Cari Tempat Wisata


Pantai Bolihutuo : Pantai yang Indah dan Masih Alami di Kabupaten Boalemo, Gorontalo

Pantai Bolihutuo : Pantai yang Indah dan Masih Alami di Kabupaten Boalemo, Gorontalo
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Gorontalo
Alamat : Pantai Bolihutuo, Boalemo, Gorontalo
Views : 1611

Selama kunjungan Anda ke Gorontalo, luangkan waktu untuk meluncur ke barat menuju salah satu pantai alami dengan pemandangan yang indah dan suasana santai. Pantai ini adalah Pantai Bolihutuo, yang terletak di Kabupaten Boalemo sekitar 120 km dari Kota Gorontalo, menghadap ke Teluk Tomini.

Juga dikenal sebagai Pantai Boalemo Indah, pesisir ini terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena keindahan alamnya. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menarik dan mempesona dengan pemandangan pantai berpasir putih, dilapisi pohon pinus dan palem raksasa. Merupakan salah satu tempat wisata utama di Kabupaten Boalemo.

Pada saat perjalanan, Anda akan melewati pemandangan hijau Kabupaten Boalemo yang disertai dengan udara sejuk dan lembah berbukit. Pohon palem tersebar di antara medan perbukitan hijau dan melapisi pantai, memberi daerah ini suasana tenang dan santai. Ini adalah tempat yang tepat untuk datang jika Anda mencari relaksasi dan istirahat dari rutinitas sibuk kehidupan kota sehari-hari.

Keindahan Pantai Bolihutuo adalah sederhana dan masih relatif belum tersentuh oleh modernitas. Gelombang bergulir menyentuh garis pantai menambah suasana alam yang indah. Pasir putih di sepanjang pantai dikelilingi oleh belasan pohon pinus raksasa, yang berfungsi sebagai tempat teduh yang bermanfaat dan menyenangkan,  telah menciptakan suasana sejuk dan tenang di sepanjang pantai ini. Air memiliki rona biru kehijauan yang menambah kesegaran eksotis tempat ini. Jika Anda mencari akhir pekan untuk menghilangkan stres atas kehidupan sehari-hari, Pantai Bolihutuo adalah pilihan tepat untuk kunjungan akhir pekan. Rasakan sesuatu selain dari kegiatan terjadwal reguler, beristirahat dan segar kembali.

Aktvitas

Pantai Bolihutuo adalah pantai yang ideal untuk liburan akhir pekan keluarga. Pasir putih yang halus sangat cocok untuk istana pasir dan permainan pasir lainnya. Tentu saja setelah menyerap sedikit sinar matahari Bolihutuo, masuk ke dalam air yang menyegarkan di samudra akan menjadi hanya apa yang Anda butuhkan. Di sepanjang pantai terdapat fasilitas olahraga air dan peralatan untuk disewakan seperti jet ski, kapal motor, dan peralatan selam dan snorkeling. Ada juga cottage, restoran, serta Pusat Informasi Pariwisata. Jika Anda ingin mengambil beberapa waktu dari terik matahari ada juga sejumlah tempat teduh dan gazebo untuk beristirahat di sepanjang pantai. Selain bersantai di pantai dan eksplorasi laut di Pantai Bolihutuo, tempat terdekat lainnya untuk dikunjungi adalah Desa Lamu di Kecamatan Tila Matu. Ini adalah pulau-pulau kecil dengan pasir putih bertebaran.

Tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Laut Pulau Bitila di perbatasan antara Kabupaten Boalemo dan kabupaten Pohuwato. Ini terletak sekitar 15 menit berkendara dari Pantai Bolihutuo. Taman Laut Pulau Bitila menawarkan kehidupan bawah laut yang indah dan belum dijelajahi.

Wisata menarik lainnya adalah dengan Air Terjun Ayuhulalo yang terletak di desa Ayuhulalo di Kecamatan Tilamuta. Daerah ini terletak 200 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 5 km. dari Kabupaten Boalemo, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan mobil umum atau pribadi. Air Terjun Ayuhulalo tidak berukuran sangat besar, namun memiliki suasana yang sangat tenang, damai, dan alami. Disini pengunjung bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan air terjun alami, dan tidak perlu memikirkan harga. Kombinasi dari air terjun terpencil ini, terletak di antara bukit-bukit hijau yang indah dan perairan yang berdebar-debar, menjadikannya lokasi yang sempurna untuk liburan akhir pekan yang santai dengan sendirinya. Tempat ini paling cocok untuk rekreasi keluarga.

Makanan

Di sekitar pantai Bolihutuo ada beberapa restoran yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah Rumah Makan AZ, yang menyediakan menu makanan khas lokal yang khas, seperti daging kambing gulai (kari jenis lokal), kari, sate dan hidangan lainnya. Rumah Makan Kairo adalah pilihan kuliner lainnya, yang menyediakan masakan khas Timur Tengah. Ada juga tiga restoran terpisah di sepanjang pantai yang khusus pada makanan laut lokal.

Salah satu makanan lokal yang harus Anda coba di sini adalah Ikan Bakar yang bisa dinikmati bersama Dabu-Dabu, yang diiris bawang merah, paprika dan tomat yang direndam dalam minyak kelapa panas.

Di sepanjang jalan ke pantai terdapat juga toko-toko dimana Anda bisa membeli suvenir Gorontalo lokal dan makanan tradisional seperti pisang lokal besar, ilabulo Gorontalo (daging, lemak dan kulit ayam yang dimasak dengan sagu pati), Binte biluhuta (sup jagung yang lezat), serta jagung rebus. Ini lebih kecil dari jagung biasa tapi rasanya sangat khas dan sangat empuk.

Penginapan

Tak jauh dari Pantai Balihutuo, sekitar 3 km sebelum kota Boalemo, ada beberapa tempat akomodasi yang bisa dipilih. Ada Hotel Pratama yang sederhana, bersih dan memadai, dengan biaya Rp 25.000 per orang, dengan beberapa kamar memiliki AC. Lalu ada Hotel Indraloka yang memiliki sekitar 20 kamar tersedia seharga Rp 25.000 per orang juga. Pilihan lainnya adalah sebuah pondok kecil yang terletak di sepanjang pantai Bolihutuo, yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Boalemo dan bisa disewa oleh publik. Untuk pilihan yang lebih luas, Anda bisa tinggal di Kota Gorontalo. Di sana Anda dapat menemukan banyak pilihan akomodasi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Perjalanan atau Rute Menuju Pantai Bolihutuo

Untuk mencapai Pantai Bolihutuo, Anda harus melakukan perjalanan melalui Kota Gorontalo, ibu kota provinsi Gorontalo.

Penerbangan harian tersedia dari Jakarta via Makassar ke Gorontalo dengan Lion Air dan Sriwijaya Airlines. Garuda Indonesia juga baru saja membuka penerbangan harian ke Gorontalo dari Jakarta, Denpasar, Surabaya dan Makassar. Dari Manado, Wings Air dan Lion Air kini juga memiliki penerbangan ke Gorontalo.

Setelah tiba di Gorontalo, Anda akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Bolihutuo di Kabupaten Boalemo. Untuk mencapai Pantai Bolihutuo, wisatawan harus menempuh perjalanan sepanjang jalan Trans-Sulawesi, berjarak sekitar 120 km dari pusat kota Gorontalo.

Dari Kota Gorontalo Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pantai ini dengan mobil pribadi atau kendaraan sewaan. Ada juga angkutan umum yang tersedia dengan biaya Rp 25.000 per orang.

or cancel