Cari Tempat Wisata


Pulau Panjang Kepulauan Derawan : Pulau yang Terkenal dengan Keindahan Bakau (Mangrove) dan Karang di Berau

Pulau Panjang Kepulauan Derawan : Pulau yang Terkenal dengan Keindahan Bakau (Mangrove) dan Karang di Berau
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Pulau Panjang, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur
Views : 1159

Ketika orang berbicara tentang Kepulauan Derawan, mereka mungkin menyukai pulau-pulau indah dengan tempat menyelam idaman mereka. Namun, mereka bisa menemukan lebih dari sekedar atraksi tersebut. Inilah contohnya. Wisatawan dapat menikmati petualangan kecil di Pulau Panjang, yang terkenal dengan bakau dan karangnya. Itu berarti pengunjung bisa menyelam dan menyaksikan hutan mangrove yang menakjubkan di pulau ini. Meski membutuhkan perjalanan cukup panjang, Pulau Panjang dianggap tempat wisata layak dikunjungi, terutama bagi wisata keluarga. Pulau Panjang juga menjadi tujuan favorit para pecinta alam terutama bagi orang-orang ingin belajar tentang mangrove dan vegetasi lainnya di Pulau Panjang.

Lingkungan Alam Sekitar

Cukup mudah untuk menggambarkan keindahan pulau ini. Pertama, Pulau Panjang erat kaitannya dengan pantai. Pulau Panjang memiliki pantai berpasir putih dengan nuansa aslinya. Air lautnya jernih dan beberapa bagiannya dangkal. Tak heran, berenang menjadi aktivitas yang  disarankan disana. selain itu, pasirnya memiliki tekstur yang lembut dan sangat cocok untuk berjalan kaki di sepanjang pantai. Dekat ke pantai, pohon kelapa dan vegetasi lainnya tumbuh melimpah! Bagaimana dengan ukuran pulau?luas  Pulau Panjang hanya  sekitar 565,4 hektare. Penduduk setempat bahkan menyebutnya Pulau Karang, yang menampilkan bakau dan atraksi alam lainnya.

Menjelajahi Pulau Panjang

Daya tarik utama di Pulau Panjang adalah hutan mangrove. Itu berarti wisatawan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengetahuinya. Bahkan, beberapa agen wisata menyediakan paket wisata mengenai tur singkat seputar tanaman mangrove. Manajemen bisa mengajari para anggota bagaimana cara menanam mangrove dan mempelajari manfaat tanaman mangrove tersebut. Faktanya adalah kehadiran vegetasi seperti itu membantu pulau tersebut untuk menghindari erosi. Tanaman ini juga mencegah gelombang besar yang dapat merusak tanah. Belum lagi mangrove menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak heran, mangrove menjadi kebanggaan tempat wisata tersebut.

Terlepas dari manfaat pendidikan yang ditawarkan, keberadaan hutan mangrove di Pulau Panjang sangat  menarik baik fotografer maupun pecinta alam. Orang-orang ini datang ke pulau ini untuk menangkap gambar indah dari vegetasi tersebut. Mereka juga ingin menghargai keberadaannya. Sebenarnya, sangat dimungkinkan untuk mengeksplorasi semua bagian hutan bakau, dan juga pulau. Hal itu bisa dilakukan dengan berjalan kaki karena ukuran pulau yang tidak cukup besar. Sedangkan untuk tipnya, pengunjung perlu membawa beberapa barang seperti kamera, kacamata hitam, topi, dan bahkan makanan ringan! Air kemasan juga penting.

Begitu pengunjung berkeliling dan menjelajahi hutan bakau, kemudian dilanjutkan menuju ke pantai untuk relaksasi. Angin kencang dan cuaca yang hangat bisa memberantas kelelahan hampir dalam sekejap! Berkat kehadiran pohon kelapa. Pengunjung bisa beristirahat dan bersantai tanpa menderita panasnya matahari. Seperti di hutan bakau pada umumnya, lingkungan pesisir seperti itu juga cocok untuk fotografi. Setelah melakukan semua aktivitas yang disebutkan, saatnya berenang. Berenang di Pulau Panjang sangat menarik karena airnya yang jernih dan ada beberapa bagian yang dangkal.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Panjang

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Balikpapan, transportasi yang paling direkomendasikan adalah pesawat terbang dan tujuannya adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan. Selanjutnya, Andaa perlu menuju ke Pelabuhan Tajung Redeb, yang terletak di Kabupaten Berau. Dari sini, tujuan selanjutnya adalah menyewa speedboat menuju Kepulauan  Derawan, tepatnya di Pulau Panjang .

or cancel