Cari Tempat Wisata


Pulau Seram di Maluku : Pulau Ibu Tempat Kelahiran Orang Maluku

Pulau Seram di Maluku : Pulau Ibu Tempat Kelahiran Orang Maluku
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Maluku
Alamat : Pulau Seram, Maluku
Views : 1842

Seram terletak di sebelah utara Ambon dan kota besar di sini dinamai Masohi. Seram diyakini sebagai tempat kelahiran semua orang Maluku dan disebut oleh semua orang sebagai Nusa Ina; artinya Pulau Ibu.

Dengan Seram menjadi pulau terbesar di Maluku, ia menawarkan berbagai hal untuk dilihat dan dilakukan. Ada pantai pasir putih indah yang tak ada habisnya yang akan memikat Anda untuk berenang dan bahkan snorkeling. Karang di sini luar biasa dan Anda tidak perlu menyelam untuk menyaksikan beberapa taman laut yang menakjubkan ini. Bagi wisatawan yang ingin lebih berpetualang, Anda akan menemukan air terjun, trekking hutan hujan dan desa-desa.

Mungkin tempat yang paling disanjung di Seram ada di pantai utara. Di sinilah Anda akan menemukan desa Sawai yang unik dan sangat menawan. Sawai memiliki akomodasi yang layak dan akan memikat Anda dengan wajah tebing yang menjulang dan pantai yang masih asli. Sawai adalah tempat yang ideal untuk memulai perjalanan Anda di Seram karena Sawai dapat menawarkan berbagai perjalanan mengelilingi pulau ini atau bahkan mengatur perjalanan Anda ke pulau-pulau terpencil lainnya.

Gunung tertinggi di Seram dan di pulau Rempah-Rempah adalah Gunung Binaiya, gunung ini berdiri dengan megah pada ketinggian 3027 meter. Taman nasional Manusela menawarkan kesempatan trekking yang sulit dan taman membentang tepat di seberang pulau. Sangat disarankan agar Anda menyewa pemandu untuk membawa Anda ke taman karena keseluruhan perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 hari dan Anda harus tinggal di beberapa desa di sepanjang jalan. Trekking bisa diatur dari Sawai atau Wahai.

Perjalanan ke Seram tidak semudah menuju ke Bali tapi mungkin saja. Ada banyak operator penerbangan yang melayani Ambon dan dari Ambon Anda harus terbang dengan Lion Air ke Masohi atau Wahai. Lion Air telah diketahui membatalkan penerbangan pada menit terakhir jadi selalu yang terbaik adalah memiliki rencana cadangan; mungkin melalui laut atau melalui jalan darat.

Jika Anda memilih untuk mengambil moda angkutan yang lebih lama namun agak dapat diandalkan, naik feri dari Ambon ke Kairatu. Cek pelni untuk waktu dan harga. Jika Anda bersedia membayar lebih, Anda bisa memilih speedboat yang akan membawa Anda dari Ambon langsung ke Masohi.

Ada sistem jalan yang menghubungkan Seram ke Ambon dan ada banyak layanan bus yang akan mengantar Anda ke sana. Ini mungkin perjalanan yang panjang dan bergelombang namun sejauh ini merupakan alternatif termurah.

or cancel