Cari Tempat Wisata


Pulau Bawa di Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat : Tempat Tujuan Snorkeling di Nias

Pulau Bawa di Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat : Tempat  Tujuan Snorkeling di Nias
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Pulau Bawa, Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat, Nias, Sumatera Utara
Views : 219

Tidak semua orang pernah mendengar tentang Kepulauan Hinako di Nias. Nah, bentukan pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Nias Barat ini menjadi pilihan untuk diving dan berenang. Dikatakan juga Bawa termasuk dalam daftar teratas pulau Hinako, yang harus dijelajahi wisatawan saat menghabiskan liburan di Nias. Tidak hanya pulau ini yang terkenal dengan olahraga airnya, tetapi juga menawarkan rutinitas lokal yang unik yang dapat dinikmati wisatawan. Alasan lain untuk mengunjungi pulau ini adalah karena cuaca bagus yang datang hampir sepanjang tahun.

Pulau Bawa memiliki luas sekitar 719 hektar dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Tak heran, pemandangan lautnya sangat menakjubkan dan ombaknya cocok untuk berselancar. Sedangkan untuk garis pantainya, panjang pantai pulau ini sekitar 17,5 km! Selain itu, beberapa bagian pantainya tergolong landai sehingga bagus untuk berenang. Begitu sampai di pulau ini, wisatawan bisa menemukan tiga desa utama yang dihuni masyarakat Nias Barat juga. Ini termasuk Kafo-kafo, Sawabawa, dan Tuwa-tuwa.

Aktivitas

Daya tarik pertama di Pulau Bawa adalah peradaban lokal. Wisatawan bisa mendekati siapa saja yang tinggal di sana. Faktanya ada 3 desa yang berada di pulau itu dan ini merupakan pemukiman petani, nelayan, dan pemandu wisata. Penduduk setempat hidup dengan cara yang rendah hati dan mereka cukup ramah terhadap turis. Inilah mengapa pengunjung akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan mereka. Nyatanya, terkadang penduduk setempat menawarkan makanan dan akomodasi gratis untuk turis! Pada siang hari, sebagian besar terlihat di perkebunan kelapa lokal tetapi yang lain terlihat di laut, memancing.

Selain pemukiman lokalnya yang menarik, Pulau Bawa juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Daya tarik terbaik tentunya adalah formasi karang, termasuk karang hidup dan mati. Ukurannya pasti luas, sehingga wisatawan bisa menikmati snorkeling dan diving dengan baik di sana. Tidak hanya lautnya yang memiliki terumbu karang yang megah, lebih dari 20 spesies ikan hidup di sekitar kawasan itu. Yah, tidak harus menyelam. Wisatawan bisa langsung datang ke pantai dan menikmati keindahan laut yang luas dan cakrawala yang tak ada habisnya!

Ada dua jenis pantai yang tersedia di Pulau Bawa, yaitu pantai berpasir dan berbatu. Hal terbaiknya adalah mereka memiliki karakteristik yang serupa (yaitu visibilitas yang baik dari air laut). Selain pantainya, fitur menarik lainnya dari pulau ini adalah danau air tawar dengan kedalaman sekitar 2 meter. Situs-situs ini sebenarnya bagus untuk relaksasi dan tamasya. Hal terbaik lainnya yang patut disyukuri wisatawan adalah adanya jasa transportasi lokal. Artinya, mereka bisa menjelajahi pulau ini tanpa kerepotan dibandingkan dengan pulau lain di Kepulauan Hinako.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Beruntung wisatawan bisa menggunakan beberapa cara untuk menuju Pulau Bawa, tergantung lokasinya. Bagi yang datang dari Kota Gunungsitoli, bisa naik bus atau taksi menuju Pelabuhan Sirombu. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Dari sana, mereka perlu naik perahu dan segera menuju ke Pulau Bawa (biasanya pagi hari).

or cancel