Cari Tempat Wisata


Danau Weekuri (Laguna Weekuri ) Tambolaka : Kolam Alami yang Ajaib di Pulau Sumba, NTT

Danau Weekuri (Laguna Weekuri ) Tambolaka : Kolam Alami yang Ajaib di Pulau Sumba, NTT
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Danau Weekuri, Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Views : 1503

Laguna We'ekuri atau Danau Weekuri adalah laguna pasir putih di desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, dimana air laut masuk dan keluar melalui terowongan di dasar terumbu karang. Laguna Weekuri adalah tempat magis geologi danau dengan air jernih dan salinitas tinggi di batu raksasa yang berdiri tegak seperti dermaga di tanah Marapu.

Air Danau Weekuri tampak jernih, biru dan hijau yang merupakan sistem pasang surut di daerah terumbu karang di pinggir pantai. Air laut bergemuruh masuk dan keluar melalui terowongan menuju danau asin yang memiliki tingkat garam tinggi sehingga para pelancong yang berenang di air mampu mengapung hingga waktu yang lama.

Belukar yang tumbuh di terumbu karang yang mengelilingi tepi danau membuat suasananya sangat sejuk dan sedikit rumah kayu bulat dibangun oleh masyarakat setempat untuk memarkan tenun, gelang, akar bahar dan aneka ragam karya seni tradisional khas Sumba.

Gua batu di danau membentuk beragam stalagtik dan stalagmit yang indah di bebatuan garis pantai dan memisahkan danau dan laut raksasa. Pepohonan, kaktus dan tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di atas karang memiliki permukaan yang tidak rata dan beberapa bagian tampak seperti bunga karang.

Danau Weekuri berbentuk oval dengan panjang 150 meter ke daratan dan lebar 50 meter, sedangkan kedalaman bagian kiri 3 meter dan bagian kanan 5 meter saat pasang laut. Namun saat laut surut hanya 30 sentimeter dan hanya terlihat pasir putih di kiri, sedangkan di sebelah kanan hanya 2,5 meter.

Warna air biru muda, biru tua dan hijau, bebatuan yang indah, ombak di rongga bebatuan yang melesat 70 meter ke daratan dan keajaiban panorama indah di pesisir selatan pulau Sumba hadir dalam keindahan danau dan laut juga.

Aktivitas

Diving, snorkeling, berenang, berkano, trekking, hiking, camping, hammocking,Menjelajahi flora dan fauna, Menjelajahi etnografi, arkeologi, arsitektur, budaya dan kuliner.  Selain itu, menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit, berburu fotografi dan videografi merupakan aktivitas yang utama di sini.

Perjalanan atau Rute Menuju Danau Weekuri

Tujuan pertama adalah Kota Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang dilanjutkan mengambil penerbangan ke Bandara Tambolaka di Kota Tambolaka. Jarak Dana Weekuri dari Tambolaka sekitar 36 Km, Anda dapat menyewa mobil menuju Danau Weekuri.

or cancel