Cari Tempat Wisata


Pulau Sempu di Malang : Liburan Pribadi ke Surga Rahasia

Pulau Sempu di Malang : Liburan Pribadi ke Surga Rahasia
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Views : 78

Pulau Sempu adalah pulau kecil yang terletak sekitar 800 meter  arah selatan dari kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Pulau ini hanya memiliki panjang 3,9 kilometer dan lebar 3,6 kilometer. Tapi apa yang membuat pulau ini begitu istimewa adalah bahwa pulau kecil ini menyembunyikan laguna yang indah yang akan membuat Anda takjub. Orang-orang menyebutnya The Secret Lagoon.

Tidak ada banyak pengunjung atau fasilitas wisata di sini di pulau kecil ini. Datang ke sini, Anda akan merasa pulau tersebut adalah pulau pribadi Anda sendiri untuk sementara waktu. Dan itu luar biasa.

Sejak 1928, pulau Sempu telah dinyatakan sebagai kawasan konservasi. Lingkungan dilindungi dan sangat dibatasi. Ini karena pulau ini memiliki berbagai ekosistem seperti hutan bakau, hutan pantai, dan hutan tropis. Keharmonisan alam di Pulau Sempu adalah harta untuk dilihat dan dijelajahi.

Eksotisme laguna menjadi seindah ini hanya karena peraturan ketat diterapkan pada pulau itu. Perlindungan atas alam yang indah tentu penting karena tidak setiap pengunjung memiliki kesadaran atas perlindungan alam.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Kota terdekat untuk mencapai Pulau Sempu adalah kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika Anda dari atas kapal, Anda bisa mendapatkan penerbangan ke Bandara Internasional Juanda di Kota Surabaya. Dari sana, naik bus ke kota Malang. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam, tergantung pada kemacetan lalu lintas.

Dari kota Malang, naik bus umum lain ke pantai Sendang Biru yang berjarak sekitar 2 jam dari kota. Pantai ini memiliki pelabuhan yang menyediakan kapal ke Pulau Sempu. Perjalanan dengan kapal akan memakan waktu hanya 15 menit untuk mencapai tujuan surgawi Anda. Biaya tiketnya hanya Rp 15.000 per orang, sementara kapal dapat menampung hingga 10 orang sekaligus.

Lima belas menit setelah berangkat dari Pelabuhan Sendang Biru, Anda akan menemukan satu pulau kecil dengan teluk indah bernama Teluk Semut. Airnya jelas menyegarkan dan ombaknya begitu lembut. Pemandangannya sangat menakjubkan. Tetapi apa yang Anda lihat tidak ada bandingannya dengan apa yang akan Anda lihat di laguna rahasia yang disebut Laguna Segara Anakan.

Pantai di Teluk Semut memiliki tanah basah. Pastikan Anda memakai alas kaki yang kuat untuk mengalahkannya. Jika Anda mengenakan sandal murahan, sandal akan mudah pecah setelah berjalan sebentar. Berjalan menjauh dari teluk, Anda akan menemukan hutan liar. Di sinilah tantangan dimulai.

Aktivitas

Untuk sampai ke laguna, Anda perlu melakukan sedikit penjelajahan melalui hutan liar Pulau Sempu. Ini adalah titik ketika Anda menyadari betapa pentingnya untuk disertai dengan panduan profesional. Trekking tidak mudah dan cukup melelahkan karena hutannya sangat liar. Trek curam dan licin adalah sesuatu yang akan Anda temui beberapa kali selama trekking ini. Hutan di Pulau Sempu adalah habitat bagi banyak spesies unik, flora dan fauna.

Setelah dua jam trekking yang melelahkan, alam Pulau Sempu akan membayar usaha Anda. Laguna yang indah akan menyambut Anda dan mencurahkan Anda keheranan seperti yang Anda lihat. Namanya adalah Laguna Segara Anakan. Terletak sekitar 2,5 kilometer di pulau itu. Luas laguna sekitar 4 hektar, memberikan pengalaman alam yang menakjubkan.

Laguna Segara Anakan memiliki ombak yang lembut dan tenang, menghadirkan kedamaian dan ketenangan di hati Anda. Ini sangat bertentangan dengan karakter sebenarnya dari laut Jawa selatan di mana ombak biasanya mengamuk liar dan berbahaya. Fenomena ini disebabkan oleh lokasi laguna yang benar-benar terpencil dari lautan terbuka.

