Cari Tempat Wisata


Gili Sulat di Taman Nasional Gunung Rinjani : Tempat Terbaik untuk Petualangan di Pulau Lombok

Gili Sulat di Taman Nasional Gunung Rinjani : Tempat Terbaik untuk Petualangan di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Gili Sulat, Lombok Timur, Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB
Views : 441

Selain Pulau Gili Lawang, Gili lainnya tersedia untuk dijelajahi dan juga masuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Gili Sulat, lokasinya cukup dekat dengan Gili Lawang. Inilah fakta penting berikutnya mengenai pulau ini. Garis Wallace melewati pulau ini, sehingga dianggap lebih terkenal daripada saudaranya. Selain itu, pulau ini menawarkan fitur meriah dan ukuran lebih besar dibandingkan dengan Lawang. Ini menjelaskan mengapa pulau ini lebih cocok untuk sebuah petualangan dan eksplorasi ketimbang relaksasi. Apa kelebihannya?

Dari segi nuansa, seperti disebutkan sebelumnya, Gili Sulat memiliki banyak fitur. Misalnya, pengunjung bisa menemukan bakau subur yang terletak di beberapa bagian pulau. Sementara ragam mangrove tersebut dinilai impresif dan sudah diakui oleh negara lain di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, banyak jenis burung lokal tinggal di pulau ini dan mereka terlihat menakjubkan juga. Bagaimana dengan ukurannya? Pulau ini memiliki panjang sekitar 5,2 km dan ditutupi dengan banyak pohon.

Menjelajahi Pulau Gili Sulat

Daya tarik terbaik di Gili Sulat pastinya bakau. Sedangkan bagi wisatawan, daya tarik alam seperti itu terlihat begitu menarik dan menjadi latar belakang fotografi yang baik. Pulau ini bahkan menjadi tempat yang bagus untuk eksplorasi meski berukuran kecil. Satu-satunya pertimbangan adalah pengunjung harus memperhatikan langkah mereka. Itu karena beberapa ular, terutama ular hijau, tinggal di sana. Selain itu, lebih baik datang ke Pulau Sulat baik di pagi atau sore hari. Panasnya matahari membuatnya tidak nyaman menjelajahi pulau itu pada siang hari.

Hal berikutnya yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Sulat adalah menyaksikan burung liar yang indah yang hidup di hutan mangrove. Spesies burung yang paling umum yang tinggal di pulau ini disebut Maleo atau Bertong. Menurut penduduk setempat, burung-burung ini bermigrasi ke pulau lain seperti Bali, Sumba, dan Sulawesi pada waktu tertentu. Jika wisatawan beruntung, mereka bisa menyaksikan proses tersebut secara langsung. Jadi, pastikan untuk membawa kamera dan siap untuk menangkap momen indah saat berpetualang di Pulau Sulat.

Kegiatan lain yang direkomendasikan adalah mengunjungi pantai. Ombaknya tenang dan pemandangan laut cukup menakjubkan. Ini menjelaskan mengapa berenang cukup populer di Sulat juga. Tetap saja, pastikan untuk berenang pada tengah hari agar terhindar dari panasnya matahari. Nantinya, sebelum mudik, wisatawan harus mengunjungi pulau-pulau terdekat seperti Kondo dan Lawang, yang menawarkan atraksi tersendiri bagi mereka.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Gili Sulat

Sangat mudah menuju ke Pulau Sulat karena arahannya sama dengan Pulau Lawang. Dari Kota Mataram, wisatawan perlu menuju ke Kabupaten Lombok Timur dan segera mengunjungi pelabuhan lokal. Perjalanan ini memakan waktu 3-4 jam dan jaraknya 91 km. Dari pelabuhan, mereka bisa naik kapal dan menuju ke Pulau Lawang terlebih dahulu. Jaraknya 3 km, jadi butuh beberapa menit saja. Begitu sampai di Lawang, ada kapal lain yang harus sampai ke Pulau Sulat. Jangan khawatir Jaraknya hanya 500 meter.

or cancel