Cari Tempat Wisata


Sungai Alas : Sungai Terpanjang dengan Jeram yang Luar Biasa di Aceh

Sungai Alas : Sungai Terpanjang dengan Jeram yang Luar Biasa di Aceh
Kategori : Wisata Alam / Sungai
Lokasi Indonesia / Aceh
Alamat : Sungai Alas, Kutacane, Aceh
Views : 2459

Sungai Alas mengalir langsung ke Samudera Hindia; Sungai ini memiliki jeram yang luar biasa yang menarik penggemar arung jeram hingga seluruh dunia. Terletak di 165 km tenggara dari Takengon, Sungai Alas melintasi Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat populer di kalangan anak muda dan petualang. Tonjolan tajam dan banyak jeram menantang para rafter.

Arung jeram dan kayak adalah aktifitas yang umum di sungai Alas dari desa Angasan sampai ke kota Gelombang, dekat dengan samudera Hindia. Di daerah atas Alas, beberapa jeram menuntut kinerja yang baik. Perahu ini akan melewati hutan hujan yang masih asli dan banyak satwa liar dapat dilihat, terutama monyet dan beragam burung berwarna yang indah.

Dari Kutacane ke Gelombang airnya agak lumayan dan merupakan bagian dari perjalanan hutan-Safari. Kendati demikian juga pemandangan hebat pun diperlihatkan. Pada perjalanan arung jeram lebih dari satu hari, Anda dapat tidur di tenda-tenda di tepi sungai Alas, BBQ dan bermain gitar di malam hari.

Tips

Penginapan di Hutan tadah hujan Kedah menyediakan akomodasi, makan, dan paket perjalanan, termasuk petualangan arung jeram.

Mencapai Lokasi

Sungai Alas dapat dicapai melalui jalau darat dari Medan dan Banda Aceh.  Dari Medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara, ambil jalan menuju Kutacane dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Dari Kota Banda Aceh dapat melalui Beureun-Takengon dengan waktu  tempuh sekitar 14 jam.

Saat ini terdapat penerbangan dengan menggunakan maskapai Susi Air ke Kutacane di Bandara Alas Leuser  dari Kota Medan dan Banda Aceh.

or cancel