Cari Tempat Wisata


Pulau Rinca

Pulau Rinca
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Pasir Panjang, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Phone : 081370071288
Website : https://destinazones.com/
Views : 35

Salah satu itinerary saat berlibur di Labuan Bajo adalah melihat komodo, dan Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores barat yang menjadi habitat asli dari binatang purbakala komodo. Hal ini yang menobatkan Pulau Rinca sebagai ‘A World Heritage Site’ oleh UNESCO. Sebagai habitat asli dari komodo dan inti dari Taman Nasional Pulau Komodo, Pulau Rinca ini dijaga dengan ketat oleh pemerintah. Pulau ini memiliki luas 190-an km. Meskipun binatang naga purba ini hidup di Pulau Rinca, namun hal tersebut tidak membuat penduduk sekitar takut.

Setidaknya, terdapat 2 kampung yang memiliki penduduk kurang lebih 1000 orang di pulau ini. Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Rinca Flores Komodo, Anda pun bisa mendatangi Kampung Rinca dan Kampung Karora untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Selain mengandalkan hasil nelayan yang didapatkan, masyarakat di Pulau Rinca ini mendapatkan penghasilan dari menjual makanan, menjadi tour guide, hingga menyewakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

Penduduk Rinca yang ramah pun membuat wisatawan yang datang ke Taman Nasional Pulau Komodo menjadi betah. Jarak antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo pun tidak berjauhan. Namun, ukuran Komodo yang berada di Pulau Komodo lebih besar dibandingkan ukuran Komodo yang berada di Pulau Rinca. Komodo yang berada di Pulau Rinca pun memiliki sifat yang lebih ganas karena cuacanya terik dan didominasi oleh Padang Savana. Itulah mengapa sering terjadi kasus Ranger diserang Komodo di pulau ini. Lokasi Pulau Rinca ini sangat nyaman dijadikan sebagai tempat trekking yang tidak akan terlupakan.

Anda akan dibuai dan hanyut dalam panorama alam yang memukau dan melihat Komodo dari dekat. Pulau Rinca benar-benar seperti sebuah pulau liar dengan keindahan yang mengagumkan. Berikut beberapa tips untuk Anda yang berenca untuk berkunjung ke Pulau Rinca:

1.      Transportasi

Perjalanan ke Pulau Rinca terbilang cukup panjang karena Anda harus menuju Bandar Udara Komodo yang terletak di Labuan Bajo.

Anda bisa menggunakan jasa travel agen gotravela menuju Pulau Rinca atau open trip. Biasanya, banyak open trip dan operator tur lokal lainnya di Labuan Bajo untuk berkeliling di area Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

2.      Akomodasi

Pengunjung biasanya datang ke Pulau Rinca Flores menggunakan kapal Live On Board yang ada tempat tidur di dalamnya. Biaya tergantung besar kecilnya kapal dan durasi Anda menginap. Namun, biaya sewa kapal makanan dan minuman biasanya telah ditanggung oleh pihak open trip.

3.      Aktivitas yang bisa dilakukan

Di Pulau Rinca, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan warna pasirnya yang merah muda. Anda bisa melihat Komodo dengan lebih dekat di pulau ini.

4.      Berfoto dengan Komodo

Setelah Anda membeli tiket masuk di Pulau Rinca, Anda akan mendapatkan pengarahan untuk melihat display dari tengkorak kepala yang menjadi korban dari perburuan Komodo.

Ranger atau pawang Komodo akan memberikan pengarahan kepada Anda untuk tidak jauh-jauh darinya karena Komodo merupakan hewan berbahaya. Anda akan diajak melewati hutan dan Anda bisa melihat binatang Komodo berkeliaran.

Setelah Anda puas berkeliling di Pulau Rinca Flores, Anda pun bisa beristirahat sejenak di kantin yang telah disediakan di sana.

Pulau Rinca yang termasuk bagian inti dari Taman Nasional Pulau Komodo ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa.

Meski lokasinya cukup sulit untuk ditempuh, namun semuanya akan terbayar ketika telah melihat keindahan yang luar biasa di dalamnya. Melihat Komodo dari dekat, menikmati perbukitan, serta menikmati keindahan laut dari Pulau Rinca.

Yuk rencanakan liburanmu bareng Destinazones, info lengkap

Booklet LOB Labuan Bajo 3D2N
http://bit.ly/BookletLOBLabuanBajo3D2N

Booklet Overland Sumba 5D4N
http://bit.ly/BookletOverlandSumba5D4N

Booklet Overland Flores 5D4N
http://bit.ly/BookletOverlandFlores5D4N

Untuk Fast respond klik link WA ini
http://bit.ly/WADestinazones

Tertarik dengan Destinazones Merchandise beli di sini ya
https://www.tokopedia.com/destinaz

or cancel