Cari Tempat Wisata


Pasar Antik Triwindu di Solo : Pengalaman Perdagangan Kuno yang Menyenangkan

Pasar Antik Triwindu di Solo :  Pengalaman Perdagangan Kuno yang Menyenangkan
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Shopping
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Pasar Antik Triwindu, Jalan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah
Views : 168

Pasar Antik Triwindu merupakan pusat kegembiraan bagi pecinta dan kolektor barang antik. Juga dikenal sebagai Pasar Windujenar, Pasar Antik Triwindu terletak di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Istana Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah. Saat memasuki kompleks pasar, Anda akan disambut oleh sepasang patung, pria dan wanita duduk di posisi bersila. Hanya didedikasikan untuk penjualan barang antik, suasana di Triwindu berbeda dari pasar lain.

Bangunan itu sendiri, dimana pasar berada, adalah bangunan kayu berlantai dua yang telah berdiri sejak tahun 1945, menambah nuansa "antik" bangunan tersebut. Berjalan-jalan di berbagai lorong, Anda akan disuguhi berbagai bentuk barang antik dari waktu yang berbeda di masa lalu. Artefak yang ditempatkan di dalam dinding ini sangat bervariasi dalam bentuk, latar belakang sejarah dan budaya, namun semua menampilkan elemen bernilai artistik tinggi dan keahlian yang mengagumkan. Barang antik yang ada di pasaran bisa terbuat dari emas, perak, tembaga, kayu, keramik, kertas atau kain.

Berbagai barang antik yang tersedia untuk dijual juga berbeda satu sama lain dengan cara penggunaan. Lantai pertama berisi item yang sebagian besar lebih kecil. Aksesori hanya sebagian kecil dari artefak kuno yang dipajang, dan termasuk kalung, gelang, cincin, anting dan aksesoris rambut. Lantai dua adalah ruang bagi barang-barang yang lebih besar mulai dari alat otomotif sampai sepeda kuno, lemari barang antik, tempat tidur, meja, kursi dan barang perabot lainnya.

Fitur menarik dari Triwindu Antique Market adalah bahwa sistem barter masih berlaku sebagai sarana transaksi yang valid. Di sini Anda bisa membawa barang antik Anda sendiri untuk ditukar dengan potongan barang berbeda yang Anda kagumi. Produk yang ditempatkan dalam kisaran harga pasar ini hanya beberapa ratus ribu sampai puluhan juta rupiah. Nilai suatu item bervariasi tergantung pada umur, riwayat dan kondisi barang. Meskipun beberapa item berusia ratusan tahun, sebagian besar dalam kondisi baik dan masih banyak yang masih berfungsi. Pasar Antik Triwindu buka setiap hari mulai pukul 09:00 - 16:00.

Menuju Lokasi

Bandara Internasional Adisumarmo terletak 14 KM sebelah utara kota Solo. Bandara ini terhubung secara internasional dengan Kuala Lumpur dan Singapura, dan penerbangan domestik tersedia dari Jakarta, Pangkalanbun, dan Pontianak.

Jika Anda lebih suka bepergian melewati darat, ada juga rute Jakarta-Solo dengan kereta api. Perjalanan memakan waktu antara 11-12 jam sebelum tiba di Stasiun Solo Balapan. Ada juga rute Jakarta-Solo dengan bus. Begitu di Solo, pasarnya terletak di Jalan Diponegoro, di dalam pusat kota. Anda bisa sampai di sana dengan kendaraan umum, mobil pribadi atau mobil sewaan.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Jawa Tengahmore »