Cari Tempat Wisata


Bukit Cinta Bromo Tengger : Tempat Terbaik Menyaksikan Matahari Terbit (Sunrise) di Gunung Bromo

Bukit Cinta Bromo Tengger : Tempat Terbaik Menyaksikan Matahari Terbit (Sunrise) di Gunung Bromo
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Bukit Cinta, Bromo, Semeru, Pasuruan, Jawa Timur
Views : 2371

Mengunjungi Gunung Bromo ini bernilai ratusan pengalaman yang tak terlupakan. Alasannya tak lain adalah tersedianya banyak tempat wisata termasuk Bukit Cinta. Tempat ini dipilih sebagai tempat yang paling strategis untuk menikmati Golden Sunrise yang menakjubkan selain Puncak Penanjakan. Bahkan orang asing pun pernah mendengarnya dan memutuskan untuk mengunjunginya saat liburan. Bukit Cinta terletak di dekat Puncak Panajakan (yang juga merupakan tempat terbaik untuk berburu matahari terbit). Jaraknya sekitar 5 km dan memiliki pandangan yang mirip dengan Penajakan. Itu berarti pendaki bisa menjelajahi semuanya dalam satu hari saat berlibur ke Semeru, Provinsi Jawa Timur.

Bagaimana dengan nuansanya? Sebagian besar fitur Bukit Cinta terdiri dari semak-semak dan pepohonan yang rimbun. Rute ini lebih sederhana dari pada Penajakan. Bila dibandingkan, wisatawan tidak akan banyak usaha dan waktu untuk mencapai bukit. Ini menjelaskan mengapa mereka dengan stamina yang kurang baik lebih suka Bukit Cinta daripada Penanjakan karena sesuai dengan kebugaran mereka. Di pagi hari, matahari terbit dengan mulus dan lautan pasir tampak indah di cakrawala. Belum lagi Pegunungan Penanggungan dan Arjuno terlihat sangat jelas, menjadi latar belakang yang megah di daerah itu. Momen pada saat ini adalah momen terbaik untuk mengambil foto atau selfie.

Menjelajahi Bukit Cinta

Seperti disebutkan sebelumnya, Bukit Cinta sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit. Bukankah itu berarti wisatawan hanya bisa mengunjunginya di pagi hari? Nah, lain kali juga dianjurkan seperti di sore hari. Nuansa romantis muncul pada saat itu dan pasangan bisa menciptakan acara yang berkesan disana. Mungkin inilah mengapa orang menyebutnya Bukit Cinta. Belum lagi menyaksikan Golden Sunrise di pagi hari akan menciptakan suasana yang lebih baik bagi mereka. Selain itu, udara terasa sangat menyegarkan sehingga dianjurkan memakai pakaian yang tebal.

Apakah ada sesuatu yang istimewa selain dari matahari terbit? Menurut warga setempat, Bukit Cinta juga memiliki mitos menarik yang bisa didatangi turis. Dikatakan ada pasangan bernama Roro Anteng dan Joko Seger.Sebagaimana rumor yang beredr, mereka adalah orang dahulu suku Tengger. Karena hubungan yang begitu indah, bukit menjadi representasi cinta mereka. Rumor lain menyatakan bahwa setiap pasangan yang menghabiskan waktu di bukit akan mendapatkan hubungan kekal! Tak heran, banyak pasangan muda lokal datang ke bukit selama akhir pekan. Bahkan orang asing juga tertarik dengan mitos itu!

Berikut adalah beberapa tips sebelum pergi ke Bukit Cinta. Lokasinya dekat dengan Bukit Kingkong (6 km terpisah), sehingga wisatawan harus menyiapkan stamina ekstra untuk menjelajahi bukit tetangga tersebut. Untuk menghemat banyak stamina untuk mencapai daerah tersebut, mereka bisa memanfaatkan layanan transportasi lokal sebenarnya. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah peralatan atau perlengkapannya. Kamera adalah suatu keharusan! Ketentuan penting lainnya adalah air kemasan, kompas, peta, dan makanan ringan.

Perjalanan atau Rute Menuju Bukit Cinta

Dari Lumajang, wisatawan bisa menempuh jalur Probolinggo -Wonorejo dan langsung menuju Gunung Bromo, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya 83 km dan butuh waktu sekitar 3 jam! Selain itu, mereka perlu melakukan trekking untuk mencapai bukit.

or cancel