Cari Tempat Wisata


Teluk Alulu : permata yang belum ditemukan di Kalimantan Timur

Teluk Alulu : permata yang belum ditemukan di Kalimantan Timur
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Teluk Alulu, Maratua, Berau, Kalimantan Timur
Views : 596

Borneo adalah tanah Suku Dayak dan Hutan Hujan dengan kekayaan alam terkaya di dunia. Kalimantan, bagian Indonesia dari Borneo, adalah dua pertiga dari pulau ini, dengan total 540.000 kilometer persegi. Bagian utara Kalimantan dibentuk oleh Sabah Malaysia & Sarawak, dan Brunei Darussalam yang kaya minyak. Jantung Kalimantan tersusun oleh pegunungan hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Sungai Besar mengalir turun dari dataran tinggi, dan merupakan saluran infrastruktur penting antara pantai dan pedalaman.

Beberapa pulau ditemukan di sepanjang pantai Kalimantan Timur yang membuat tujuan menyelam yang menarik. Di antaranya adalah Derawan, Samama, Sangalaki, Maratua, Nabucco dan Panjang. Seluruh pulau bisa ditempuh dari Tanjung Redeb.

Tidak seperti beberapa pulau Derawan lainnya yang tidak berpenghuni, Maratua memiliki populasi sekitar 3.000 orang dan terbagi menjadi 4 desa, yang sebagian besar berasal dari Suku Bajo. Penduduk setempat, banyak di antaranya orang Bajo (orang laut), bekerja di bidang perikanan, kopra dan pertanian; Ada kera dan kadal di hutan. Salah satu dari sedikit jalur hiking mengarah ke danau ubur-ubur yang serupa dengan yang ada di Kakaban.

Di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ada Teluk Alulu, permata yang belum ditemukan dan menunggu untuk dieksplorasi.

Bagian dari gugusan Kepulauan Derawan, Teluk Alulu adalah pulau kecil yang dihuni oleh 700 orang yang merupakan rumah bagi pantai berpasir putih yang mirip dengan Derawan dan Maratua. Pengunjung yang penasaran juga bisa menjajaki aktivitas memancing lokal dan pabrik minyak kelapa.

Meski lokasinya agak terpencil, kawasan ini menyediakan listrik dan sinyal seluler bagi pengunjung, dengan pembangkit tenaga surya (PLTS) saat ini sedang dibangun.

Perjalanan atau Rute Menuju Teluk Alulu

Bandara Balikpapan International memiliki penerbangan dari seluruh Indonesia serta Singapura, Kuala Lumpur, Penang dan Kota Kinabalu. Dari sini, ada beberapa jadwal penerbangan setiap hari ke Berau. Ini juga memungkinkan untuk terhubung dari Malaysia dengan penerbangan Tawau-Tarakan-Berau.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa berhenti di Kabupaten Berau, lalu naik speed boat dua jam ke Tanjung Batu. Atau Anda juga bisa menempuh rute lain dengan mengunjungi Kecamatan Maratua dengan pesawat ringan dari Bandara Kalimarau di Berau, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Teluk Alulu dengan naik perahu cepat 30 menit.

or cancel