Cari Tempat Wisata


Gunung Pesagi di Lampung Barat : Gunung Tertinggi di Provinsi Lampung

Gunung Pesagi di Lampung Barat : Gunung Tertinggi di Provinsi Lampung
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Lampung
Alamat : Gunung Pesagi, Lampung Barat, Lampung
Views : 331

Bagi Anda yang suka menantang diri dan mendaki titik tertinggi harus mengunjungi Gunung Pesagi. Gunung ini adalah titik tertinggi di Kabupaten Lampung Barat dan terletak di Kecamatan Belalau. Daerah pegunungan ini juga telah dikembangkan sebagai objek wisata alam yang disebut Pekon Hujung. Gunung Pesagi terletak di Balik Bukit, Liwa, Lampung Barat, dan ini adalah gunung tertinggi di Lampung, yang mencapai ketinggian 2.262 meter. Di kaki gunung ini, diyakini sebagai lokasi Kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal bakal keturunan etnis Lampung.

Di Pekon Hujung, traveler dapat mendaki ke puncak Gunung Pesagi dan menikmati keindahan alam di Lampung Barat dari titik tertinggi. Di daerah ini, tersedia homestay tradisional dengan fasilitas yang memadai bagi pengunjung yang tertarik untuk bermalam di gunung.

Puncak Gunung Pesagi luar biasa; Ketinggian gunung ini mencapai 2.200 meter di atas permukaan laut. Keindahan dan keaslian alam sekitar Pesagi masih terjaga, dan menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri. Dari puncak gunung ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan Lampung Barat, Danau Ranau, pemukiman masyarakat OKU, laut Krui, dan laut Belimbing. Keistimewaan dari puncak Pesagi adalah tantangan hiking trail.

Di daerah yang dilalui, ada banyak tanaman menarik seperti beragam jenis anggrek dan berbagai kehidupan liar seperti burung dan hewan liar. Siapa pun yang melewati daerah ini dilarang untuk mengambil bunga atau tanaman lain, dan apalagi hewan liar. Semua pengunjung harus menyelamatkan lingkungan dengan baik dan tidak boleh membuang sampah sembarangan selama perjalanan.

Dikatakan bahwa di puncak Gunung Pesagi, ada tujuh sumur, salah satunya terkadang mengeluarkan bau seperti parfum. Tidak semua orang bisa mendapatkan air dari sumur. Menurut penduduk setempat, hanya para pendaki yang "hati bersih" yang akan mendapatkannya. Mereka yang tidak ramah lingkungan atau tidak memiliki niat baik, tidak akan mendapatkan air dari sumur. Puncak pesagi ditemukan di daerah Pekon Hujung atau Desa Pekon, Kecamatan Belalau, Lampung Barat.

Untuk mencapai puncak Gunung Pesagi, ada dua rute yang bisa ditempuh; alternatif pertama, pengunjung dapat berjalan dari Pekon Bahway, dan akan berakhir di Pekon Hujung. Lintasan ini membutuhkan waktu normal 12 jam pulang pergi dengan berjalan kaki. Alternatif kedua adalah dengan memulai dan mengakhiri rute dari Pekon Hujung, dengan perkiraan waktu yang sama 12 jam sesuai dengan iklim yang baik.

or cancel