Cari Tempat Wisata


Pantai Bina Natu Sumba Barat : Lokasi Favorit Berselancar di Nusa Tenggara Timur

Pantai Bina Natu Sumba Barat : Lokasi Favorit Berselancar di Nusa Tenggara Timur
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Pantai Bina Natu Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Views : 254

Banyak pantai tersedia untuk dikunjungi wisatawan di Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Yah, masing-masing dari mereka menawarkan karakter yang berbeda juga. Inilah contohnya. Pantai Bina Natu cocok untuk mereka yang menyukai aktivitas menantang seperti berselancar karena ombaknya yang besar, bahkan lebih besar dari yang lainnya! Jadi dimana itu? Itu berada di Desa Loko Ri dan bagian Kecamatan Tana Righu Kabupaten Sumba Barat. Tidak hanya wisatawan dapat menikmati selancar, mereka juga dapat melakukan kegiatan lain termasuk relaksasi dan fotografi. Belum lagi pengunjung mungkin bertemu nelayan lokal di sana!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur paling menarik dari Pantai Bina Natu adalah ombaknya yang besar! Bahkan angin terasa begitu kencang dan suasananya cukup hangat terutama pada siang hari. Jadi, orang yang mencari nuansa yang lebih menyegarkan, bisa datang baik di pagi atau sore hari. Apa yang lebih? Pantai ini memiliki pasir putih, sehingga sangat cocok untuk berjalan-jalan di pantai. Ditambah lagi, pemandangan lautnya terlihat luar biasa! Tidak ada objek lain di cakrawala selain dari laut biru yang luas itu sendiri. Bahkan pemerintah daerah berencana membangun pelabuhan baru sebagai metode alternatif untuk sampai ke Pulau Sumba.

Aktivitas

Singkatnya, Pantai Bina Natu terdiri dari ombak besar dan angin kencang. Begitu wisatawan tiba di pantai, mereka mungkin merasakan angin yang sangat kencang. Belum lagi percikan ombak membuat suara keras yang lucu untuk dinikmati wisatawan. Bagi mereka yang tidak berani berselancar di sana, mereka dapat menikmati kegiatan alternatif seperti jalan-jalan. Yang perlu mereka lakukan hanyalah menonton pemandangan laut dari jauh dan menyaksikan ombak menakjubkan seperti itu dengan cara yang aman. Namun, tidak pernah berpikir untuk masuk ke dalam air.

Di sisi lain, pengunjung  yang pandai berselancar harus memanfaatkan ombak untuk bersenang-senang tanpa ragu. Ombaknya pun terlihat sama terlepas dari waktu, baik saat air surut atau pasang. Meskipun orang percaya diri dengan pengalaman dan keterampilan berselancar mereka, mereka seharusnya tidak mengabaikan risiko berselancar di gelombang yang begitu ganas. Paling tidak, mereka harus mengenakan peralatan yang layak dan mengikuti tip yang diberikan oleh penduduk setempat.

Masalahnya adalah bahwa wisatawan tidak akan menemukan fasilitas di Pantai Bina Natu. Itu berarti mereka harus menyiapkan semuanya sebelumnya, termasuk makanan, minuman, dan papan seluncur itu sendiri. Dianjurkan juga untuk bertanya kepada penduduk setempat mengenai waktu dan tempat terbaik untuk berselancar sebelum masuk ke air. Lebih baik aman daripada menyesal, bukan?

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Nah, dari Kota Kupang, wisatawan perlu mendapatkan layanan pesawat di Bandara Internasional El Tari dan menuju ke Bandara Tambolaka di Pulau Sumba. Sebagai informasi, penerbangan ini mungkin memakan waktu sekitar 55 menit. Setelah tiba di Kota Tambolaka, wisatawan cukup menuju ke Pantai Bina Natu yang memakan waktu sekitar 1 jam. Adapun jaraknya adalah 31,7 km.

or cancel