Cari Tempat Wisata


Arung Jeram Sungai Ayung Ubud : Petualangan Mengarungi Sungai Terluas dan Terpanjang di Bali

Arung Jeram Sungai Ayung Ubud : Petualangan Mengarungi Sungai Terluas dan Terpanjang di Bali
Kategori : Wisata Alam / Sungai
Lokasi Indonesia / Bali
Alamat : Sungai Ayung, Ubud, Bali
Views : 729

Apa hal terbaik yang Anda sukai dari Bali? Sebagian besar wisatawan akan mengatakan bahwa itu adalah pantai. Tapi Bali menawarkan lebih banyak lagi, dengan atraksi yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan. Apaka Anda hanya untuk bermalas-malasan di bawah matahari atau Anda dengan penuh semangat menguji adrenalin, Bali memiliki semuanya. Dan, arung jeram memang merupakan kegiatan petualangan  yang menyenangkan dan dapat memacu adrenalin. Mengendarai dan mendayung di atas rakit karet, menavigasi melalui sungai yang deras, menikmati mengambil risiko dan menyelesaikan dengan kuat dengan kemampuan kerja tim Anda, arung jeram akan memberi Anda kesempatan untuk menghargai alam dari sudut yang berbeda.

Bali memiliki 3 lokasi utama untuk arung jeram, yaitu: Sungai Ayung, Sungai Telaga Waja dan Sungai Melangit. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan di antara pengunjung.

Sungai Ayung, yang terletak di Kedewatan Ubud adalah sungai terluas dan terpanjang di Bali, membentang sejauh 75 kilometer dari daerah pegunungan utara sampai ke Selat Badung di Sanur. Mengikuti Skala Internasional untuk Kesulitan Sungai, ada enam tingkat kesulitan dalam arung jeram. Setiap kelas diberi nomor untuk menggambarkan kondisi kekuatan arus sungai, gelombang yang diharapkan, kondisi batuan, perkiraan penurunan dan kemampuan tingkat keterampilan individu untuk bermanuver melalui sungai.

Diklasifikasikan sebagai kelas II dan III di musim kering. Tingkat keterampilan di sini berkisar dari pendayung dasar dengan beberapa pengalaman dalam arung jeram akan cukup untuk perjalanan. Di musim hujan, saat tingkat air naik, Ayung diklasifikasikan sebagai kelas IV, memiliki gelombang menengah yang besar dan membutuhkan keterampilan yang lebih baik untuk manuver tikungan tajam.

Trek arung jeram Ayung menawarkan rute 10 kilometer dan berliku-liku yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam. Tapi waktu tersebut akan terasa begitu cepat karena Anda akan asyik bersenang-senang dalam petualangan ini. Inilah alasan utama mengapa Anda harus mencoba arung jeram, naik rakit dan mulailah mengayuh!

Sungai Ayung terletak sekitar satu jam perjalanan dari sebagian besar pusat wisata, atau hanya 20 menit berkendara dari Ubud. Ada sejumlah perusahaan operator arung jeram untuk dipilih, masing-masing didedikasikan untuk memberi Anda layanan dan bantuan kapan pun Anda memutuskan untuk mengarungi sungai. Anda dapat mengunjungi masing-masing situs resmi dan memilih mana yang paling sesuai untuk Anda.

Dengan kondisi perairan yang tenang  serta turunan dan tikungan yang mudah diatur, anak-anak berusia 9 sampai usia maksimal 65 tahun diperbolehkan ikut serta. Tapi bacalah dengan saksama dan maklumilah syarat dan ketentuan yang diberikan oleh masing-masing penyelenggara arung jeram, karena mungkin tidak sama dengan batasan usia dan peraturan keselamatan. Cari tahu lebih banyak tentang titik awal dan akhir dari penyelenggara dan lokasinya.

Aktivitas

Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba arung jeram di sungai Ayung, karena masing-masing rakit dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan, pelatihan keterampilan pendahuluan tentang manuver dasar, dan pemandu berpengalaman di rakit. Nikmati waktu Anda dengan mengayuh kasau sambil mengarahkan arus. Beberapa turunan dan belokan mungkin saja menjadi pemicu semangat petualang di dalam diri Anda. Anda akan merasa bahagia dan menyenangkan dalam keseluruhan perjalanan, jadi jangan menahan diri dan tetap semangat!

Bagaimana pun kondisi air dan gelombang, beberapa pemandu akan senang melakukan pitstop dan memberi Anda kesempatan untuk memotret. Jika Anda dapat mengatur waktu keberangkatan Anda, yang terbaik adalah pergi untuk perjalanan pagi agar pencahayaan yang lebih baik. Tempat-tempat indah itu akan sangat sulit untuk tidak mengabadikannya dalam bingkai sebagai satu momen tak terlupakan yang dihabiskan di Bali.

Selain arung jeram di Sungai Ayung, Anda dapat menikmati air terjun yang jernih di lembah, melewati beberapa keajaiban alam yang menakjubkan di Bali, hutan hujan hijau subur, sawah, dinding batu berukir dan percikan air terjun. Rasakan pemandangan yang tidak biasa dengan panorama spektakuler Bali dan margasatwanya. Mengagumi bagaimana alam telah memberkati keselarasan dan keindahan tersebut.

Menuju Lokasi

Perjalanan menuju ke tempat wisata Ubud akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam dari Bandara Ngurah Rai Bali. Saat perjalanan menuju Ubud, anda akan melewati obyek wisata Kuta, objek wisata Sanur dan kota Denpasar. Dari Ubud, perjalanan dilanjutkan menuju Sungai Ayung dengan waktu 20 menit.

 

or cancel