Cari Tempat Wisata


Nyaru Menteng : Rumah Bagi Kelangsungan Hidup Orang Utan Borneo

Nyaru Menteng : Rumah Bagi Kelangsungan Hidup Orang Utan Borneo
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Kalimantan Tengah
Alamat : Nyaru Menteng, Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Views : 1250

Pusat reintroduksi orangutan yang kurang dikenal tapi tidak kalah pentingnya dari Tanjung Puting adalah Pusat Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng di dekat Palangkaraya, ibu kota Kalimantan Tengah. Pusat ini Reintroduksi terletak di dalam Arboretum Nyaru Menteng, yang pada awalnya hanya diperuntukkan bagi vegetasi langka. Saat ini, cagar alam tersebut juga mencakup kawasan konservasi hutan dimana primata yang ditangkap dilepaskan kembali ke alam liar.

Bertempat di dalam arboretum, Pusat Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng didirikan pada tahun 1999 oleh Lone Dröscher Nielsen dan Odom Kisar. Saat ini, tempat tersebut menampung lebih dari 600 orangutan orangutan yang kehilangan induk dan orangutan yang terlantar di bawah asuhan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. Sejak awal yang masih sederhana, pusat ini sekarang telah menjadi fasilitas konservasi orangutan terbesar di dunia dengan banyak kandang, pulau, klinik, kendaraan, hutan pelatihan dan ratusan staf.

Kepala proyek ini adalah Lone Dröscher-Nielsen. Lone menghabiskan empat tahun sebagai relawan di Tanjung Puting, merawat orangutan yang masih kecil, sebelum memutuskan untuk mendirikan sendiri dan membuka Proyek Orangutan Nyaru Menteng. Klinik, fasilitas karantina dan kandang sosialisasi berada di dalam area berpagar 1,5 ha, sementara perumahan berada di ujung terjauh dari arboretum.

Hutan di sekitar pusat tidak terganggu oleh pengunjung reguler dan berfungsi sebagai tempat yang tepat dimana orangutan yang masih muda diajarkan bagaimana bertahan di alam liar. Sebagai tempat di mana vegetasi khusus dan langka tertentu dibudidayakan untuk tujuan ilmiah dan pendidikan, Arboretum Nyaru Menteng didirikan pada tahun 1988 di area seluas 65,2 hektar yang sebelumnya dieksploitasi sejak 1974.

Penginapan

Terletak di sekitar Palangkaraya, ada banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda temukan dalam jarak dekat ke Nyaru Menteng.

Menuju Lokasi

Terletak sekitar 28 km dari pusat kota Palangkaraya, Arboretum Nyaru Menteng secara administratif berada di Desa Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, di kota Palangkaraya. Arboretum terletak sangat menyenangkan di rute antarkota Palangkaraya-Sampit atau ke timur Jalan Raya Tjilik Riwut, mudah dijangkau dengan mobil sewaan atau transportasi umum. Ada lebih banyak penerbangan yang tersedia ke Palangkaraya daripada ke Pangkalan Bun, titik awal untuk berkunjung ke Tanjung Puting.

or cancel