Cari Tempat Wisata


Pasir Berbisik di Gunung Bromo : Lautan Pasir yang Luas dan Indah di Dekat Kawah Gunung Bromo

Pasir Berbisik di Gunung Bromo : Lautan Pasir yang Luas dan Indah di Dekat Kawah Gunung Bromo
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Pasir Berbisik, Gunung Bromo, Jawa Timur
Views : 2398

Saat berlibur ke Propinsi Jawa Timur, wisatawan tidak boleh lupa mengunjungi gunung yang terkenal bernama Bromo. Sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menjadi aset wisata yang penting bagi negara. Sebagian besar pengunjung datang ke lokasi untuk menyaksikan kawah yang megah atau mengunjungi tempat wisata menarik lainnya seperti Pasir Berbisik yang dikenal bahkan di kalangan orang asing! Apa itu sebenarnya? Pasir Berbisik adalah daerah berpasir yang luas yang terletak di dekat kawah Gunung Bromo. Nama itu bahkan menjadi judul sebuah film lokal yang disutradarai oleh Nan Achnas, yang populer di tahun 2001.

Lautan pasir, begitulah cara orang asing memanggil Pasir Berbisik. Jadi, apa arti namanya?. Legenda mengatakan ada seorang wanita cantik yang sering berkeliaran di daerah itu dan memiliki pengalaman misterius. Dia mengucapkan kata dan mendengarkan tanah. Setelah beberapa saat, pasir itu berbisik kepadanya secara ajaib. Legenda ini telah diwariskan turun temurun di kalangan penduduk setempat dan juga menarik wisatawan mancanegara.

Menjelajahi Pasir Berbisik

Nah, ada penjelasan ilmiah tentang legenda tersebut. Bisikan itu berasal dari bunyi angin yang berhembus di permukaan pasir. Gesekan semacam itu menciptakan suara yang unik, yang mirip dengan bisikan seseorang. Angin bahkan meniup permukaan pasir seperti itu dan membuatnya terlihat seperti ombak laut. Fenomena alam seperti itu telah menjadi objek favorit bagi fotografi dan wisatawan sering datang ke Pasir Berbisik untuk menyaksikannya secara langsung. Beberapa penduduk setempat bahkan memanfaatkan tempat untuk melakukan sesi foto pra-pernikahan.

Apa berikutnya? Saat menjelajahi Pasir Berbisik, wisatawan diperbolehkan berbaring atau duduk di tanah sambil merasakan angin. Satu hal, cuacanya bisa cukup panas di siang hari jadi lebih baik datang di pagi atau sore hari. Selain itu, lebih baik datang saat angin kencang sehingga bisa melihat ombak pasir di sana. Jangan khawatir Pasir terasa begitu lembut dan tampak indah. Bahkan mungkin untuk menjelajahi lokasi bertelanjang kaki.

Bagian terbaik lain dari Pasir Berbisik adalah lokasinya. Ini berada di dekat atraksi terkenal lainnya sehingga wisatawan memiliki kesempatan untuk menjelajahi semua tempat wisata yang menakjubkan itu dalam satu perjalanan. Satu hal, lebih baik datang dengan pemandu wisata atau mereka yang mengenal lokasi dengan baik. Mengapa demikian? Orang tersebut dapat membantu wisatawan untuk berkeliling tempat wisata dan mengunjungi tempat-tempat menarik terdekat dengan cara yang mudah. Sebagai alternatif, Anda bisa menyewa penduduk setempat untuk layanan seperti itu.

Perjalanan atau Rute Menuju Pasir Berbisik

Cara yang paling umum untuk mencapai lokasi tersebut adalah melalui Kota Lumajang. Anda bisa menggunakan Jalan Probolinggo - Wonorejo untuk menuju Gunung Bromo dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sedangkan untuk jarak sekitar 83 km. Begitu sampai di titik perhentian, Anda bisa mulai trekking dan naik.

or cancel