Cari Tempat Wisata


Sumba : Permata yang baru Ditemukan di Nusa Tenggara Timur

Sumba : Permata yang baru Ditemukan di Nusa Tenggara Timur
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur
Views : 331

Dengan sabana bergelombang g dan bukit kapur rendah yang dirajut bersama-sama dengan ladang jagung dan singkong, pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur menawarkan kemegahan tersendiri di bagian timur Kepulauan Indonesia. Dipercikkan di seluruh pedesaannya ada desa-desa di puncak bukit dengan rumah-rumah klan jerami tradisional yang berkerumun di sekitar kuburan megalitik yang unik di mana penduduk desa masih memberi penghormatan kepada leluhur mereka dalam kepercayaan kuno Marapu dan telah mempertahankan sebagian besar budaya dan tradisi asli selama beberapa generasi. Pulau ini juga terkenal dengan seni berharga tenun Ikat, dan asal usul Kuda Sumba yang kuat dan gesit atau Kuda Sandalwood.

Terletak di antara pulau-pulau Komodo dan Sumbawa, dan langsung menghadap Samudera Hindia, pulau ini juga merupakan surga peselancar. Barel Sumba besar yang berputar biasanya muncul antara Mei hingga Oktober ketika ombak bisa sangat tinggi dan kuat atau sangat datar karena patahan langsung terkena gelombang laut terbuka yang luas. Namun, jenis ombak yang kuat seperti ini, meskipun sangat menantang, hanya boleh dijelajahi oleh para profesional. Meskipun demikian, sepanjang tahun, gelombang naik dari 3 menjadi 6 kaki.

Meskipun pulau ini mungkin masih jauh dari peta wisata umum, secara mengejutkan Sumba memiliki sejumlah resor mewah yang sering dikunjungi. Nihiwatu Resort, misalnya, menggambarkan dirinya sebagai "yang paling privasi, eksklusivitas, pemandangan dan romansa", telah diakui sebagai hotel terbaik ke-2 di dunia oleh Tripadvisor. Ada juga Sumba Nautil Resort di bagian barat daya Sumba, yang menjadi favorit di kalangan peselancar. Bagi Anda yang mencari kedamaian dan ketenangan dan kesempatan untuk menyaksikan lumba-lumba bermain di laut saat Anda menyeruput kopi pagi Anda, Mario Hotel and Café adalah tempatnya.

Untuk pengalaman yang benar-benar istimewa tidak hanya tinggal di sebuah hotel tetapi juga berinteraksi lebih jauh dengan masyarakat setempat dan membantu mengembangkan pariwisata pulau yang bermanfaat bagi masyarakat setempat, Sumba Hospitality Foundation menyambut pengunjung untuk menginap di The Sumba Hotel School. Ini termasuk lima paviliun tamu bambu yang indah. Didukung sepenuhnya oleh energi matahari, sekolah bertujuan untuk menjadikan dirinya sebagai contoh untuk pariwisata berkelanjutan di pulau dan sekitarnya. Selama masa tinggal mereka, pengunjung didorong untuk berinteraksi dengan siswa untuk belajar lebih banyak tentang Sumba, atau berbagi pengalaman yang akan bermanfaat bagi siswa. Semua hasil membantu mendanai program sekolah.

Bagian barat Sumba memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para wisatawan yang berani menjelajah ke tujuan-tujuan terpencil. Di sini dapat dilihat desa-desa tradisional, kuburan batu megalitik bahkan di sekitar ibukota Sumba Barat Waikabubak, dan saksikan ritual dan tradisi unik mengikuti kepercayaan Marapu kuno. Setahun sekali festival  Pasola yang mengasyikkan, puncak dari serangkaian upacara kesuburan diadakan pada hari yang berbeda di berbagai lokasi di pulau itu. Pada kesempatan itu, ratusan prajurit yang menunggang kuda saling menunggang kuda, melemparkan tombak. Festival ini, biasanya diadakan antara Februari dan Maret, diyakini membawa kesuburan ke tanah.

Waingapu di pantai timur utara Sumba adalah kota terbesar di pulau itu dan pelabuhannya. Sekitar dua kilometer dari Waingapu adalah desa tradisional Prailiu, dan sekitar 10 km jauhnya adalah desa Kwangu, sementara 6 km dari kota adalah desa Labanapu, ketiganya terkenal dengan tenun ikat yang indah. Wanita Sumba menghasilkan beberapa kain tenunan tangan yang patut dicontoh dengan motif kuda, hewan, dan manusia yang bergaya, berwarna biru tua, merah dan hitam, putih dan kuning alami. Di sini pengunjung dapat menyaksikan seluruh proses tenun ikat yang rumit. Untuk kenang-kenangan yang sangat istimewa, carilah kain unik dengan jahitan kerang.

Mencapai Lokasi

Sumba terhubung melalui udara melalui Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya dan bandara Umbu Mehang Kunda di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Sebagian besar penerbangan ke pulau berangkat dari Bali, jadi jika Anda berada di kota lain pastikan untuk pergi ke Bali terlebih dahulu atau mendapatkan penerbangan lanjutan. Garuda Indonesia, Wings Air, dan Nam Air melayani penerbangan harian antara Bali dan Tambolaka. Wings Air juga melayani penerbangan harian antara Bali dan Waingapu, sementara NAM Air melayani penerbangan Bali-Waingapu 3 kali seminggu. Ada juga penerbangan dari Kupang dan Ende di Flores ke Waingapu dilayani oleh Garuda Indonesia, Wings Air dan NAM Air.

or cancel