak di daerah Raje Mandare, perbatasan Kota Pagaralam dan Kaur, Provinsi Bengkulu.

Danau seluas 6 hektare ini ditemukan pada 2012 oleh masyarakat setempat. Saat pertama kali ditemukan, danau ini mengejutkan semua orang karena warna airnya yang aneh. Ada satu hal unik tentang danau ini. Walaupun warna airnya tampak seperti darah merah, saat Anda mencoba mengambil air, itu bukan darah merah tapi jelas seperti air biasa. Menurut masyarakat setempat, Anda akan bisa mencium aroma pandan pada malam hari di daerah tersebut.

Hal unik lainnya yang ditawarkan Danau Pagaralam adalah kenyataan bahwa Anda mungkin menemukan binatang unik di sekitar danau misalnya kelabang raksasa (panjang 30 cm dan panjang 50 cm), seekor kerbau yang memiliki sarang lebah di telinganya, beberapa burung raksasa dan lainnya. Meskipun binatang-binatang itu agak aneh, mereka cukup jinak.

Ada beberapa bangunan yang tersisa, yang diyakini sebagai kuil dari kerajaan tua, mungkin Anda temukan di dekat danau. Hingga saat ini, banyak arkeolog yang masih melakukan penelitian tentang hal tersebut.

Tempat unik dan agak mistis ini layak untuk dikunjungi bagi Anda yang menyukai tantangan karena menuju ke danau ini cukup sulit. Anda akan membutuhkan peralatan ekstra dan kondisi fisik yang bugar sebelum pergi ke Danau Pagaralam. Lebih baik pergi bersama teman Anda yang berpengalaman menjelajahi hutan jika Anda sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya karena Anda harus melewati hutan yang panjang dan lebar sebelum sampai di Danau Pagaralam.

Menuju Lokasi

Anda dapat memulai perjalanan Anda ke Danau Pagaralam dari Desa Rimba Candi, Kecamatan Dempo Selatan dengan menggunakan kendaraan umum seperti ojek, becak bermotor atau mobil sewaan dari Kota Pagar Alam. Saat Anda tiba di desa Candi Rimba, Anda kemudian akan melewati perbukitan dan hutan Rimba Candi. Ini akan memakan waktu 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca. Sepanjang jalan, Anda akan bisa melihat sisa-sisa kuil dan gerbang dari sebuah kerajaan besar yang tua. Kerajaan ini diyakini sebagai Kerajaan Sriwijaya. Setelah melalui perbukitan dan hutan Rimba Candi, Anda akan memasuki Bukit Raje Mandare dimana Anda bisa menemukan lokasi Danau Pagaralam.

or cancel