Cari Tempat Wisata


Gili Gede : Pulau Paling Besar dengan Akomodasi Paling Lengkap di Antara Gili Lain di Sekotong, Lombok

Gili Gede : Pulau Paling Besar dengan Akomodasi Paling Lengkap di Antara Gili Lain di Sekotong, Lombok
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Gili Gede, Sekotong, Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB
Views : 547

Mengunjungi Gili Gede harus berada dalam semua agenda para pelancong saat melakukan liburan di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Gede termasuk dalam daftar Rahasia Gili-gili (Asahan, Ringgit, dan Layan) dan dianggap paling terkenal dibandingkan dengan yang lain. Pulau ini terletak di barat daya Lombok dan memiliki pilihan akomodasi yang lebih baik bagi para wisatawan untuk dinikmati. Dengan fasilitas dan resor seperti itu, wisatawan dapat menikmati alam untuk jangka waktu yang panjang  baik untuk liburan keluarga, bulan madu, atau keperluan lainnya. Ini menjelaskan mengapa Gili Gede memiliki lebih banyak pengunjung daripada burung merpati terdekat, terutama pada akhir pekan yang panjang.

Meski lokasinya terpencil dan berukuran kecil (tapi yang terbesar di antara Gili yang ada di Sekotong), wisatawan tidak ragu untuk mengunjungi Gili Gede. Mereka terkesan dengan alam dan fasilitas yang disediakan disana. Bahkan beberapa penduduk setempat sering terlihat di lokasi, terutama di laut, untuk menangkap ikan! Sebagian besar merupakan Suku Sasak dan masih mempraktikkan tradisi lama. Namun, beberapa di antaranya pandai berbahasa Inggris dan sering membantu turis asing untuk berkeliling pulau secara efektif. Selain itu, mereka cukup bersahabat dengan semua orang.

Aktivitas di Gili Gede

Beberapa wisatawan mungkin telah menyadari fakta bahwa sebagian besar gili di Sekotong dianggap sebagai Pulau Pesta atau tempat untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Berbeda dengan saudara, Gili Gede memiliki nuansa yang lebih sederhana namun memiliki sumber daya alam yang kaya. Penduduk setempat memanfaatkan ikan dan mutiara yang melimpah dan menjadikannya sebagai pendapatan daerah utama. Kehadiran 5 desa di Gili Gede membuatnya bisa diandalkan bagi wisatawan juga. Itu berarti pengunjung bisa dengan mudah menemukan makanan dan minuman selama berpetualang. Belum lagi akomodasi yang baik juga tersedia.

Setelah mengunjungi pemukiman setempat, wisatawan bisa melakukan aktivitas selanjutnya, yaitu berjemur. Pantai yang tenang menciptakan suasana damai di lokasi dimana wisatawan sering melakukan aktivitas. Pantai utara Gili Gede terkenal dengan pantai karang dan pasir putihnya, sementara pantai barat memiliki lumpur dan bakau. Semua nya layak untuk dikunjungi! Menjelajahi semua pantai di Gede tidak memakan banyak waktu.

Pesona Gili Gede lainnya adalah aktivitasnya. Meski bernuansa tenang, penduduk desa bekerja keras untuk mendapatkan uang dengan memanfaatkan mutiara dan sejumlah ikan di laut. Bagi wisatawan, adalah hal yang baik karena mereka bisa menyaksikan kegiatan lokal dan memotretnya. Senyuman asli penduduk desa dan anak-anak setempat yang penuh gairah juga akan mengesankan wisatawan selama petualangan semacam itu. Nantinya, di sore hari, mereka bisa mengunjungi beberapa tempat yang bagus untuk menikmati sunset yang menakjubkan sambil makan hidangan lokal seperti  Ayam Taliwang!

Penginapan

Penginapan terdekat ke Gili Gede ada Yut Inn, Madak Belo, dan Via Vacare.

Tempat Wisata Sekitarnya

Tempat Wisata lain yang dapat Anda kunjungi di dekat Gili Gede ada Gili Asahan, Gili Ringgit dan Gili Layan.

Perjalanan atau Rute Menuju Gili Gede

Hak terbia yang bisa dilakukan wisatawan adalah bisa menggunakan setiap jenis kendaraan untuk sampai ke Gili Gede. Lokasinya berada di Kecamatan Sekotong dan memakan waktu sekitar 2 jam dari Kota Mataram. Nantinya, wisatawan perlu menyewa speedboat untuk mendekati pulau. Perjalanan membutuhkan waktu lebih lama jika turis pergi menggunakan perahu tradisional.

or cancel