Cari Tempat Wisata


Trekking Melalui Jalur Pendakian Senaru di Gunung Rinjani, Pulau Lombok

Trekking Melalui Jalur Pendakian Senaru di Gunung Rinjani, Pulau Lombok
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Senaru, Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 94

Gunung Rinjani merupakan bagian dari Pulau Lombok dan telah dipilih sebagai salah satu tempat wisata terbaik di wilayah tersebut selain pantai dan budayanya. Dalam hal popularitas, gunung ini terkenal dengan rute trekking dan taman nasionalnya. Tak heran, sebagian besar pengunjung adalah mereka yang mencintai alam dan ingin mendapatkan pengalaman baru. Dalam hal ini, paket wisata yang paling direkomendasikan disebut  Jalur Pendakian Senaru (Senaru Trail). Seperti namanya, jalur trekking ini menuju ke Desa Senaru dan dimulai dari Desa Sembalun atau sebaliknya.

Panjang Jalur Senaru kurang lebih 34 km, sehingga dirasa melelahkan bagi sebagian orang. Terlepas dari kenyataan, banyak tempat wisata alam menunggu semua orang di situs termasuk pemandangan yang indah. Menurut penduduk setempat, jalur ini memiliki tingkat kesulitan sedang hingga tinggi dan berfungsi lebih dari sekadar untuk hiking, tetapi juga untuk backpacking dan bersepeda gunung. Pepohonan besar, sabana, pemandangan pegunungan, dan udara yang menyegarkan menjadi ciri utama yang bisa mereka temukan di jalur tersebut. Belum lagi gerbangnya bisa dilihat di Senaru dan Desa Sembalun.

Menjelajahi Jalur Senaru

Dari segi popularitas, Jalur Senaru memang terkenal. Faktanya, ini adalah jalur trekking yang paling banyak digunakan di Gunung Rinjani. Selain itu, ia menawarkan lanskap yang lebih mudah dan tidak merepotkan bagi para trekker. Itu berarti trek ini cocok untuk pemula dan pendaki berpengalaman. Adapun titik awal biasanya wisatawan mengunjungi Desa Senaru untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Letaknya 600 meter di atas permukaan laut, jadi suasananya terasa sangat menyegarkan! Bagaimana dengan titik akhirnya? Itu tergantung pada preferensi trekker, yang biasanya di tepi kawah atau Desa Sembalun.

Bagi yang ingin menuju ke bibir kawah melalui Jalur Senaru, harus menghabiskan waktu sekitar 6 jam untuk sampai ke lokasi. Biasanya para trekker memulai aktivitas pada sore hari namun ada juga yang memilih waktu lebih awal agar bisa sampai di tujuan sebelum gelap. Pertemuan pertama, selama trekking, adalah hutan hujan di mana mereka dapat menemukan hewan lokal seperti lutung. Namun, pastikan untuk tidak mengganggu mereka. Untuk menghindari kerepotan, ada baiknya menyewa porter terlebih dahulu. Harganya tidak terlalu mahal.

Jalur Senaru memiliki beberapa pos di mana wisatawan dapat memperoleh informasi dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan trekking. Selain itu, dibutuhkan kesabaran untuk melewati semuanya karena petualangan ini membutuhkan waktu dan stamina. Dalam hal ini, membawa air kemasan dan beberapa makanan ringan akan sangat membantu terutama bagi pemula.

Bagi Anda yang datang dari Kota Mataram, mereka dapat langsung menuju ke Desa Sembalun atau Senaru. Perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 2-3 jam karena jaraknya 84 km. Untuk perjalanan yang lebih cepat, rute terbaik yang harus ditempuh adalah Jalan Raya Mataram - Raya Bayan. Selain itu, disarankan untuk naik kendaraan yang bagus untuk menuju lokasi.

or cancel