Cari Tempat Wisata


Pantai Temboko Lehi di Pulau Siau Sitaro : Pantai dengan Air Laut yang Panas dan Tidak Asin di Sulawesi Utara

Pantai Temboko Lehi di Pulau Siau Sitaro : Pantai  dengan Air Laut yang Panas dan Tidak Asin di Sulawesi Utara
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Pantai Temboko Lehi, Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Provensi Sulawesi Utara
Views : 293

Pantai Temboko Lehi atau yang juga dikenal dengan Pantai Lehi adalah salah satu pantai yang unik di Indonesia. Itu terletak di kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 137 km dari pusat kota Manado.

Pantai ini memiliki nuansa biru kebiruan dan panorama yang cukup indah disekitarnya. Hal yang membuatnya lebih unik adalah air laut yang tidak terasa dingin tapi panas. Sebenarnya, pantai ini terletak di kaki Gunung Api Karengetang yang masih aktif. Gunung ini membuat air laut sepanjang garis pantai terasa panas. Bahkan air laut pun tidak asin seperti air laut pada umumnya.

Air laut yang panas di sekitar pantai membuat tidak ada ikan yang berenang di sekitar pantai, bahkan jika Anda menggali pantai pasir, Anda bisa melihat uap air laut yang panas terbang ke udara. Jadi, lebih baik bagi Anda untuk tidak segera berenang ke pantai. Bila ingin merasakan air laut yang hangat di Pantai Lehi, Anda bisa pergi ke kolam kecil yang terletak disekitar pantai. Kolam itu adalah bak mandi yang biasa digunakan penduduk setempat untuk mandi sejak dahulu kala. Jangan khawatir dengan airnya, karena air di kolam tidak terlalu panas tapi cukup hangat untuk mandi.

Selain bak mandi, Anda juga bisa menikmati air laut yang hangat di pantai Lehi, di pantai yang kasar dan berbatu. Lokasi agak tersembunyi. Anda harus berjalan beberapa meter dari pantai berpasir, dan menyusuri batu-batu besar untuk menemukan lekukan bebatuan. Di lokasi bebatuan di sini, Anda bisa merasakan sensasi hangat dari uap air panas yang keluar dari bebatuan.

Di daerah pesisir ini fasilitasnya sudah mulai dikembangkan, pemerintah daerah telah membangun beberapa fasilitas yang ada di wilayah pesisir ini, seperti membangun tempat santai bagi pengunjung, toilet umum, dan membangun kolam renang untuk para pengunjung. Anda juga bisa mendapatkan beberapa penginapan dan tempat makan di sekitar Kabupaten Sitaro.

Menuju Lokasi

Kota terdekat menuju ke lokasi pantai ini adalah melalui Manado. Jaraknya sekitar 137 km dari pusat kota Manado. Dari pusat kota Manado, Anda bisa langsung menuju Pelabuhan Manado dengan menggunakan kendaraan darat. Dari Pelabuhan Manado, perjalanan dilanjutkan dengan kapal dan menuju Pelabuhan Pehe yang terletak di Pulau Siau, dan memakan waktu sekitar empat jam perjalanan. Dari Pelabuhan Pehe, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek untuk pergi ke lokasi pantai yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Utaramore »