Cari Tempat Wisata


Sungai Citumang : Petualangan Body Rafting dan River Tubbing yang Menantang di Pangandaran

Sungai Citumang : Petualangan Body Rafting dan River Tubbing yang Menantang di Pangandaran
Kategori : Wisata Alam / Sungai
Lokasi Indonesia / Jawa Barat
Alamat : Sungai Citumang, Pangandaran, Jawa Barat
Views : 991

Sungai Citumang sudah aktif sejak tahun 1991. Namun, cuma beberapa orang saja yang tau. Dulunya, Sungai Citumang dikelola oleh warga sekitar, hingga akhirnya pemerintah pun melirik potensi besar yang ada di tempat itu dan membantu warga sekitar mengembangkannya. Awal tahun 2010 merupakan permulaan Sungai Citumang mulai dikenal khalayak luas. Publikasi melalui media sosial, hingga akhirnya membuat website sendiri untuk mempermudah informasi dan reservasi. Antusiasme masyarakat meningkat, para pengelola nggak tinggal diam. Mereka mengembangkan beragam fasilitas untuk pengunjung, seperti tempat makan, tempat beristirahat sampai penginapan.

Di sepanjang perjalanan setelah melewati gerbang masuk pantai Pangandaran, Anda akan disuguhkan pemandangan sawah nan hijau yang begitu luas dengan megahnya perbukitan sebagai pemanis. Udara segar khas pedesaan bikin fresh badan dan pikiran.

Begitu Anda tiba di Sungai Citumang, Anda pasti akan kaget melihat warna air Sungai Citumang yang begitu biru.  Sepanjang perjalanan menuju titik awal rafting masih alami dan terawat. Memang spot yang seperti selalu menjadi harapan para traveler pada umunya. Pohon-pohon yang menjulang tinggi jadi penghalang sebagian cahaya matahari, membuat suasana sekitar tetep sejuk. Di sekitar sungai terlihat tidak ada satupun sampah, semua bersih, selalu terjaga kondisinya.

Aktivitas

Cliff jumping atau lompat dari tebing ketinggian 7 meter adalah tantangan awalnya. Setinggi itu memang terdengar biasa, tidak terlalu menakutkan. Tapi, apabula Anda melihat secara langsung dari posisi atas tebingnya, pasti akan membuat Anda memerinding. Spot cliff jumping itu ada di mulut Gua Taringgul, yang sekarang udah ganti nama menjadi Sanghyang Tikoro.

Sebenarnya ada dua paket wisata yang tersedia di Sungai Citumang, yakni body rafting dan river tubbing. Perbedaannya, body rafting pake life vest untuk mengarungi  Sungai Citumang, sedangkan river tubbing menggunakan pelampung. Untuk aktivitas yang lebih memantang Anda dapat mencoba  paket body rafting. Selanjutnya, Anda dapat terjun ke air dengan cara berayun di sebuah tambang. Ketinggiannya sekitar 2 meter.

Perjalanan atau Rute Menuju Sungai Citumang

Sungai Citumang merupakan sebuah sungai yang terletak berdekatan dengan pantai Pangandaran dan menjadi salah satu kompetitor dari Green Canyon. Sungai Citumang berjarak 104 km dari kota Ciamis, yang kurang lebih memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

or cancel