Cari Tempat Wisata


Pantai Kayu Arum di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja : Cocok Bagi yang Suka Fotografi

Pantai Kayu Arum di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja : Cocok Bagi yang Suka Fotografi
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Pantai Kayu Arum, Desa Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Views : 30

Jika wisatawan menjelajahi Kabupaten Gunung Kidul, mereka mungkin akan menemukan banyak pantai indah yang terletak di bagian selatan kawasan tersebut. Di Kecamatan Sapto Sari misalnya, mereka akan menemukan Pantai Kayu Arum. Pantai indah ini berada di Desa Kanigoro. Penduduk setempat juga menyebutnya Pantai Ngarum. Satu hal yang membuatnya berbeda dari pantai lainnya tidak lain adalah lokasinya yang berbatasan dengan peternakan lokal. Itu berarti pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan laut, tetapi juga lingkungan pedesaan. Wisatawan biasanya datang ke pantai untuk menikmati relaksasi, fotografi, jalan-jalan, dan berjalan di pantai.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Kayu Arum terletak di dekat peternakan lokal. Dengan demikian, wisatawan akan menemukan berbagai pemandangan begitu mereka tiba di lokasi. Selain pemandangan peternakan, pengunjung dapat melihat garis pantai berpasir coklat muda yang memiliki tekstur lembut. Di beberapa bagian garis pantai, beberapa bebatuan karang berada dengan megahnya. Wisatawan sering menggunakan objek-objek ini sebagai background fotografi mereka. Lingkungannya bersih dan murni. Laut menampilkan ombak besar dan angin kencang juga. Sedangkan untuk nuansanya, terasa damai karena pengasingan. Untuk ukurannya, panjang garis pantainya sekitar 100 meter!

Aktivitas

Begitu mendekati Pantai Kayu Arum, wisatawan bisa langsung mendengar gemericik ombak. Ombak besar itu menghantam terumbu karang dan membuat suara yang menenangkan. Selain itu, suasana terasa lebih nyaman berkat hembusan angin yang hangat dan suasana yang damai. Di pintu masuk, pengunjung dapat menemukan tanaman lebat dan beberapa pohon pantai juga. Ini, setidaknya, menambah kenyamanan dan keteduhan di pantai. Maka dari itu, disarankan untuk beristirahat di spot ini sebelum nantinya menjelajahi pantai.

Keseruan sesungguhnya dimulai begitu turis memasuki garis pantai. Mereka akan tercengang dengan pemandangan yang menakjubkan dan tekstur yang nyaman. Ini menjelaskan mengapa berjalan kaki di pantai sangat disarankan untuk dilakukan. Faktanya, semua orang tidak perlu memakai alas kaki saat menjelajahi bibir pantai! Berkat teksturnya yang lembut. Belum lagi ukurannya yang terbilang luas, sehingga wisatawan bisa menjelajahinya sepuasnya. Satu hal, cuaca menjadi lebih panas pada siang hari. Ini menjadi tidak nyaman bagi beberapa orang sehingga disarankan untuk memakai sunblock.

Selain berjalan-jalan di pantai, pengunjung bisa menikmati hal lain di Pantai Kayu Arum. Misalnya, mereka harus menjelajahi pantai saat air surut. Tujuannya untuk melihat ikan-ikan kecil dengan jelas di bibir pantai. Bagaimana dengan berenang? Yah, tidak disarankan karena ombaknya besar dan tidak bisa diprediksi. Sebagai gantinya, wisatawan bisa melakukan aktivitas alternatif seperti bermain sepak bola pantai dan berkemah. Juga, mereka harus mencapai bagian timur dari garis pantai dimana Tebing Dluwuk berada. Tempat ini sangat cocok untuk melakukan fotografi dan tamasya.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Sebelum mencapai Pantai Kayu Arum, wisatawan harus menuju Daerah Istimewa Yogyakarta terlebih dahulu. Bagi orang luar, mereka bisa naik pesawat untuk sampai ke tempat tujuan. Dari Kota Jakarta dalam hal ini wisatawan dapat naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan langsung menuju Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. Saat cuaca bagus, penerbangan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo  wisatawan harus melalui Jalan Imogiri – Dilingo dan segera menuju ke Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya 80 km, jadi perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Nanti dari Gunung Kidul melanjutkan perjalanan dengan melalui Jalan Baron. Tujuannya adalah Desa Kanigoro dimana pantai ini berada dengan jarak 23,3 km. Artinya perjalanan bisa memakan waktu sekitar 40 menit.

or cancel