Cari Tempat Wisata


Tanjung Sopi : Tempat Surfing (Berselancar) Terbaik di Pulau Morotai, Maluku Utara

Tanjung Sopi : Tempat Surfing (Berselancar) Terbaik di Pulau Morotai, Maluku Utara
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Maluku Utara
Alamat : Tanjung Sopi, Morotai, Maluku Utara
Views : 298

Sebagian besar orang mengakui Pulau Morotai sebagai tempat terbaik untuk olahraga air. Yah, mereka tidak salah. Pulau ini memiliki banyak tujuan wisata. Tanjung Sopi tidak terkecuali. Seperti namanya, pantai terletak di desa Sopi. Desa Sopi memiliki pantai yang menantang dan indah. Ombaknya cukup kuat sehingga sangat cocok untuk peselancar profesional. Bahkan, Tanjung Sopi dianggap sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Pemerintah daerah terus meningkatkan fasilitas wisata di desa ini. Semoga itu menjadi kebanggaan bangsa kedepannya.

Aktivitas

Seperti disebutkan sebelumnya, Tanjung Sopi adalah semua tentang berselancar. Baik turis lokal maupun mancanegara datang ke desa Sopi. Mereka memiliki satu kesamaan, yaitu mengalahkan ombak! Pantai Sopi terletak di bagian utara desa. Itu cocok baik pemula (dengan pemandu) dan pro. Sementara berselancar saja tidak disarankan. Pemula tidak boleh terlalu percaya diri karena ombaknya tidak dapat diprediksi. Desa Sopi tidak memiliki banyak pilihan akomodasi. Untuk alternatif, wisatawan dapat menginap di rumah penduduk setempat.

Memang benar wisatawan perlu menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mencapai Tanjung Sopi. Desa ini layak untuk dikunjungi. Bahkan, lebih banyak orang asing yang mengunjunginya setiap tahun. Tujuan mereka sama. Mereka ingin merasakan kekuatan ombak Tanjung Sopi. Beberapa peselancar mengatakan itu mirip dengan G-Land yang ada di Jawa Timur dan Mentawai di Sumatra Barat. Keliaran ombak menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Bahkan, pemerintah pernah melakukan kompetisi selancar internasional di sini.

Adalah bijaksana untuk mengatakan bahwa ombak Tanjung Sopi sama dengan tempat berselancar lainnya seperti Nias, Bali, Morja, Mentawai, dan Jawa Timur. Waktu terbaik untuk berselancar adalah antara November-Maret. Pengunjung dapat mengharapkan lebih banyak peselancar di musim tersebut. Tidak disarankan untuk mengunjungi desa Sopi di bulan Maret-Mei. Itu karena ombaknya tidak bagus. Hal lain adalah kehangatan penduduk setempat. Penduduk desa sangat bersahabat dan mereka responsif.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gelombang Tanjung Sopi sangat kuat dan tidak dapat diprediksi. Pemula tidak boleh berselancar sendiri. Mereka harus mendapatkan bimbingan dari peselancar berpengalaman terlebih dahulu. Ini adalah kebutuhan dasar. Tindakan yang ceroboh hanya menyebabkan cedera fatal dan bahkan kematian. Untuk pemula, papan selancar besar adalah suatu keharusan. Ini membantu mereka mengembangkan cengkeraman yang lebih baik. Belum lagi itu membantu mereka menghadapi ombak besar dengan lebih baik. Sangat jarang menemukan pemula di dekat Anda. Hanya peselancar profesional yang memiliki keberanian untuk melompat ke dalam air. Mereka memiliki pengalaman dan keterampilan dalam menghadapi ombak.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Tidak ada jalan menuju Tanjung Sopi. Satu-satunya cara adalah melalui laut. Anda dapat mencapai desa Sopi dari Daruba. Sebuah speedboat adalah transportasi umum. Biasanya, butuh waktu hingga 6 jam. Itu tergantung pada kondisi laut. Selama ombak dan cuaca buruk, tidak ada yang berani menyeberangi lautan. Wisatawan harus belajar waktu terbaik untuk mengunjungi Tanjung Sopi. Jika tidak, itu hanya mengarah pada kekecewaan. Sebuah speedboat berangkat secara terjadwal. Biasanya seminggu sekali.

or cancel