Cari Tempat Wisata


Anambas : Surga Tropis dengan Pemandangan yang Indah

Anambas : Surga Tropis dengan Pemandangan yang Indah
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Kepulauan Riau
Alamat : Anambas, Kepulauan Riau
Views : 778

Dinamakan Pulau Tropis Terbaik di Asia oleh CNN.com pada tahun 2013, Kepulauan Anambas memang surga tropis. Terletak di Laut Cina Selatan, Anambas adalah salah satu kepulauan perbatasan paling utara di Indonesia. Menghadap lautan terbuka yang luas, Anambas menyediakan pemandangan panorama laut biru dan pulau-pulau hijau yang dihiasi dengan laguna biru. Di sini terdapat tempat menyelam yang sangat baik di mana penyelam akan kagum pada kehidupan bawah laut yang penuh warna, sementara di daratan, pohon kelapa melindungi pantai pasir putih yang lembut, di mana penyu telah membuat pantai di pulau Keramut dan Mangkal habitat mereka.

Anambas secara administratif merupakan kabupaten otonom, bagian dari provinsi Kepulauan Riau, dan meliputi area seluas 46.667 Km persegi di mana laut luarnya hampir 90 persen dilintasi oleh kapal-kapal asing. Baru-baru ini menjadi daerah terpisah terpisah dari pulau Natuna yang berdekatan. Secara keseluruhan, ada 255 pulau di gugus Anambas di mana hanya 26 yang dihuni. Kabupaten ini hanya memiliki 45.500 penduduk. 97 persen wilayahnya adalah laut di mana pulau terbesar adalah Siantan, Palmatak dan Jemaja. Ibukota Kabupaten Anambas disebut Tarempa dan terletak di pulau Siantan.

Kagumilah banyak laguna di sini, terutama di pulau-pulau Pantai Selat Rangsang, Pulau Bawah, Pulau Rongkat, dan Pantai Pulau Penjalin, di mana pulau-pulau muncul dari laut. Saat surut, pulau-pulau itu terbentuk bersama oleh pasir yang menghubungkan, menciptakan laut pedalaman dan laut luar, dengan laguna yang diaspal dengan pasir putih dan di sana-sini karang berwarna-warni. Semua pulau di Anambas memiliki pantai-pantai putih yang indah yang berkilau dan menjadi lebih indah ketika laguna itu dipenuhi dengan air aquamarine di mana orang dapat melihat karang-karang yang aneh dan ikan-ikan melesat di air jernih.

Perjalanan atau Rute Menuju Anambas

Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau ini, Anda harus yakin untuk memiliki banyak waktu yang Anda inginkan karena letaknya cukup jauh di Laut Cina Selatan dan jauh dari sebagian besar pulau-pulau Indonesia lainnya.

Untuk mencapai Anambas lewat udara, Anda harus terbang ke Tanjung Pinang, ibu kota provinsi di Pulau Bintan. Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air mengoperasikan penerbangan harian ke Tanjung Pinang dari Jakarta dan kota-kota utama lainnya.

Dari Tanjung Pinang, Nusantara Air Charter terbang ke Bandara Matak di kecamatan Palmatak. Pesawat dengan 48 tempat duduk terbang setiap hari seharga Rp 1,2 juta untuk tiket sekali jalan. Dari Bandara Matak Anda harus naik speedboat ke Tarempa, ibukota Kabupaten Anambas.

Sebagai alternatif, perusahaan minyak Conoco Philip memiliki pesawat Fokker 50 yang juga tersedia untuk penggunaan umum ketika ada kursi yang ditawarkan. Ini adalah pesawat yang digunakan untuk mengangkut staf perusahaan dan terbang Jakarta-Batam-Matak, beroperasi setiap hari kecuali hari Minggu.

or cancel