Cari Tempat Wisata


Pantai Pengatap : Meyaksikan Budidaya Rumput Laut di Sekotong, Lombok, NTB

Pantai Pengatap : Meyaksikan Budidaya Rumput Laut di Sekotong, Lombok, NTB
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Pengatap, Desa Buwun Mas, Sekotong Tengah, Lombok, NTB
Views : 24

Pantai yang tenang dan indah berada di Desa Buwun Mas dan namanya adalah Pengatap. Pantai Pengatap masuk dalam Kecamatan Sekotong Tengah dan dipilih sebagai alternatif untuk Senggigi atau Pantai Mandalika. Tepatnya, itu terletak di Jalan Raya Sepi yang terletak di dekat Pantai Torok. Jadi, apa yang membuatnya unik? Wisatawan dapat menemukan situs budidaya rumput laut setempat di sana. Menampilkan aktivitas seperti itu, pantai ini dianggap meriah dan lebih ramai dari pantai lain di Lombok. Ini adalah hal yang baik. Wisatawan dapat lebih dekat dengan penduduk desa dan belajar cara memelihara rumput laut.

Setelah wisatawan tiba di Pantai Pengatap, mereka akan merasakan kenyamanannya. Air dangkal dan jernih akan menyambut mereka segera! Di cakrawala, mereka dapat melihat pulau kecil juga yang tampak menakjubkan. Apa selanjutnya? Tanpa diragukan lagi, situs budidaya rumput laut setempat. Banyak wadah sumber daya laut tersebut tersebar di pantai dan wisatawan dapat melihatnya dengan jelas. Bahkan, mereka diizinkan mendekati situs dan mengamati prosedur dengan mata mereka. Beberapa anak lokal sering datang ke pantai, juga. Mereka datang menemui orang tua mereka yang bekerja di lokasi budidaya.

Aktivitas

Pengatap dulunya adalah pantai yang damai, tetapi menjadi lebih ramai baru-baru ini karena kunjungan wisatawan. Itu karena orang tertarik untuk melihat langsung aktivitas para petani rumput laut. Meskipun turis datang selama hari-hari kerja, mereka cenderung bertemu dengan pengunjung lain di pantai tersebut. Jangan khawatir. Tidak ada yang merasa tidak nyaman saat menghabiskan liburan di Pengatap. Berkat air murni dan angin yang nyaman. Bahkan cuacanya bagus di siang hari, menampilkan angin sepoi-sepoi yang hangat.

Selain menyaksikan aktivitas lokasi budidaya rumput laut, wisatawan dapat menikmati relaksasi. Ombak kecil mengalir perlahan dan menciptakan suara yang menenangkan. Tak heran, pantai ini terasa damai meski penuh sesak. Adapun tipnya, waktu terbaik untuk mengunjungi Pengatap adalah pagi hari di mana jumlah pengunjung masih sedikit. Belum lagi suasana terasa lebih nyaman saat itu. Alasan lain adalah bahwa wisatawan dapat menghindari panasnya matahari yang membuat mereka tidak nyaman selama eksplorasi.

Pesona lain dari Pantai Pengatap adalah keberadaan makam kuno milik Inaq dan Amaq Bangkol. Makam ini dibangun sebagai saran dari Muhajirin Praya dan sekarang telah menjadi alasan lain mengapa lebih banyak pengunjung datang ke Pengatap. Wisatawan percaya bahwa makam dapat memberikan doa yang berkaitan dengan kemakmuran dan kebahagiaan. Makam ini terletak di bawah pohon beringin di dekatnya, yang berjarak sekitar beberapa ratus meter dari garis pantai.

Perjalanan atau Rute Menuju Pantai Pengatap

Pantai Pengatap terletak di Desa Buwun Mas. Dari Kota Mataram, wisatawan harus pergi ke Kecamatan Sekotong Tengah terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka dapat langsung menuju Desa Buwun Mas yang hanya memakan waktu beberapa menit. Dari desa tersebut, mereka perlu berjalan sekitar 10 menit untuk mencapai Pengatap.

or cancel