Cari Tempat Wisata


Konservasi Penyu di Pulau Kepayang : Tempat Menyaksikan Kehidupan Kura-kura di Belitung

Konservasi Penyu di Pulau Kepayang : Tempat Menyaksikan Kehidupan Kura-kura di Belitung
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Bangka Belitung
Alamat : Konservasi Penyu, Kepayang, Belitung
Views : 23

Pulau Kepayang juga diakui sebagai Pulau Babi. Pulau ini menawarkan fitur pantai yang menakjubkan. Sebenarnya, Pulau Kepayang bagian dari Pulau Belitung. Memang benar banyak wisatawan tertarik ke pantai. Namun, ada objek wisata lain di Kepayang. Misalnya, ada konservasi penyu lokal. Seperti namanya, itu adalah tempat untuk menyaksikan kehidupan kura-kura. Penduduk setempat merawat hewan-hewan cantik ini untuk mempertahankan jumlah mereka. Bahkan, dimungkinkan untuk melihat mereka meletakkan beberapa telur.

Konservasi Penyu Kepayang tidak memiliki kemewahan. Ini adalah bangunan sederhana dengan beberapa kolam buatan manusia. Para penjaga menyimpan penyu di kolam ini. Ini juga struktur terbuka, jadi Anda tidak akan melihat dinding apa pun. Di salah satu persimpangan, ada pelat pemberitahuan. Ini mengatakan bahwa pengunjung tidak diizinkan mengambil gambar dengan flash. Lempeng itu juga mengatakan pengunjung tidak diizinkan menyentuh penyu. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kontaminasi dan bahaya. Jangan khawatir. Cukup menyenangkan hanya menyaksikan kura-kura ini.

Spesies yang paling populer adalah Penyu Sisik Hawksbill. Ini unik dan indah. Kura-kura dihiasi dengan sisik. Karena nilainya, banyak pemburu sering menangkap dan menjual kura-kura secara ilegal. Ini mengurangi jumlah penyu laut secara signifikan. Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk, penduduk setempat membangun konservasi penyu. Juga, itu menjadi daya tarik wisata di Pulau Kepayang. Itu berarti semua orang diperbolehkan mengunjungi tempat yang menarik ini. Untuk dapat menyaksikan kura-kura ini, pengunjung harus membayar sedikit biaya masuk.

Aktivitas

Konservasi Penyu Kepayang menangani penyu muda sampai mereka mencapai kedewasaan. Selanjutnya, penjaga dapat melepaskan kura-kura matang ke laut terbuka. Penduduk setempat mungkin mengambil beberapa telur di pantai. Mereka tidak akan mengambil risiko telur ke alam. Itu karena kehadiran predator dan ancaman lainnya. Para penjaga membawa mereka ke area konservasi dan merawat mereka dengan hati-hati. Sebagai turis, Anda dapat mengamati aktivitas ini sesuka hati. Pastikan Anda telah membayar biaya masuk.

Selain kura-kura, Anda dapat menemukan beberapa karang kecil. Para penjaga merawat karang-karang ini dan melepaskannya ke laut. Ini adalah daya tarik lain di Konservasi Penyu Kepayang. Secara keseluruhan, Anda tidak akan bosan sama sekali. Tempat ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya. Pulau Kepayang adalah rumah dari tempat liburan yang menakjubkan, setelah semua. Untuk pengalaman yang lebih baik, Anda harus menyewa pemandu wisata. Dia membantu Anda berkeliling pulau secara efisien. Pastikan Anda membawa uang. Biaya perjalanan Anda lebih dari yang mungkin Anda pikirkan.

Perjalanan atau Rute Menuju Konservasi Penyu Kepayang

Konservasi Penyu Kepayang terletak di Pulau Babi. Itu artinya Anda harus pergi ke pulau ini terlebih dahulu. Dari Pantai Tanjung Kelayang, dibutuhkan sekitar 20 menit menggunakan perahu. Untuk orang luar, Anda dapat mencapai pantai dari Pelabuhan Tanjung Pandan. Akan membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk orang luar. Pastikan Anda membawa banyak uang dan minuman. Perjalanan Anda akan panjang jika Anda berasal dari Tanjung Pandan.

or cancel