Cari Tempat Wisata


Pantai Ai Loang di Sumbawa : Ombak yang Tenang dan Air Laut Berwarna Biru Susu

Pantai Ai Loang di Sumbawa : Ombak yang Tenang dan Air Laut Berwarna Biru Susu
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Ai Loang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Views : 55

Salah satu pantai terindah di Kabupaten Sumbawa disebut Ai Loang. Di masa lalu, penduduk setempat menyebutnya Pantai Lamona, sebenarnya. Lokasi berada di Desa Penyaring di Kecamatan Moyo Utara. Popularitasnya bagus, sehingga memiliki banyak pengunjung setiap hari. Apa yang membuatnya berbeda? Sebagian besar orang mengatakan bahwa mereka terkesan dengan pemandangan pantai yang indah dan lingkungan yang murni. Dua hal sederhana ini membuat mereka kembali ke Pantai Ai Loang ketika liburan tiba, tanpa ragu. Selain suasana yang nyaman, banyak wisatawan datang ke pantai karena lokasinya yang strategis. Itu terletak dekat dengan Tanjung Menangis dan tempat liburan terkenal lainnya.

Fitur pertama di Pantai Ai Loang jelas merupakan garis pantai berpasir putih. Berikutnya, ombaknya tenang dan air lautnya berwarna biru susu. Tidak heran, sebagian besar pengunjung cenderung menikmati olahraga air seperti berenang dan snorkeling begitu mereka tiba di lokasi. Selanjutnya, pantai ini memiliki beberapa batu besar yang berada dengan rapi di garis pantai. Belum lagi beberapa jenis pohon yang berada di daerah itu. Apa selanjutnya? Di sore hari, matahari menghilang dengan indahnya. Matahari terbenam ini menjadi fitur yang sangat indah yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan selama kunjungan nanti!

Aktivitas

Fitur turis yang paling favorit di Pantai Ai Loang adalah tempat berenang yang tidak terhubung ke laut. Itu berarti orang bisa menikmati berenang tanpa khawatir tentang ombak. Itu berarti orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka dengan lebih baik selama kegiatan. Selain itu, pantai ini mempekerjakan beberapa penduduk setempat yang mungkin menjaga pengunjung ketika datang ke tempat yang aman. Selain dari keamanan yang sangat baik, tempat itu memiliki bentuk yang unik (yang tampak seperti bentuk hati).

Fitur hebat berikutnya di Pantai Ai Loang adalah adanya berbagai fasilitas terutama daerah outbound. Wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis wahana termasuk flying fox, pasti! Tidak heran, banyak orangtua dengan anak-anak sering terlihat selama akhir pekan dan hari libur. Setelah bersenang-senang di fasilitas outbound, wisatawan dapat langsung menuju ke gazebo yang tersedia dan beristirahat sejenak sebelum melakukan hal-hal menyenangkan lainnya nanti. Tidak hanya pantai memiliki gazebo yang rapi, tetapi juga menyediakan warung makan, toilet, penyewaan sepeda, dan banyak lagi!

Nama lain adalah Pantai Tanjung Lamona dan dianggap sebagai salah satu pantai terbaik di Pulau Sumbawa. Karena keindahan yang sempurna dan fasilitas yang menyenangkan, pantai ini terus memikat wisatawan dari waktu ke waktu. Bahkan di malam hari, pengunjung dapat menikmati lebih banyak kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi di fasilitas karaoke. Nah, turis tidak akan menemukan kesenangan seperti ini di pantai lain, kan?

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Pantai Ai Loang, wisatawan harus mencapai Kabupaten Sumbawa terlebih dahulu. Cara terbaik untuk sampai ke sana adalah dengan pesawat, sebenarnya. Jika wisatawan datang dari Kota Jakarta, mereka dapat naik pesawat dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan menuju ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Sumbawa. Penerbangan ini memakan waktu sekitar 4 jam dan 5 menit. Kemudian, setelah mencapai Sumbawa, tujuan berikutnya adalah Desa Penyaring di Kecamatan Moyo Utara di mana pantai berada. Jaraknya 19,1 km, jadi perjalanan ini hanya membutuhkan waktu 40 menit. Bahkan bisa lebih cepat jika wisatawan mengambil jalan Raberas.

or cancel