Cari Tempat Wisata


Pulau Kelor - A Hidden Gem

Pulau Kelor - A Hidden Gem
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Phone : 081370071288
Website : https://destinazones.com/
Views : 55

Labuan Bajo memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit turis asing maupun lokal, pemandangannya yang indah sering kali menjadi background pemandangan liburan teman-teman kita di Instagram. Pemandangan Pulau Komodo dan Pulau Padar yang paling sering kita lihat berseliweran di timeline social media kita, namun masih banyak turis yang belum mengetahui Pulau Kelor. Tidak sedikit juga yang menganggap Pulau Kelor sekedar tempat untuk bersinggah saat menuju Pulau Rinca. Memang betul bahwa Pulau Kelor tidak ada penghuninya, sehingga akomodasipun belum ada.

Namun walaupun begitu, Pulau Kelor tidak kalah indah dari pulau-pulau Labuan Bajo lainnya. Tempat ini memiliki keindahan alam yang mempesona sehingga akan memanjakan mata Anda. Anda bisa menikmati keindahan gunung, pantai serta pemandangan bawah lautnya. Tempat ini juga tergolong masih sepi pengunjung sehingga Anda dapat menikmatinya dengan tenang.

Pulau Kelor terlihat begitu sempurna dengan pantai berpasir putih dan ombak kecil yang berpadu dengan jernihnya air laut. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan pulau sekitar yang menghijau. Di sudut lain, pulau ini juga memiliki daerah bukit yang bisa didaki. Saat musim panas tiba, bukit ini akan berubah menjadi seperti savanna, kering dan berwarna coklat namun saat musim hujan, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau. Di pulau itu, terdapat sebuah bukit kecil yang bisa Anda daki. Tidak terlalu tinggi tapi cukup terjal, kemiringannya hampir 60 derajat.

Cukup sulit jika Anda pendaki pemula. Bukitnya licin lantaran ditumbuhi rerumputan, juga tak ada penampangnya di kanan dan kiri. Namun, jika sudah sampai puncak, keletihan Anda akan segera terobati dengan panorama hamparan laut bergradasi. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Kelor adalah snorkeling. Dengan air lautnya yang tenang, tempat ini sangat aman digunakan sekalipun untuk pemula yang belum berpengalaman. Anda dapat dengan puas melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai macam ikan warna-warni dan terumbu karangnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau

Pulau Kelor, Labuan Bajo belum memiliki fasilitas apapun sehingga bagi Anda yang ingin mengunjungi persiapkan dengan baik apa saja yang dibutuhkan. Di tempat ini, Anda hanya bisa mampir untuk menikmati indahnya pemandangan namun tidak bisa menginap karena tidak tersedia akomodasi yang memadai. Berikut beberapa tips yang Anda bisa persiapkan jika berencana mengunjungi Pulau Kelor:

  1. Bawalah makanan yang cukup sebagai bekal karena di tempat ini tidak ada penjual makanan sama sekali
  2. Untuk menuju tempat ini, Anda dapat berangkat melalui Labuhan Bajo yang akan mempermudah akses dan lebih ramai
  3. Bila Anda ingin mencoba trekking ke bukit, persiapkan stamina Anda. Pakailah sepatu dan pakaian yang nyaman sehingga perjalanan Anda akan lebih menyenangkan. Pakailah sepatu khusus untuk naik gunung karena bukit ini cukup licin dan terjal
  4. Lakukan pemanasan fisik terlebih dahulu untuk naik ke atas bukit agar tidak terjadi cedera
  5. Berkunjunglah ke tempat ini saat musim kemarau karena bila datang saat musim hujan Anda tidak bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan alamnya
  6. Bawalah kacamata, sunblock dan topi saat berkunjung ke Pulau Kelor karena pada siang hari cuacanya sangat terik
  7. Gunakan baju dengan warna terang dengan bahan tipis dan menyerap keringat karena suasananya sangat panas
  8. Untuk Anda yang ingin snorkeling, bawalah sendiri peralatannya karena tidak ada yang menyewakan peralatan snorkeling di sini
  9. Bawalah powerbank untuk berjaga-jaga agar Anda dapat mengabadikan pemandangan yang ada dengan puas. Sebab, sangat disayangkan bila mengunjungi tempat ini tanpa berfoto ria
  10. Bila Anda memiliki drone, jangan ragu untuk membawanya karena pemandangan dari Pulau Kelor akan terlihat sangat menakjubkan bila dilihat dari ketinggian.

Jadi bagi Anda yang berencana mengunjungi Labuan Bajo, jangan lupa tambahkan Pulau Kelor di itinerary Anda, ya!
 

Yuk rencanakan liburanmu bareng Destinazones, info lengkap

Booklet LOB Labuan Bajo 3D2N
http://bit.ly/BookletLOBLabuanBajo3D2N

Booklet Overland Sumba 5D4N
http://bit.ly/BookletOverlandSumba5D4N

Booklet Overland Flores 5D4N
http://bit.ly/BookletOverlandFlores5D4N

Untuk Fast respond klik link WA ini
http://bit.ly/WADestinazones

Tertarik dengan Destinazones Merchandise beli di sini ya
https://www.tokopedia.com/destinaz

or cancel