Cari Tempat Wisata


Mau Traveling? Ini 5 Biaya Liburan yang Perlu Anda PersiapkanMau Traveling? Ini 5 Biaya Liburan yang Perlu Anda Persiapkan

Mau Traveling? Ini 5 Biaya Liburan yang Perlu Anda PersiapkanMau Traveling? Ini 5 Biaya Liburan yang Perlu Anda Persiapkan
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / DKI Jakarta
Alamat : Jakarta
Views : 76

Anda mau traveling? Ini 5 biaya liburan yang perlu Anda persiapkan. Liburan sesingkat apapun membutuhkan perencanaan yang baik terutama dari segi biaya. Maka, dalam merencanakan liburan Anda yang selanjutnya, perhatikanlah kelima biaya paling penting berikut ini.

Mau Traveling? Ini 5 Biaya Liburan yang Perlu Anda Persiapkan

Biaya Perjalanan dan Dokumen Traveling

Yang pertama disiapkan adalah biaya perjalanan. Biaya transportasi dari tempat Anda tinggal ke tujuan wisata Anda harus dipersiapkan dengan baik. Tentunya biaya bervariasi sesuai dengan moda transportasi yang Anda gunakan serta lokasi liburan. Berlibur dengan pesawat tentu saja lebih tinggi biayanya dibandingkan dengan naik kereta ataupun bus. Liburan di kota yang dekat pun akan sangat berbeda biayanya dengan berlibur ke luar negeri.

Kadang, harga tiket pesawat membuat biaya perjalanan membengkak. Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih menggunakan maskapai budget seperti Lion Air, Air Asia, dan lain-lain. Anda bisa membeli tiket lion air traveloka supaya lebih mudah mendapatkan promo.

Jika Anda akan liburan ke luar negeri, tentunya Anda juga memerlukan dokumen traveling. Contohnya paspor, visa, dan lain-lain. Untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut biasanya Anda perlu membayar biaya tertentu. Misalnya untuk paspor sekitar Rp 350.000,00, ditambah lagi jika harus mengurus visa. Jangan lupa mengurus dokumen-dokumen ini karena jika tidak memilikinya Anda akan dilarang masuk ke negara tujuan Anda.

Biaya Penginapan

Selanjutnya adalah biaya penginapan. Tentunya kita membutuhkan penginapan yang nyaman dan aman supaya kita bisa rehat secara maksimal dan barang-barang terjaga selama kita bepergian.

Supaya biaya penginapan tidak membengkak, Anda bisa memilih untuk menginap di hostel. Walaupun murah, sudah banyak hostel yang menyediakan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Memang Anda harus berbagi kamar dengan pelancong lain, tapi Anda juga bisa mendapat teman baru dengan cara ini.

Jika Anda bepergian bersama keluarga, Anda bisa menginap di rumah atau apartemen yang disewakan di berbagai situs peer-to-peer rental. Anda juga bisa mencari promo penginapan murah. Sama dengan tiket pesawat, promo penginapan murah juga bisa Anda dapatkan melalui aplikasi travel seperti Traveloka.

Biaya Makan

Biaya makan juga merupakan hal yang penting, apalagi jika Anda berlibur bersama keluarga. Tentunya pengeluaran untuk makan sekeluarga cukup besar, apalagi jika liburan ke luar negeri. Padahal liburan tidak lengkap tanpa wisata kuliner dan mencicipi santapan khas daerah wisata tersebut.

Untuk menekan biaya makan, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Carilah informasi mengenai tempat makan yang dekat dengan penginapan Anda. Lebih baik lagi jika Anda bisa mencari daftar menu dan harganya di internet. Pilihlah lokasi yang murah seperti kaki lima atau street food.

Biaya Transportasi dan Tempat Wisata

Selain biaya transportasi pulang pergi, Anda juga perlu menyiapkan biaya transportasi selama berada di lokasi liburan. Ada baiknya Anda menyewa kendaraan pribadi jika memungkinkan. Selain lebih murah, juga lebih cepat dibandingkan transportasi online. Untuk solo traveler bisa menyewa motor, sedangkan rental mobil cocok untuk liburan bersama keluarga.

Jika Anda berlibur di tempat yang menyediakan banyak alternatif transportasi umum, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya. Terutama jika Anda berada di negara lain. Carilah informasi mengenai ongkosnya terlebih dulu. Ada beberapa negara seperti Thailand dan Jepang yang menawarkan travel pass untuk turis. Menggunakan travel pass seperti ini bisa menghemat biaya.

Biaya Telepon dan Internet

Tentu saja selama liburan Anda tetap perlu berkomunikasi dengan orang-orang di rumah, atau bahkan ada urusan kantor yang perlu diselesaikan secara remote. Karena itulah biaya telepon dan internet perlu dipertimbangkan juga. Selain itu, internet diperlukan untuk GPS seandainya Anda tersesat saat bepergian.

Apakah di tempat yang akan Anda kunjungi Anda bisa mengakses internet secara gratis? Jika tidak, Anda mungkin perlu membeli kartu SIM dan paket data. Anda bisa menggunakan paket data lokal atau menyewa mifi dari Indonesia.

Bagaimana, apakah dalam waktu dekat Anda berencana mau traveling? Ini 5 biaya liburan yang perlu Anda persiapkan dengan baik. Semoga dengan persiapan yang matang liburan Anda bisa berjalan dengan lancar.

or cancel