Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Sebangau : Hutan Tropis yang Masih Murni

Taman Nasional Sebangau : Hutan Tropis yang Masih Murni
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Kalimantan Tengah
Alamat : Taman Nasional Sebangau, Provinsi Kalimantan Tengah
Views : 2165

Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah adalah salah satu hutan rawa gambut yang tersisa di Borneo. Taman nasional yang memiliki luas sekitar 568.700 hektar adalah rumah bagi lebih dari 6.000 orangutan dan beberapa jenis reptil, membentuk satu populasi terbesar di dunia alam liar.

Di tengah-tengah hutan rawa gambut, Taman Nasional juga menawarkan pemandangan yang indah dari bukit-bukit yang masih asli. Dari puncak Bukit Batu, salah satu menghadap ke Taman Nasional Sebangau dan semua pemandangan yang menarik.

Sebuah perjalanan panjang sekaligus menantang tersedia di Bukit Bulan. Bagi Anda yang terbiasa mendaki,  mendaki ke atas bukit merupakan tantangan yang menarik, di sini akan disajikan dengan jalan sepanjang Sungai Bulan yang menyegarkan. Sebuah ekosistem yang unik dari rawa gambut dan batu-batu granit yang diamati di Bukit Kaki. Batu granit menyebabkan lingkungan kering, sehingga pohon-pohon berbeda dari yang ada di lingkungan sekitarnya.

Di taman nasional Sebangau juga terdapat danau air tawar yang bersih, jernih dan menyegarkan. Danau ini juga merupakan habitat berbagai spesies ikan dan flora, dan tempat terbaik untuk menonton proses alam terbaiknya. Ini danau megah dikenal sebagai Danau Bulat, Danau Punggualas, dan Danau Panjang.

Lingkungan Sekitar

Taman Nasional Sebangau menyimpan berbagai flora dan fauna, yaitu:

Flora

Terdapat 809 jenis flora, yang termasuk dalam 128 suku, (16 jenis diantaranya belum dapat teridentifikasi), dengan suku yang merajai  yaitu suku Rubiaceae, Myrtaceae, Euphorbiaceae, Moraceae, Fabaceae, Cluasiacea, Cypera-ceae, Annonaceae dan Lauraceae.

Fauna

  1. Dalam kawasan Sebangau dapat dijumpai 35 jenis mamalia dan 13 diantaranya telah diidentifikasikan sebagai satwa dengan kategori mendekati kepunahan antara lain : Owa (Hylobates agilis), Orang utan (Pongo pygmaeus), Beruk (Macaca nemestrina), Kelasi (Presbytis rubicunda), Beruang madu (Helarctos malayanus), Macan dahan (Neofelis nebulosa), Kucing hutan (Felis bengalensis),  Kucing batu (Felis marmorata), Kucing kepala pipih (Felis planiceps), Binturong (Arctitis binturong), Musang pohon (Arctogalidia trivirgata), Bajing (Exilisciurus axilis) dan  Tupai  (Tupaia picta);
  2. Taman Nasional Sebangau memiliki populasi Orangutan terbesar 900 individu;
  3. Populasi Owa-owa (Hylobates agilis albibarbis) Terbesar
  4. Di dalam kawasan TNS ditemukan beberapa jenis burung antara lain pecuk ular (Anhinga melanogaster), cangak laut (Ardea sumatrana), cangak merah (A. purpurea), elang hitam (Ictinaetus malayensis), pergam (Ducula bicolor), enggang berjambul putih (Aceros comatus), enggang gunung (A. undulatus), enggang gading (Buceros vigil), bangau hutan rawa (Ciconia stormi), julang (Aceros corrugatos), enggang badak (Buceros rhinoceros), bangau tongtong (Leptoptilus javanicus), layang-layang api (Hirundo rustica) dan layang-layang bulu (H. tahitica). Diantara jenis-jenis burung diketahui pula ada satu jenis yang telah diklasifikasikan sebagai jenis yang hampir punah, yaitu baliang (horn bill);
  5.  Beberapa jenis ikan yang dapat dijumpai juga di dalam kawasan antara lain adalah gabus (Channa striata), lele (Clarias sp.), bapuyu (Anabas testudineus), kakapar (Belontia hesselti), sambaling (Betta sp.).

Akfititas

Di Taman Nasional Sebangau, Anda dapat menyaksikan orangutan dengan suasana yang masih asli. TN Sebangau juga dialiri sungai hitam, Anda dapat mengitari sungai ini sambil melihat berbagai jenis reptil. Apabila masih terasa kurang, Anda dapat mendaki bukit bulan. Di bukit bulan, Anda dengan leluasa bisa menyaksikan keindahan pemandangan Taman Nasional Sebangau.

Penginapan

Karena letaknya tidak terlalu jauh dari Palangkaraya, Anda bisa menginap di Kota Palangkaraya. Terdapat banyak hotel di Kota Palangkaraya dengab tarif per malam antara Rp 300.000-700.000.

Apabila ingin lebih merasakan suasana Taman Nasional Sebangau, Anda bisa menginap di Pos jaga Sungai Koran. Pos ini lumayan bagus, menyediakan tiga buah kamar, satu kamar mandi dan ruang tengah. Disamping pos ini terdapat gazebo besar dan menara.

Mencapai Lokasi

Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya melayani penerbangan dari dan ke Jakarta dan Surabaya. Setelah Anda mencapai Palangkaraya, Anda dapat menggunakan transportasi darat atau mobil sewaan yang memakan waktu sekitar 20 menit ke Desa Kareng Bangkirai (pintu masuk ke Taman Nasional Sebangau), atau Anda dapat mengambil pintu masuk sungai Katingan, yang merupakan 90 menit berkendara dari bandara. Perlu diingat bahwa angkutan umum mungkin tidak sebanyak yang ditemukan. Jadi, pastikan Anda telah membuat pengaturan perjalanan Anda sebelum kedatangan.

or cancel