Cari Tempat Wisata


Danau Sebedang : Tempat Wisata Utama di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat

Danau Sebedang : Tempat Wisata Utama di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Kalimantan Barat
Alamat : Danau Sebedang, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
Views : 121

Salah satu tempat liburan terbaik di Kabupaten Sambas adalah Danau Sebedang. Telaga cantik ini terletak di Desa Sempelai Sebedang dan termasuk dalam Kecamatan Sebawi. Yang paling memikat pasti panoramanya, sehingga pengunjung bisa menikmati jalan-jalan dan fotografi di sana. Alasan selanjutnya terkait dengan lokasi yang cukup strategis dan dekat dengan pusat kota. Artinya, wisatawan tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mencapai lokasi. Plus, ini terbuka untuk semua orang dan tidak memiliki jam buka tetap. Jadi, semua orang bisa mengunjunginya kapan pun waktunya. Meski begitu, pengunjung tetap harus membayar tiket masuk.

Begitu sampai di Danau Sebedang, pengunjung akan melihat banyak sekali pepohonan yang mengelilingi danau. Rute menuju danau ini juga dianggap bagus, dengan jalan beraspal. Ada gerbang tempat turis harus membayar tiket masuk juga. Jangan khawatir. Biayanya cukup pantas. Keindahan dan ketenangan danau adalah daya tarik utama. Selain itu, pengunjung akan menikmati pemandangan bukit dan gunung di lokasi tersebut. Beberapa gazebo kecil juga berada di sisi danau! Namun untuk nuansa terbaik, disarankan untuk datang pada pagi hari saat banyak embun muncul dan sore hari saat langit terlihat romantis dengan warna jingga.

Aktivitas

Salah satu alasan berkunjung ke Danau Sebedang adalah untuk menikmati relaksasi. Pengunjung cukup berdiri di tepi danau dan menyaksikan pemandangan bukit, gunung, air, dan pepohonan yang rimbun. Lokasi terbaik untuk relaksasi, dalam hal ini, adalah di gazebo. Namun jumlah fasilitas ini terbatas, sehingga pengunjung harus mengantri saat danau tersebut ramai dikunjungi orang. Tip lainnya adalah datang lebih awal di pagi atau sore hari ketika suasananya paling baik dan situs menjadi lebih damai. Artinya, gazebo-gazebo itu akan kosong.

Danau ini dikelilingi pepohonan yang rindang dan tinggi. Ini menjelaskan mengapa suasana di sana terasa cukup nyaman. Hal berikutnya yang bisa dinikmati selama kunjungan adalah eksplorasi dan trekking. Lokasinya lumayan dekat dengan lereng gunung. Dengan demikian, wisatawan dapat menjelajahi gunung dan mendapatkan pemandangan yang lebih baik dari atas sana. Jangan khawatir. Panasnya matahari tidak akan mengganggu siapapun karena keberadaan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Eksplorasi ini juga tidak akan melelahkan.

Kabar baiknya, manajemen setempat menyediakan tikar untuk disewa wisatawan selama kunjungan. Ini membantu mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk duduk di gazebo karena keramaian. Selanjutnya, disarankan untuk berbicara dengan penduduk setempat tentang cerita perkotaan. Konon, danau itu pernah digunakan sultan Sambas untuk mandi! Raja-raja ini terkesan dengan kejernihan, kesegaran, dan panorama indah danau saat itu.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi Anda dari luar pulau disarankan untuk mencapai Kota Pontianak terlebih dahulu yang merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Kota Jakarta, dalam hal ini wisatawan cukup naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan menuju Bandara Supadio di Pontianak. Setelah sampai di tempat tujuan, mereka harus mengambil Jalan Ahmad Yani dan langsung menuju ke Kabupaten Sambas. Jaraknya 229 km. Artinya, perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam 51 menit. Dari Sambas, tujuan selanjutnya memang Danau Sempelai Sebedang tempat danau itu berada. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit, karena jaraknya 21,1 km.

or cancel