Cari Tempat Wisata


Jalur Sabana Sembalun : Jalur Termudah untuk Mendaki Gunung Rinjani di Lombok

Jalur Sabana Sembalun : Jalur Termudah untuk Mendaki Gunung Rinjani di Lombok
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Jalur Sabana, Sembalun, Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 119

Trekking di Gunung Rinjani menyenangkan sekaligus menantang. Namun, tidak semua orang memiliki stamina untuk menaklukkan jalur tersebut. Dalam hal ini, alternatif yang baik tersedia bagi pemula untuk dicoba dan itu disebut jalur sabana. Lokasinya yang berada di Kecamatan Sembalun telah menjadi lokasi populer untuk menikmati trekking santai tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Hal baiknya adalah itu terdiri dari tempat-tempat berbeda dengan karakteristik yang mirip. Tak heran jika semakin banyak pelancong yang tertarik untuk mengunjunginya dan mendapatkan pengalaman baru selama berkunjung ke Pulau Lombok.

Tidak seperti rute trekking Gunung Rinjani biasa, jalur sabana menampilkan lanskap yang lebih tenang dan suasana yang lebih damai. Tidak ada pohon besar yang terlihat di lokasi dan wisatawan dapat melihat padang rumput yang luas sebagai gantinya. Memang terlihat segar, namun beberapa di antaranya mulai mengering dan mengeluarkan warna kekuningan. Gradasi seperti itu menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Belum lagi pemandangan Gunung Rinjani yang megah bisa terlihat jelas di lokasi. Adapun cuacanya, hangat dan nyaman terlepas dari waktu kunjungan.

Menjelajahi Jalur Sabana Sembalun

Jalur Sabana tersedia di berbagai spot, baik di Pelawangan Sembalun maupun Lapangan Senaru. Oleh karena itu, lebih baik datang dengan porter atau pemandu lokal untuk mencapai lokasi secara efisien. Perjalanan biasanya dimulai dari Desa Sembalun. Setelah menghabiskan trekking sekitar 1-2 jam, wisatawan mungkin langsung menemukan sabana. Tanah berumput dengan angin kencang menanti mereka di atas sana. Belum lagi jalurnya dianggap mudah dan aman untuk dijelajahi semua orang. Nanti, mereka dapat melanjutkan petualangan untuk naik lebih tinggi dan mencapai puncak Gunung Rinjani! Perlu diketahui bahwa itu hanya cocok untuk mereka yang memiliki persiapan yang baik dan memiliki stamina yang baik.

Sebenarnya apa yang bisa dilakukan orang-orang di Jalur Sabana? Begitu trekker tiba di lokasi, mereka tidak boleh lupa untuk mengambil beberapa foto lapangan. Rerumputan hijau-kuning yang indah terlihat sangat menakjubkan. Selain itu, ukurannya cukup tinggi (bahkan anak-anak dapat bersembunyi di dalamnya tanpa ketahuan). Satu hal, pastikan datang saat cuaca cerah agar mereka bisa melakukan fotografi tanpa repot.

Berkemah memungkinkan, tetapi tidak disarankan di Jalur Sabana. Alasannya tidak lain karena pemandangan yang kurang bagus untuk membangun tenda. Belum lagi pemandangannya tidak terlalu bagus dibandingkan dengan lokasi camping lainnya seperti Lapangan Pelawangan Sembalun. Sebagai alternatif, trekker dapat melanjutkan perjalanan dan menuju ke Pelawangan Senaru atau Sembalun untuk berkemah.

Perjalanan Menuju Lokasi

Jalur Sabana merupakan bagian dari Kecamatan Sembalun. Bagi yang datang dari Kota Mataram perlu menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi. Sebenarnya jaraknya kurang lebih 90,4 km. Nantinya, pengunjung perlu melakukan trekking singkat untuk sampai ke sabana tersebut. Jangan khawatir. Ini akan menjadi perjalanan dan petualangan yang menyenangkan.

or cancel