Cari Tempat Wisata


Gili Genting : Pulau Imut Tempat Berenang Favorit di Sekotong, Lombok Barat

Gili Genting : Pulau Imut Tempat Berenang Favorit di Sekotong, Lombok Barat
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Gili Genting, Sekotong, Lombok Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 233

Pulau utama Lombok memang merupakan pesona terbaik kawasan ini. Itu tidak berarti turis harus mengabaikan pulau-pulau kecil atau gili seperti Genting. Gili Genting terletak di Jalan Raya Pelangan dan merupakan bagian Desa Sekotong Tengah. Meski disebut pulau kecil, wisatawan bisa mengunjunginya bahkan tanpa kapal. Berkat lokasi yang strategis. Pengunjung tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencapai pulau dan mereka dapat menikmati liburan dengan segera. Mereka biasanya meluangkan waktu untuk melakukan fotografi dan relaksasi di Gili Genting.

Arti Gili Genting  dalam Bahasa Sasak disebut Pulau Mungil / Imut karena ukuran mungilnya. Padahal, ukurannya lebih kecil dari gili lainnya dan bentuknya mirip dengan lidah raksasa. Ketika datang ke alam, pulau ini dikelilingi pepohonan dan memiliki pantai berpasir coklat muda. Laut bahkan tidak memiliki ombak yang kuat sehingga sangat cocok untuk berenang atau bermain di air. Dari pulau, wisatawan bisa melihat formasi bukit dan gunung yang terlihat dengan jelas.

Aktivitas di Gili Genting

Pesona Gili Genting yang terbaik adalah lokasinya, yang hanya sekitar ratusan meter dari ibu kota Pulau Lombok. Pada saat air surut, wisatawan bisa menyeberangi selat meski tanpa naik perahu. Sementara saat air pasang  dibutuhkan sebuah kapal untuk sampai ke pulau. Begitu sampai di Genting, mereka bisa langsung melihat Tanjung Elaq-Elaq. Bentuk unik tanjung dan kondisi aslinya akan memukau semua orang. Tak heran, tanjung ini sering kali menjadi objek fotografi terbaik.

Pesona Gili Genting berikutnya adalah panorama. Ini termasuk laut yang tenang, pantai yang tenang, Elaq-Elaq, pulau mungil, dan lain-lain. Pemandangan terbaik muncul jika wisatawan melihat mereka dari puncak bukit yang berada di pulau ini. Butuh beberapa waktu untuk mencapai puncak, tapi bermanfaat. Panorama megah lainnya pastinya Gunung Agung yang bisa dilihat dari kejauhan di bagian timur Genting. Sebuah pulau terdekat yang disebut Lontar juga terlihat dalam arah yang sama! Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam menghipnotis saat senja dengan kombinasi warna kuning dan pink.

Apa selanjutnya? Gili Genting dikenal dengan laut yang menenangkan. Gelombang yang tenang menggoda semua orang untuk masuk ke dalam air dan menikmati berenang, yang juga merupakan kegiatan wisata yang direkomendasikan di Genting. Satu-satunya pertimbangan adalah pengunjung harus membawa pakaian ekstra dan beberapa makanan selama liburan. Itu karena pulau ini tidak memiliki fasilitas atau akomodasi apapun.

Penginapan

Hotel terdekat ke Gili Genting ada Nirvana Gilis Hotel, Tanjung Bukit Lodge dan Coral Palms.

Perjalanan atau Rute Menuju Gili Genting

Jarak antara Kota Mataram (ibu kota Lombok) dan Gili Genting adalah 70 km. Wisatawan hanya perlu membawa layanan transportasi lokal dan menuju ke Kecamatan Sekotong. Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda bisa menyewa mobil dan langsung menuju Jalan Raya Pelangan. Begitu sampai di selat, Anda bisa pergi dengan kendaraan atau jalan kaki untuk sampai ke pulau ini. Pastikan untuk datang saat air surut.

or cancel