Cari Tempat Wisata


Mencoba Jalur Pendakian Torean untuk Menjelajahi Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Mencoba Jalur Pendakian Torean untuk Menjelajahi Gunung Rinjani di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Jalur Torean, Desa Torean, Kecamatan Bayan, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 94

Motivasi traveler yang paling umum mengunjungi Gunung Rinjani memang untuk menikmati trekking. Mereka juga harus berterima kasih atas kehadiran banyak rute trekking di sana. Salah satunya bernama Jalur Pendakian Torean (Torean Trail) yang terletak di Desa Torean, Kecamatan Bayan. Meskipun jalur trekking ini tidak setenar Sembalun dan Senaru, jalur ini tetap populer di kalangan pendaki (trekker) kasual atau mereka yang ingin sampai ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini juga menjadi akses ke beberapa atraksi menarik termasuk Danau Segara Anak dan pemandian air panas setempat.

Dari segi kesulitan, Jalur Torean (Torean Trail) lebih mudah dari yang lain. Tak heran, cocok untuk keluarga atau yang belum memiliki pengalaman trekking yang cukup. Selain itu, pengunjung dapat melihat pemandangan Pegunungan Sangkareang dan Rinjani yang menakjubkan dari tempat itu. Ini termasuk bukit, sungai, air terjun, mata air panas, dll. Berikut adalah fitur menarik lainnya dari jalan setapak. Selama liburan, beberapa trekker terlihat menjelajahi situs bersama porter. Nanti, sebelum pulang, wisatawan cenderung mampir di Desa Torean untuk bertemu dengan penduduk setempat juga. Ini tidak semua tentang trekking.

Menjelajahi Jalur Pendakian Torean


Banyak alasan yang membuat Jalur Torean semakin populer belakangan ini. Salah satunya adalah tantangan. Bahkan cara mengunjungi Desa Torean terbilang menantang karena rutenya yang terjal dan berbatu. Selain itu, tidak ada fasilitas unggulan yang tersedia (hotel atau restoran) di situs. Yang bisa ditemukan di desa ini hanyalah rest area Amak Gerni yang merupakan sekumpulan gazebo tradisional. Wisatawan biasanya menggunakannya untuk beristirahat sebelum trekking melalui  Jalur Torean. Pastikan untuk membayar biaya sewa terlebih dahulu.

Dari Desa Torean yang terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa memulai petualangannya menjelajahi jalan setapak. Ini masalahnya. Beberapa paket tersedia untuk mereka pilih dan trekking biasanya memakan waktu 3 hari. Karena itu, lebih baik berbicara dengan agen tur sebelum memutuskan paket mana yang akan dipilih. Selain itu, disarankan untuk menyewa porter atau pemandu lokal untuk membantu mereka menjelajahi situs dengan nyaman. Mengenai biaya, ini bervariasi tergantung pada waktu kunjungan.

Selama trekking di Jalur Torean, wisatawan dapat menikmati aktivitas lain seperti jalan-jalan dan fotografi. Namun, jika mereka datang di pagi hari, menikmati sarapan di tempat menjadi hal terbaik untuk dilakukan. Jangan lupa nikmati secangkir kopi hangat sebelum melanjutkan perjalanan! Nanti, mereka dapat kembali ke desa dan menghabiskan waktu bersama penduduk setempat atau mencoba makanan tradisional di sana. Selamat menikmati!

Perjalanan Menuju Lokasi

Dari Kota Mataram, wisatawan hanya perlu menuju ke Kecamatan Bayan. Nantinya, mereka bisa langsung mencapai Desa Torean dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk trekking. Seluruh perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam 20 menit dan jaraknya 85,4. Sedangkan untuk rutenya yang terbaik adalah Jalan Raya Mataram - Raya Bayan.

or cancel