Cari Tempat Wisata


Waduk Tombakar (Danau Ranowangko) : Tempat Wisata Alternatif di Tomohon

Waduk Tombakar (Danau Ranowangko) : Tempat Wisata Alternatif di Tomohon
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Danau Ranowangko, Tomohon, Sulawesi Utara
Views : 50

Memang benar Danau Tondano adalah tempat liburan terkenal dan utama di Kota Tomohon. Namun, danau lain berada di sana termasuk Danau Ranowangko. Lokasi berada di Desa Tataaran Dua dan masuk dalam Kecamatan Tondano Barat. Tepatnya, ada kemungkinan penduduk setempat menyebutnya sebagai waduk bukan danau alami karena fungsinya. Namun, bagi wisatawan, ini menjadi alternatif yang baik untuk menghabiskan liburan di Tomohon. Orang-orang ini datang ke situs Indonesia untuk alasan yang berbeda seperti fotografi, menikmati suasana yang berbeda, dan relaksasi.

Waduk Tombakar (Danau Ranowangko) tidak sebesar Danau Tondano, tetapi memiliki pesona yang berbeda. Misalnya, ada bangunan yang terletak di tepi danau yang merupakan rumah penjaga. Beberapa orang juga melakukan penelitian di rumah itu, sebenarnya. Fitur yang dapat dikenali berikutnya adalah keberadaan banyak eceng gondok di atasnya! Ada banyak, jadi sepertinya danau itu tertutupi oleh tanaman air itu. Ketika melihat kejernihan airnya, danau memang menawarkan air jernih tetapi tidak cocok untuk berenang.

Aktivitas

Hal pertama yang bisa dilakukan wisatawan di Danau Ranowangko adalah menikmati nuansa. Berkat suasana yang tenang, situs ini cukup baik untuk relaksasi dan mengurangi stres selama akhir pekan. Untuk pengalaman terbaik, disarankan untuk datang di pagi hari. Itu karena udaranya terasa segar. Plus, situs ini tidak memiliki banyak pengunjung saat itu. Bagi mereka yang mencari suasana lebih meriah. Mereka harus datang selama akhir pekan atau hari libur ketika penduduk setempat melakukan layanan masyarakat untuk membersihkan danau. Wisatawan bahkan dapat bergabung dengan kegiatan dan ikut serta dalam membersihkan lingkungan. Pasti akan menjadi pengalaman liburan yang baru.

Meskipun eceng gondok air menjadi daya pikat utama di Danau Tombakar, itu dianggap hama. Tidak heran, penduduk desa secara teratur melakukan pelayanan masyarakat untuk menyingkirkan tanaman air tersebut. Mereka menyebut tanaman itu “Penpengen”, sebenarnya. Sebagai informasi, kegiatan ini dilakukan pagi-pagi sekali selama akhir pekan. Dengan demikian, wisatawan harus datang pada waktu yang tepat jika mereka ingin bergabung.

Aktivitas lain yang disarankan untuk dilakukan di Danau Ranowangko adalah fotografi. Dalam hal ini, objek terbaik untuk ditangkap adalah kelompok eceng gondok. Juga, wisatawan dapat mengambil foto orang yang bekerja selama pengabdian masyarakat. Pastikan untuk berfoto bersama dengan mereka saat mengunjungi danau nanti!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi Anda yang datang dari Kota Manado, Anda dapat menghabiskan sekitar 1 jam dan 6 menit untuk sampai ke Danau Ranowangko. Itu karena jaraknya 31,9 km. Jangan khawatir. Perjalanan menjadi lebih cepat jika mereka mengambil Jalan Raya Manado - Tomohon. Yang perlu mereka lakukan adalah pergi ke Kecamatan Tondano Barat dan mencapai Desa Tataaran Dua sesudahnya di mana danau itu berada.

or cancel