Cari Tempat Wisata


Pantai Jelenga di Sumbawa Barat : Panorama yang Eksotis dan Berselancar Favorit

Pantai Jelenga di Sumbawa Barat : Panorama yang Eksotis dan Berselancar  Favorit
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Jelenga, Desa Beru, Kecamatan Bereweh, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat
Views : 79

Faktanya Kabupaten Sumbawa memiliki banyak pantai yang menakjubkan. Adapun referensinya, ada Pantai Jelenga atau Jelengah di Sumbawa Barat. Lokasi tepatnya di Desa Beru dan berada di Kecamatan Jereweh. Karena panorama laut yang eksotis dan ombak besar, pantai semakin populer dari waktu ke waktu. Artinya lokasinya cocok untuk tamasya dan olah raga air yang menyenangkan terutama selancar. Alasan lain mengapa banyak orang datang ke pantai ini dari waktu ke waktu adalah suasananya yang menyejukkan, cocok untuk relaksasi berkat fasilitasnya.

Pantai Jelenga memiliki lingkungan yang masih asli dan pemandangan alam khas Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, pantai menjadi damai karena jumlah pengunjung yang sedikit. Namun, di kesempatan lain, itu menjadi lebih meriah. Sedangkan untuk laut, airnya terlihat indah dan jernih. Namun, ombaknya dianggap besar! Ini menjelaskan sebagian besar wisatawan akan pergi berselancar begitu mereka tiba di pantai. Apa yang lebih? Fitur yang bisa dikenali berikutnya adalah adanya beberapa gazebo di bibir pantai tempat wisatawan bisa duduk-duduk santai sambil menyaksikan pemandangan laut di depan. Ditambah lagi, angin terasa semilir dan hangat!

Aktivitas

Jelenga berbeda dengan pantai biasa. Memang menampilkan air laut yang jernih, namun pantainya juga menampilkan atraksi lain termasuk panorama pegunungan yang hijau. Ditambah lagi, wisatawan mungkin menemukan beberapa bungalow dan penginapan di kawasan itu. Dengan demikian, mereka bisa memastikan kenyamanan saat berkunjung nanti. Waktu paling ramai adalah saat ombak besar sebenarnya. Pada musimnya, baik turis lokal maupun mancanegara terlihat di Jelenga. Tak heran, saat itu agak sulit untuk memesan penginapan dan bungalow.

Hal berikutnya yang membuat Pantai Jelenga terkenal tidak lain adalah adanya konservasi penyu. Artinya, wisatawan bisa melihat langsung penyu-penyu kecil yang cantik, memotretnya, dan belajar cara merawat telur dan tukiknya. Jangan khawatir. Wisatawan dapat melakukan hal-hal ini dengan bebas! Apalagi, mereka memiliki kesempatan untuk melihat prosedur pelepasannya nanti. Supaya mendapat waktu yang tepat, ada baiknya mengumpulkan informasi mengenai jadwal terlebih dahulu.

Sebagai informasi, Pantai Jelenga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Meski tidak sebesar Pulau Bali, ombaknya cukup memuaskan semua orang. Tidak harus olahraga air. Misalnya, para wisatawan bisa memanfaatkan gazebo untuk relaksasi sambil menikmati semilir angin. Berjalan di pantai juga menjadi ide yang bagus! Berkat garis pantai bertekstur lembut.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Cara terbaik menuju Kabupaten Sumbawa adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Misalnya, jika wisatawan datang dari Kota Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta), waktu tempuh penerbangan mungkin sekitar 4 jam 5 menit untuk sampai ke Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin di Kota Sumbawa Besar. Dari pusat kota, tujuan selanjutnya adalah Desa Beru di Kecamatan Jereweh. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 2 jam 56 menit, dengan jarak tempuh 134 km. Bahkan bisa lebih cepat jika melalui Jalan Lintas Sumbawa.

or cancel