Air Laguna Segara Anakan jernih dan bersih, bahkan setetes pun polutan tidak pernah jatuh ke dalamnya. Dan saat Anda menyentuh air, semua kelelahan yang Anda dapatkan dari perjalanan dan trekking akan memudar secara instan. Satu-satunya hal yang benar untuk dilakukan terhadap laguna yang menyegarkan ini adalah berenang di atasnya.

Penginapan

Karena area ini sangat terlindungi, Anda tidak dapat menemukan hotel, bungalow, wisma, atau mode akomodasi apa pun di pulau terpencil ini. Satu-satunya pilihan Anda harus menginap adalah dengan berkemah. Anda bahkan perlu membawa peralatan berkemah sendiri karena tidak ada sewa di sana. Ini adalah tujuan paling sempurna untuk benar-benar menikmati alam tanpa gangguan kehidupan modern.

Makanan

Masih karena peraturan ketat tentang Pulau Sempu, tidak akan ada pedagang di sana untuk menjual makanan, makanan ringan, atau minuman. Karena itu, bawalah kebutuhan Anda sendiri. Anda harus mempersiapkannya sejak berada di kota Malang. Jika Anda ingin berkemah, jangan lupa merencanakan berapa lama Anda akan tinggal dan bagaimana Anda akan memberi makan diri sendiri.

Tips

Sebelum merencanakan perjalanan Anda ke pulau mungil yang indah ini, harap perhatikan beberapa tip di bawah ini karena ini mungkin sangat penting dan bermanfaat:

  • Diperlukan alas kaki yang tepat. Banyak pengunjung mengeluh tentang bagaimana sandal mereka putus saat berjalan di tanah berlumpur di pantai dan di dalam hutan. Alas kaki yang paling direkomendasikan adalah sepatu olahraga atau sepatu hiking.
  • Hal terpenting yang harus dipersiapkan untuk mengunjungi pulau ini adalah memastikan Anda membawa cukup makanan dan minuman. Anda tidak dapat membeli semua yang ada di pulau itu karena bisnis semacam itu tidak diizinkan oleh peraturan. Yang terbaik untuk mempersiapkannya adalah di kota Malang, di mana ada banyak toko dan kios makanan.
  • Jangan buang sampah sembarangan. Bawalah sampah Anda bersamamu dan letakkan di tempat sampah yang bisa Anda temukan di Pelabuhan Sendang Biru. Sangat penting untuk melestarikan keindahan alam Pulau Sempu.
  • Rencanakan berapa lama Anda akan tinggal di pulau itu. Pastikan Anda telah menyiapkan semua yang Anda butuhkan sebelum berangkat ke sana; makanan, minuman, lampu, obat-obatan, pakaian, dan peralatan berkemah yang layak.
  • Simpan makanan dan minuman Anda di tempat yang aman. Sembunyikan itu. Jangan memaparkannya, terutama jika Anda sedang berkemah. Monyet suka mengawasi logistik Anda dari jauh, berlari dengan cepat, mengambilnya, dan lari kembali ke hutan sebelum Anda menyadarinya. Anda akan berada dalam masalah serius jika Anda mendapatkan mereka yang dicuri.
  • Simpan makanan dan minuman Anda di tempat yang aman. Sembunyikan itu. Jangan memaparkannya, terutama jika Anda sedang berkemah. Monyet suka mengawasi logistik Anda dari jauh, berlari dengan cepat, mengambilnya, dan lari kembali ke hutan sebelum Anda menyadarinya. Anda akan berada dalam masalah serius jika Anda mengalaminya.
  • Penerimaan sinyal sangat tidak mungkin di pulau itu. Sinyal terakhir yang bisa didapat ponsel Anda ada di Pelabuhan Sendang Biru. Harap informasikan semua keluarga dekat Anda dan kerabat agar mereka tidak khawatir karena Anda tidak dapat dihubungi.

Tempat Lain di Sekitar

Selain laguna tersembunyi Segara Anakan, Pulau Sempu juga memiliki beberapa keindahan lain di sisi lain pulau. Ada Telaga Lele , sebuah danau segar dengan banyak ikan lele di atasnya. Ada juga Pantai Waru-Waru, Telaga Sat, Gua Harimau, dan banyak lagi.

or cancel