Cari Tempat Wisata


Bukit Langkisau : Pemandangan yang menakjubkan dan Area Paralayang di Kota Painan

Bukit Langkisau : Pemandangan yang menakjubkan dan Area Paralayang di Kota Painan
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Sumatera Barat
Alamat : Bukit Langkisau, Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Views : 847

Bukit Langkisau merupakan andalan wisata kota Painan. Terletak di pantai barat pulau Sumatera, Painan terkenal dengan bukit Langkisau yang indah dan pulau-pulau di dekatnya seperti Pulau Cingkuak (atau Pulau Monyet), Pulau Carocok, Pulau Karabak, dan Pulau Cubadak.

Pemandangan Bukit Langkisau yang menakjubkan telah menjadi tujuan alternatif setelah Pantai Carocok yang terkenal di Kabupaten Pesisir Selatan. Keindahan alam di puncak Bukit Langkisau bahkan akan terlihat lebih indah saat matahari terbenam dan matahari terbit. Puncak bukit memiliki ketinggian sekitar 400 meter. Menuju puncak Langkisau Anda bisa menggunakan kendaraan, karena jalannya sudah diaspal. Tentunya lebih mudah, wisatawan datang ke puncak Bukit Langkisau. Sesampainya di area parkir, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 25 meter menaiki tangga menuju puncak bukit.

Selain dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Bukit Langkisau juga dikenal sebagai salah satu arena paralayang yang paling banyak dikunjungi oleh Glider dalam negeri dan luar negeri. Berbagai kegiatan olahraga Paralayang sudah sering digelar di Langkisau.

Bagi anda yang mencintai pohon tua, ada pohon berumur tiga ratus tahun. Anda bisa pergi ke lereng Bukit Langkisau. Untuk menjelajahi pohon, Anda memerlukan pemandu yang memahami seluk beluk tanaman di Bukit Langkisau. Selain area olahraga kedirgantaraan, Bukit Langkisau juga telah dilengkapi dengan fasilitas seperti flying-fox, outbound, serta warung makanan dan jajanan. Warga setempat juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini. Di puncaknya ada area parkir yang telah ditetapkan dan juga taman kecil dengan gazebo sebagai tempat duduk-duduk menikmati pemandangan.

Bukit Langkisau tidak hanya dikenal sebagai obyek wisata tapi juga populer dengan lagu minang yang ditulis oleh Nuskan Syarif. Tempat ini juga dikenal sebagai mistik untuk menanyakan sesuatu kepada orang-orang yang mempercayainya, mereka akan datang ke tempat ini karena kuburan (Tampat) yang ada di atasnya menjadi tempat mewujudkan keinginan. Di puncak bukit ada Villa dan kios tempat Anda bisa tinggal. Pada malam hari Anda bisa melihat samudra  luas yang indah dengan lampu kapal yang berkilauan saat memancing ikan dan mengelilingi kapal agar ikan bisa sampai ke kapal. Di pagi hari, Anda bisa pergi maraton karena ramai dikunjungi oleh para penggemar dan orang dewasa. Bahkan anak-anak pun akan naik ke sana untuk berolahraga.

Sebaiknya Anda menyewa sepeda motor atau taksi untuk pergi ke Painan karena Anda bisa berhenti saat Anda ingin melihat beberapa tempat yang menakjubkan, misalnya Teluk Bungus, sungai yang banyak terdapat ikan besar dan orang dilarang untuk memancingnya, Lubuak Titiak, karena Anda bisa melihat bukit yang indah dan tinggi serta Anda bisa merasakan iklim segar di sana. Bahkan, Anda bisa makan siang di Restoran tradisional di dekat sungai dan bukit.

Perjalanan atau Rute Menuju Bukit Langkisau

Tujuan pertama Anda adalah Kota Padang. Dari Padang dilanjutkan berkendara ke arah barat daya kira-kira 2 jam ke kota Painan. Dari Painan, dibutuhkan 15 menit untuk menjelajahi Bukit Langkisau.

Tapi, dimana asyiknya kalau kita naik motor atau mobil? Jangan khawatir, Anda juga bisa berjalan atau mengendarai sepeda untuk menjelajahi bentang alam. Panorama alami pepohonan dan keindahan Samudera Hindia akan memikat Anda dalam petualangan Anda ke Bukit Langkisau.

or cancel