Cari Tempat Wisata


Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur : Menikmati Keindahan Hutan Tropis dari Jembatan Kanopi

Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur : Menikmati Keindahan Hutan Tropis dari Jembatan Kanopi
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Bukit Bangkirai, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Views : 204

Bukit Bangkirai adalah wisata alam yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit ini dapat dicapai dalam 1,5 jam dari kota Balikpapan. Jika Anda mencari alam, tempat ini sangat cocok untuk Anda. Anda dapat menikmati keindahan hutan tropis alami. Ada juga fasilitas seperti restoran, kolam renang, pondok, pondok hutan, dll.

Ada jembatan kanopi 64 m yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai dalam 30 m. Ini adalah jembatan kanopi pertama di Indonesia (ke-2 di Asia - ke-8 di dunia). Ini diresmikan sebagai kawasan wisata pada tahun 1998 dan saat ini dikelola oleh perusahaan kehutanan milik negara PT Inhutani I.

Dibutuhkan sekitar satu setengah jam untuk sampai ke daerah ini dari Balikpapan jika Anda menggunakan mobil pribadi. Jam pertama adalah perjalanan yang mulus, tetapi setengah jam berikutnya sebelum benar-benar memasuki kawasan hutan membutuhkan kesabaran ekstra karena kondisi jalan di bawah standar; lubang dan semua. Cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan menikmati lingkungan liar. Hutan hujan tropis seluas 1.500 hektar menawarkan udara segar dan suara burung yang meriah serta binatang hutan lainnya.

Pohon Bangkirai, yang bisa mencapai 150 tahun, setinggi 50 meter dan berdiameter 2,3 meter, mendominasi hutan. Pohon itu sering digunakan sebagai bahan untuk jembatan, perahu kayu dan untuk kebutuhan konstruksi lainnya. Di sini Anda dapat menemukan 45 spesies anggrek, dengan salah satunya anggrek hitam yang memukau, serta beragam hewan hutan termasuk lebih dari 113 spesies burung, babi hutan ekor panjang, owa borneo, kera berekor babi, tupai terbang dan rusa sambar.

Bukit Bangkirai juga kaya akan anggrek alami yang tumbuh secara alami di pohon. Setidaknya 45 spesies anggrek ditemukan di kawasan ini, salah satunya adalah anggrek hitam yang telah menjadi maskot khusus Kalimantan Timur. Yang lebih unik, pengelola Gunung Bangkirai menawarkan program adopsi pohon kepada sponsor atau donor yang ingin menjadi "orang tua asuh" untuk pohon Bangkirai yang diinginkan. Ini bertujuan untuk menjaga integritas dan keberlanjutan hutan ini.

Fitur bangunan Bukit Bangkirai yang paling mengesankan adalah jembatan kanopi, membentang 64 meter pada ketinggian 30 meter di atas tanah, menghubungkan lima pohon bangkirai. Bahan-bahan jembatan, yang dibangun pada tahun 1998 dan selesai di Amerika Serikat, termasuk kayu, jaring nilon, kabel dan baja tahan karat. Ini adalah yang pertama di Indonesia.

Untuk sampai di jembatan dibutuhkan upaya menaiki tangga ke menara dan tidak disarankan bagi Anda yang takut ketinggian. Disini, Anda bisa mengatasi perasaan kesemutan dengan meredakannya begitu Anda berada di puncak menara. Tarik napas dengan udara segar dalam-dalam, nikmati pemandangan dan cobalah untuk melihat penghuni hutan, yang mungkin berkeliaran.

or cancel