Cari Tempat Wisata


Petualangan Bahari Taman Laut Basilika Liwutongkidi : Daya Tarik Wisata Utama di Pulau Buton

Petualangan Bahari Taman Laut Basilika Liwutongkidi  : Daya Tarik Wisata Utama di Pulau Buton
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tenggara
Alamat : Basilika, Pulau Liwutongkidi, Buton, Sulawesi Tenggara
Views : 103

Salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi di Provinsi Sulawesi Tenggara adalah Pulau Buton, karena merupakan rumah dari tempat wisata bahari yang indah bernama Basilika. Meski banyak tempat wisata lain yang tersedia, Basilika dianggap sebagai daya tarik utama di Pulau Buton. Ini adalah bagian dari beberapa pulau kecil. Ini termasuk Kadatua, Liwungtongkidi, Siompu, dan Pulau Batauga. Artinya, pengunjung dapat menjelajahi keindahan bahari yang luas, termasuk berbagai jenis ikan, karang, dan pemandangan bawah laut. Selain itu, ada juga kesempatan menikmati pantai berpasir putih yang tenang di pulau-pulau tersebut.

Hal pertama yang harus dideskripsikan ketika datang ke Wisata Bahari Basilika adalah garis pantai tempat wisatawan dapat bersantai dan bermain olahraga air. Pantainya memiliki pasir putih dan angin yang menenangkan. Sebuah formasi pohon kelapa juga menutupi tanah di dekat pantai. Kalau melihat ombak,  ini dianggap tenang dan hangat. Hal terbaik adalah visibilitas laut, yang cukup mudah diakses oleh para penyelam. Artinya, setiap orang memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemandangan laut yang indah dengan segala fiturnya, termasuk ikan dan karang.

Aktivitas

Jika berbicara tentang Basilika, wisatawan cenderung membicarakan Pulau Liwutongkidi. Ukuran pulau ini sekitar 1.000 km2 dan memiliki iklim tropis. Di dekat pulau, wisatawan dapat menjelajahi karang yang indah dan banyak tempat menyelam. Inilah mengapa pulau ini termasuk dalam Basilika Nautical Adventure Spot, bersama dengan pulau-pulau lain yang disebutkan sebelumnya. Meski demikian, Liwutongkidi tetap menjadi tempat penyelaman utama dibandingkan dengan yang lain. Artinya itu adalah titik awal, bagi mereka yang ingin melakukan penyelaman.

Baik pemula maupun ahli diizinkan untuk menjelajahi Taman Laut Basilika. Yang dibutuhkan wisatawan adalah peralatan yang tepat dan instruktur yang berpengalaman. Belum lagi dibutuhkan pengetahuan mengenai lokasi spot diving dan rute untuk mencapai masing-masing spot tersebut. Karena alasan ini, menyewa pemandu wisata menjadi ide yang bagus. Jika Anda tidak mungkin mengetahui lokasinya, itu adalah keputusan yang tepat untuk mengandalkan panduan ahli meskipun itu membutuhkan sejumlah uang.

Dari segi fasilitas, beberapa hotel tersedia di Kota Bau-Bau. Masing-masing menawarkan layanan, harga, dan fasilitas yang berbeda. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba makanan lokal setelah menjelajahi Taman Basilika Nautia. Bagaimanapun, penyelaman membutuhkan banyak stamina, sehingga Anda perlu mengisinya dengan menyantap makanan bergizi seperti seafood dan kuliner tradisional Provinsi Sulawesi Tenggara. Pastikan untuk membawa sejumlah uang, agar nantinya tidak repot.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Basilika Nautical Tourist Spot, Anda harus menuju Pulau Buton terlebih dahulu. Biasanya, butuh banyak waktu, karena ada banyak titik perhentian yang harus dijangkau. Dari Kendari, tujuan pertama Anda adalah Kota Raha (Pulau Muna). Selanjutnya, Anda harus menuju ke Kota Bau-Bau yang terletak di Pulau Buton. Dari sana, Anda bisa menuju destinasi terakhir yaitu kawasan Basilika.

or cancel