Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Tanjung Puting: Tempat Melepaskan Orang Utan ke Alam Liar

Taman Nasional Tanjung Puting: Tempat Melepaskan Orang Utan ke Alam Liar
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Kalimantan Tengah
Alamat : Taman Nasional Tanjung Puting, kalimantan
Views : 7006

Bayangkan, Anda adalah seorang penjelajah menuju ke hutan untuk melihat orang utan liar dan hewan tropis eksotis lainnya dan Anda akan mendapatkannya dengan Taman Nasional Tanjung Puting.

Taman, yang mencakup wilayah ukuran Bali, merupakan tempat yang menakjubkan dari satwa liar termasuk itu orang utan yang terkenal di dunia. Taman ini adalah rumah bagi monyet, burung dan hewan liar lainnya juga, belum lagi vegetasi yang masih asli dari hutan itu sendiri. Ini adalah harta alam yang terkenal di dunia yang menarik semakin banyak pengunjung mancanegara setiap tahun.

Tanjung Puting terletak di Kalimantan Tengah. Kawasan itu awalnya dinyatakan sebagai cagar permainan pada tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada tahun 1982. Taman ini terletak di semenanjung yang menjorok keluar ke laut Jawa. Ukuran tipis taman nasional berarti bahwa ia memiliki zona habitat beragam. Keragaman ini berarti taman adalah rumah bagi berbagai macam penghuni, baik flora dan fauna.

Hutan yang luar biasa mengelilinginya membuat tempat yang mengagumkan untuk dikunjungi jika Anda adalah benar-benar petualangan outdoor. Ini adalah sebuah oase dengan udara bersih dan murni, langit malam yang cerah serta rumah bagi orang-orang yang lembut di hutan - orang utan.

Orang utan tidak diragukan lagi adalah penghuni yang paling terkenal dari taman nasional ini, dibuat terkenal melalui karya Penelitian Orangutan dan Program Konservasi berbasis di stasiun penelitian Camp Leakey. Camp Leakey adalah perlindungan orangutan dan lokasi studi berkelanjutan terpanjang dari setiap binatang liar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dengan sekitar tiga perempat dari populasi orang utan di dunia yang hidup di Kalimantan, taman ini adalah tempat yang ideal untuk melihat makhluk-makhluk luar biasa di alam liar.

Karena vegetasi Tanjung Puting yang mendukung populasi besar hewan, maka taman ini adalah salah satu daerah yang paling penting di Asia Tenggara untuk pelestarian primata, burung, reptil dan ikan.

Untuk mencapai Taman Nasional Tanjung Puting mengambil penerbangan ke Bandara Iskandar di Pangkalan Bun dari Jakarta atau kota-kota utama Indonesia lainnya.

 

 

Aktifitas

Sunga sekonyer terkenal dengan keindahan alam dan satwa liar. Ketika Anda meluncur turun melalui hutan, Anda akan dibawa ke dunia lain, dunia yang jauh melampaui keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota.

Bersantai di papan perahu Anda dan memandang monyet melompat dari pohon ke pohon. Taman ini adalah rumah bagi sekitar delapan spesies monyet termasuk monyet proboscis yang sangat khas, dengan hidung panjang khas itu pasti untuk menarik perhatian Anda. Cobalah untuk melihat orang utan liar berayun melalui vegetasi tebal dan rimbun. Ingatlah untuk menjaga mata Anda untuk buaya juga, mereka mungkin sulit terlihat tapi mereka pasti di sana! Selain ini, taman nasional juga merupakan surga bagi lebih dari 220 spesies burung.

Salah satu atraksi utama dari Tanjung Puting adalah Camp Leakey, orang utan melestarikan. Kamp ini didirikan pada tahun 1971 sebagai surga bagi orang utan diselamatkan dari penangkapan dalam negeri. Saat ini kamp tersebut tetap menjadi pusat penelitian hewan-hewan yang menakjubkan. Pelajari lebih lanjut tentang orang utan di pusat informasi Camp Leakey. Kegiatan pemberian makan harian utan liar akan menjadi puncak kunjungan Anda karena Anda kemungkinan besar akan bisa melihat orang utan liar dekat di habitat alami mereka. Camp Leakey dinamai Dr Louis Leakey, mentor dari salah satu kamp pendiri Profesor Birute Galdikas. Dr Leakey juga mentor untuk Jane Goddal dan Dianne Fossey dalam studi masing-masing simpanse dan gorila gunung.

Profesor Galdikas mendirikan kamp tersebut pada tahun 1971. Saat ini, karya kamp tetap penting karena orang utan merupakan spesies yang terancam punah, terancam oleh dampak deforestasi dan perdagangan satwa ilegal.

Pondok Tanguii juga merupakan pusat rehabilitasi orangutan, bekas penangkaran orangutan yang terletak di taman yang memiliki pemberian makan harian kera. Di pusat kedua, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat primata yang menakjubkan ini secara dekat dekat dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kita dapat melindungi spesies yang terancam punah ini pulau Kalimantan.

Tips

Mengambil dokumentasi nyamuk, tabir surya dan obor. Jangan lupa kamera Anda, Anda akan ingin merekam setiap saat dari pengalaman Anda dekat dengan orang utan.

Sovenir

Pilihan kecil souvenir tersedia untuk pembelian di Pangkalan Bun. Ada juga mungkin memiliki kesempatan untuk membeli souvenir orang utan di Pondok Tanguy.

Lingkungan Sekitar

Di hutan tidak ada pilihan lain selain untuk berkeliling dengan berjalan kaki sehingga kunjungan ke Tanjung Puting akan melibatkan perjalanan yang menyenangkan. Ketika Anda berjalan sekitar tropis Anda harus menjaga mata untuk utan, monyet, babi hutan dan rusa liar ketika Anda pergi. Mencari satwa liar asli termasuk birdlife besar saat Anda menikmati pemandangan dari hutan tropis yang benar-benar eksotis.

Jalan dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran Anda sehingga mendiskusikan pilihan yang berbeda dengan panduan Anda sebelum Anda berangkat. Sementara Anda tinggal di sungai, perahu tradisional yang disebut klotoks akan mengangkut Anda di sekitar.

Mencapai Lokasi

Untuk menjelajahi taman, pengunjung harus naik perahu menyusuri Sungai Sekonyer dari Pangkalan Bun. Perahu ini akan mengakomodasi Anda selama Anda tinggal di Tanjung Punting.

Penerbangan berjalan dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk Pangkalan Bun setiap hari.

Sejumlah operator perjalanan menjalankan kapal pesiar dari Pankalan Bun menyusuri sungai. Jika Anda pre-arrange tour Anda, operator tur akan menjemput Anda dari bandara dan membawa Anda langsung ke sungai.

Sejumlah biro perjalanan menjalankan kapal pesiar dari Pankalan Bun menyusuri sungai. Jika Anda melalui biro perjalanan, biro perjalanan akan menjemput Anda dari bandara dan membawa Anda langsung ke sungai.

or cancel