Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Tesso Nillo, Habitat bagi Gajah dan Harimau Sumatera yang Terancam Punah

Taman Nasional Tesso Nillo, Habitat bagi Gajah dan  Harimau Sumatera yang Terancam Punah
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Riau
Alamat : Taman Nasional Tesso Nillo, Pelalawan
Views : 1977

Terletak di Provinsi Riau, Taman Nasional Tesso Nilo dapat dikatakan sebagai hutan hujan dataran rendah terbesar di pulau Sumatera. Saat ini Taman meliputi area seluas 83.068 hektar, yang dua kali lebih besar dari sebelumnya 38.576 hektar pada tahun 2004 ketika ditunjuk sebagai Taman Nasional.

Tesso Nilo membentang sepanjang 4 kabupaten, yaitu kabupaten Palalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Sengingi dan Kampar. Tesso Nilo direncanakan akan diperluas hingga mencakup 100.000 hektar untuk melayani tidak hanya sebagai paru-paru untuk kepulauan Indonesia tetapi juga bagi dunia. Riau dulu punya hutan yang amat luas, namun karena kebakaran liar skala besar dan perluasan perkebunan kelapa sawit, hampir dua pertiga dari hutan primer di sini telah hancur.

Untuk alasan ini, untuk membendung kerusakan lebih parah, pemerintah telah memetakan daerah sebagai Taman Nasional, sedangkan perkebunan yang sudah ada di taman sedang dikembalikan ke hutan. Meski begitu, ahli biologi menegaskan bahwa Taman Tesso Nilo masih menyimpan spesies tanaman vaskular tropis yang berlimpah, melebihi yang ditemukan di wilayah Amazon. Habitat di taman ini meliputi Gajah Sumatera yang terancam punah, Harimau, dan Tapir. Ada juga babi hutan, rusa, beruang dan satwa liar lainnya.

Pada tahun 2012, Tesso Nilo menghitung sekitar 150 gajah, sementara WWF menemukan 50 jejak harimau Sumatera. Meskipun demikian, kedekatan taman ke pemukiman manusia masih menyebabkan gajah liar berkeliaran ke desa-desa, karena itu dianggap sebagai hama oleh penduduk setempat. Pembalakan liar dan kebakaran hutan juga terus mengancam Taman ini.

Mencapai Lokasi

Untuk memasuki Taman Nasional Tesso Nilo, pertama harus memiliki izin yang ditandatangani oleh Kepala Taman Nasional Tesso Nilo, yang juga dapat diperoleh di Kantor Pusat WWF di Pangkalan Kerinci di Pelalawan, Riau di+62 781 494728.

Pangkalan Kerinci adalah sekitar 5 jam dari Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau. WWF juga dapat mengatur tur dan akomodasi di taman ini. Semua pengunjung harus disertai dengan ranger.

Dari markas WWF ke Taman dibutuhkan sekitar 3 jam dengan sepeda motor, melewati perkebunan kelapa sawit, lahan pertanian dan hutan terbuka. Saat ini belum ada layanan bus reguler dari Pekanbaru ke taman. Jadi yang terbaik adalah untuk melakukan perjalanan dengan mobil ke Kerinci, dan dari sana mengambil sepeda motor ke taman.

or cancel