Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) : Tempat Perlindungan Terakhir Harimau Sumatera

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) : Tempat Perlindungan Terakhir Harimau Sumatera
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Jambi
Alamat : Taman Nasional Kerinci Seblat, TNKS, Pesisir Bukit, Sungai Penuh, Jambi
Views : 4909

Dahulu kala, Indonesia adalah rumah bagi ribuan harimau di tiga subspesies. Selain harimau sumatera, ada varietas Bali dan Jawa, yang keduanya diburu besar-besaran sampai akhirnya punah pada pertengahan abad ke-20. Hari ini, hanya harimau sumatera yang tersisa. Populasi diperkirakan sekitar 500, dan tiap tahun terus  menurun.

Bahkan pada saat terbaik, harimau pasti sulit ditemukan - mereka terkenal pemalu dan penyendiri, dan sebagian besar nokturnal. Namun, masih dimungkinkan untuk melihat harimau sumatera di alam bebas. Tempat terbaik untuk menyaksikannya adalah taman nasional terbesar di Sumatera, Kerinci Seblat.

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) memiliki ribuan mil persegi hutan hujan lebat di ujung barat Sumatera. Serta harimau sumatera, ini adalah rumah bagi banyak hewan langka dan cantik lainnya serta tanaman yang tidak biasa (khas). Salah satu tanaman itu termasuk bunga rafflesia, tanaman aneh dengan bunga besar yang berukuran beberapa meter.

Bunga rafflesia bersifat parasit, memberi makan tanaman lain, dan mengeluarkan bau seperti daging busuk – nama lain bunga ini adalah 'bunga kembang bangkai'. Kerinci Seblat juga merupakan rumah bagi badak sumatera yang sangat langka, yang diyakini kurang dari 100 jumlahnya. Badak di sini adalah badak terkecil di dunia dan tidak biasa yang memiliki lapisan bulu merah-coklat di sekujur tubuhnya.

Aktivitas Menarik di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

1. Melihat Harimau di Kerinci Seblat

Banyak, mungkin sebagian besar, pengunjung Kerinci Seblat, datang terutama karena kesempatan untuk melihat harimau sumatera di alam bebas. Harus disadari bahwa harimau adalah makhluk yang sangat sulit dipahami, dan Anda tidak memiliki jaminan bahwa Anda akan bisa melihatnya. Untuk satu hal, mereka sebagian besar nokturnal, hidup menyendiri, dan sangat pemalu. Tetapi tempat ini adalah tempat terbaik untuk melihat harimau sumatera di alam liar, dan penampakan kadang-kadang terjadi.

Meskipun Anda mungkin tidak melihat harimau, kemungkinan besar Anda akan melihat tanda-tanda harimau  terutama kotoran, jejak dan bekas goresan di pepohonan. Harimau hidup di seluruh taman, dan berjalan melalui berbagai hamparan hutan hujan yang tersedia dan menawarkan kesempatan untuk menemukannya.

2. Mendaki Gunung Kerinci yang Perkasa

Indonesia dikenal dengan Tanah Api, dan Taman Nasional Kerinci Seblat adalah tempat lima gunung berapi aktif berada. Yang terbesar dan paling mudah menguap adalah Gunung Kerinci. Gunung ini meletus pada tahun 2013, dan merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Tak perlu dikatakan lagi, ini bukan perjalanan yang mudah, tapi perjalanan akan sangat indah dan menyenangkan.

Trek dimulai di pintu masuk taman dan dibagi menjadi dua tahap. Pertama, Anda akan mendaki ke tempat perkemahan seluas 3.400 meter, yang memakan waktu sekitar setengah hari. Anda kemudian akan bermalam di sana, kemudian bangun pagi-pagi keesokan harinya untuk melanjutkan perjalanan selama satu jam ke puncak.

Ini adalah perjalanan yang cukup melelahkan, namun pemandangan matahari terbit dari atas akan membuat semuanya berharga. Di perjalanan, Anda akan melewati beberapa flora dan fauna yang indah dan tidak biasa yang membuat Kerinci Seblat menjadi tujuan yang hebat. Jika beruntung, Anda akan melihat lutung, kadal, edelweiss dan bunga kembang bangkai di antara banyak lainnya.

Perjalanan mendaki Gunung Kerinci sangat populer. Banyak pengunjung yang senang karena ini menjadi kegiatan utama atau satu-satunya di taman. Biaya perjalanan, termasuk pemandu, makan, biaya parkir dan transportasi mulai dari sekitar Rp 900.000 per orang. Ini agak mahal, tapi layak untuk pengalaman yang berharga.

3. Melihat Badak di Tengah Kolam Sulfur Ladeh Panjang

Hutan hujan Ladeh Panjang merupakan tempat binatang yang lebih banyak dibandingkan tempat lainnya di Taman Nasional Kerinci Seblat. Di sini terdapat area danau belerang dan sumber air panas di sebelah barat taman, dan berada di luar jalur hiking yang telah ditetapkan. Karena lebih terpencil, Anda mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi untuk melihat harimau di sini. Ini juga tempat yang bagus untuk melihat sekilas badak Sumatera, salah satu spesies badak yang paling terancam punah di dunia.

Makhluk lain yang tidak biasa yang tinggal di sini adalah tapir, babi besar dengan hidung bulat. Petualangan dapat memulai perjalanan lima hari melalui bagian taman ini - sebuah petualangan hutan hujan yang nyata.

Menuju Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Mayoritas pengunjung Taman Nasional Kerinci Seblat akan tiba via Padang, kota besar terdekat. Meskipun tidak begitu dekat dengansekitar 3-4 jam berkendara dari Bandara Internasional Minangkabau ke Taman Nasional Kerinci Seblat tetapi akses sudah baik.

Anda harus hati-hati bahwa supir taksi di bandara Padang terkenal dengan tarif tiket yang terlalu tinggi ke taman nasional. Sebaiknya Anda pergi ke Padang sendiri, mungkin menghabiskan malam di sana, dan kemudian mengatur transportasi ke taman esok harinya.

Tambahan

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah salah satu taman nasional terluas dan terindah di Indonesia. Ini adalah rumah bagi ekosistem yang beragam, mulai dari hutan hujan lebat sampai gunung berapi yang mendidih. Habitat ini adalah rumah bagi berbagai jenis hewan, beberapa di antaranya sangat terancam punah. Yang paling terkenal, dan alasan utama mengapa banyak orang mengunjungi taman nasional adalah harimau sumatera.

Yang terakhir dari subspesies harimau Indonesia, setelah Harimau Bali dan Jawa disapu bersih.  Harimau adalah makhluk langka dan sulit dipahami, namun tempat ini menawarkan kesempatan terbaik untuk menemukannya. Jika Anda menyukai alam pastikan akan menambahkan Taman Nasional Kerinci Seblat ke daftar kunjungan Anda!

or cancel