Cari Tempat Wisata


Cagar Alam Pulau Kaget : Rumah Tempat Tinggal Bekantan di Banjarmasin

Cagar Alam Pulau Kaget : Rumah Tempat Tinggal Bekantan di Banjarmasin
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Kalimantan Selatan
Alamat : Pulau Kaget, Banjarmasin
Views : 2013

Dalam episode yang berjudul "Flight 714" dari serial komik klasik Adventure of Tintin (dirilis pada tahun 1968), terdapat sebuah adegan lucu dimana seorang karakter bernama Allan melihat seekor monyet berhidung panjang yang unik dan membayangkannya menjadi atasannya Rastapopoulos. Primata yang tampak aneh sebenarnya adalah seekor Monyet Bekantan (Proboscis), maskot unik Kalimantan Selatan. Penghuni asli Hutan Borneo ini  menjadikan Cagar Alam Pulau Kaget menjadi rumahnya.

Terletak di dekat muara Sungai Barito, yang mengalir melalui kota Banjarmasin, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Kaget. Pulau Kaget adalah pulau yang dibentuk oleh endapan lumpur yang tumbuh dari dasar sungai (delta). Secara administratif, pulau ini berada di dalam kecamatan Tabunganen, di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Tanah subur di pulau ini menyediakan banyak mineral yang dibutuhkan untuk berbagai vegetasi yang tumbuh di atasnya, sehingga menciptakan hutan lebat yang menjadi habitat kehidupan liar.

Nama Pulau kaget mungkin berasal dari sensasi mengejutkan yang didapat seseorang saat memasuki pulau itu dan disambut oleh suara ramai ratusan monyet di tengah pepohonan yang lebat. Pulau seluas 85 hektar ini didirikan sebagai cagar alam pada tahun 1976 setelah mendapat penegasan dari Kementerian Kehutanan.

Bekantan yang unik merupakan bintang dari cagar alam ini. Dengan nama latin Nasalis larvatus, monyet tersebut secara lokal dikenal sebagai Bekantan atau Kera Belanda karena hidungnya yang besar dan panjang dan perutnya yang besar. Makhluk pemalu ini merupakan spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di Kalimantan dan dikenal sebagai salah satu spesies monyet terbesar yang berasal dari Asia. Bekantan dinilai sebagai spesies yang terancam punah dan masuk dalam Daftar Merah IUCN. Total populasinya telah menurun lebih dari 50 persen dalam 36-40 tahun sampai 2008 karena hilangnya habitat dan perburuan di beberapa daerah. Sejak tahun 1990, Bekantan telah ditetapkan sebagai maskot Provinsi Kalimantan Selatan.

Primata yang unik ini juga menjadi maskot dan ikon taman rekreasi terbesar di Indonesia, Taman Impian Jaya  Ancol di ibu kota Jakarta. Selain Cagar Alam Pulau Kaget, Bekantan  juga ditemukan di taman nasional dan cagar alam lainnya di Kalimantan, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum, Taman Nasional Gunung Palung, Taman Nasional Kutai, dan Taman Nasioal Tanjung Puting.

Selain Bekantan, cagar alam juga merupakan rumah bagi kera ekor panjang (Macaca fascicularis), kera lutung (Presbitis cristata) dan berbagai jenis burung termasuk: Parakeet (Psittacula alexandri), Kuah Brahmana (Haliadus indus), Kingfisher (Halcyon choris), Elang Laut (Inchthyophaga inchtyootus), dan banyak lainnya. Di antara banyak vegetasi yang ditemukan dalam cagar alam ini adalah: Mangrove, Rambai, Nipah, Bakung, Api-api, Pandan, dan Jeruju.

Penginapan

Pula Kaget yang berada dekat dengan Kota Banjarmasin, Anda dapat menginap di Banjarmasin.  Terdapat beragam pilihan hotel di Banjarmasin yang menawarkan beragam fasilitas dan tarif.

Mencapai Lokasi

Terletak tidak jauh dari Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan, Pulau Kaget bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dengan speed boat. Jika Anda ingin mencoba perahu sungai tradisional Kalimantan yang disebut "klotok", perjalanan akan memakan waktu sekitar satu setengah jam.

or cancel