Cari Tempat Wisata


Blue Lagoon Jogja di Kabupaten Sleman : Pemandian yang Populer di Yogyakarta

Blue Lagoon Jogja di Kabupaten Sleman : Pemandian yang Populer di Yogyakarta
Kategori : Wisata Alam / Pemandian
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Blue Lagoon Jogja, Desa Widodomartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Views : 32

Berbeda dengan Kabupaten Bantul dengan pantai selatannya yang menakjubkan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan dataran tinggi dan tempat liburan santai seperti Blue Lagoon! Yang satu ini terletak di Desa Widodomartani dan termasuk dalam Kecamatan Ngemplak. Daerah itu dikenal dengan air yang melimpah. Bahkan, wisatawan bisa menemukan tiga mata air alami cantik yang tak pernah kering meski saat musim panas. Blue Lagoon terbentuk karena timbunan air yang berasal dari Mata Air Alam Belik Kluwih. Sebagai informasi, nama resminya adalah Pemandian Alam Tirta Budi.

Kesan pertama begitu sampai di Blue Lagoon sudah pasti keindahannya yang tenteram. Wisatawan akan melihat kolam alami besar yang memiliki air jernih berwarna kehijauan! Warna hijaunya berasal dari lumut yang tumbuh di dasar kolam! Selanjutnya, kolam tersebut juga dikelilingi tebing batu dan beberapa batu sungai. Beberapa debit air kecil juga keluar dari tebing-tebing itu. Belum lagi tempat ini memiliki banyak pepohonan dan semak rimbun yang membuatnya lebih teduh dan nyaman.

Aktivitas

Wisatawan memiliki motif berbeda untuk mengunjungi Blue Lagoon. Misalnya, mereka ingin menikmati keindahan alam yang masih alami. Beberapa orang bahkan mengatakan itu mirip dengan Green Canyon Pangandaran atau versi mini-nya. Ada juga yang mengatakan tempat ini memiliki kemiripan dengan situs arung jeram Sungai Oyo. Alam yang murni menenangkan semua orang! Kabar baiknya, pihak manajemen telah membangun beberapa fasilitas untuk memuaskan pengunjung. Diantaranya toilet, kamar mandi, tempat sampah, bangku, kotak penyimpanan, dll. Pantas saja Blue Lagoon menjadi tempat wisata resmi di Sleman saat ini.

Pada hari-hari biasa, Pemandian Alam Tirta Budi ramai dikunjungi oleh anak-anak dan pelajar lokal. Situs ini bahkan menjadi lebih ramai selama akhir pekan dan hari libur! Ini menjelaskan popularitas terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain jalan-jalan dan menikmati suasana alam, pengunjung pasti akan menikmati mandi dan berenang di sana. Kolam alami terlihat memikat. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa pakaian ekstra selama kunjungan.

Dari segi ukuran, kolam memiliki lebar sekitar 30 meter per persegi. Adapun kedalamannya sekitar 3 meter! Oleh karena itu, setiap orang harus berhati-hati saat berenang atau bermain air di dalamnya. Setelah itu disarankan untuk mandi di Belik. Hal baik terakhir yang harus dilakukan adalah terkait kuliner. Setelah mandi, wisatawan sebaiknya membeli makanan dan jajanan lokal di tempat makan yang tersedia. Baik harga maupun rasanya memuaskan!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Bagi orang dari luar Yogyakarta, disarankan naik pesawat terbang untuk mencapai Kota Yogyakarta agar perjalanan lebih cepat dan nyaman. Dari Kota Jakarta, dalam hal ini wisatawan harus naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit menuju Bandara Udara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. Setelah sampai di bandara di Kulon Progo, wisatawan bisa langsung menuju ke Kabupaten Sleman. Jaraknya 48,5 km dan jalur terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Nasional III. Jangan khawatir. Perjalanan ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Setelah sampai di Sleman, mereka harus mengambil Jalan Cangkringan dan langsung menuju Blue Lagoon. Jaraknya 31,9 km, jadi perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 59 menit.

or cancel