Cari Tempat Wisata


Punthuk Sukmojoyo Magelang : Puncak Tertinggi untuk Menikmati Pemandangan sekitar Borobudur

Punthuk Sukmojoyo Magelang : Puncak Tertinggi untuk Menikmati Pemandangan sekitar Borobudur
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Punthuk Sukmojoyo, Magelang, Jawa Tengah
Views : 1102

Seperti contoh terbaik lainnya tentang alam Magelang, surga tersembunyi ini benar-benar surga baru untuk dijelajahi. Jika Anda suka menjelajahi tempat baru dan petualangan baru, Anda harus pergi ke Punthuk Sukmojoyo. Terletak di dekat Candi Borobudur, bukit ini memiliki satu ciri khas, memiliki satu papan untuk berdiri dari pohon. Memang, tempat ini akan menjadi tempat yang sangat indah untuk dikunjungi khusus bagi orang yang mencintai fotografi. Anda akan mendapatkan angel yang sempurna untuk mengambil pemandangan yang indah. Ketika sampai pada matahari terbenam, tidak akan ada keraguan tentang keindahannya.

Menjelaskan tentang nama tersebut, Punthuk berarti sebuah tanah kosong, yang berarti tanah yang tidak subur. Puncak Punthuk Sukmojoyo adalah puncak tertinggi di antara bukit-bukit yang menarik di sekitar Candi Borobudur, yang ditandai dengan sebuah monumen batu bertuliskan "Punthuk Sukmojoyo". Area puncaknya cukup sempit dan dikelilingi oleh ngarai serta bangku yang memungkinkan Anda duduk atau hanya untuk beristirahat dari tempat hiking, rumah pohon, dan fofo selfie di tebing.

Terletak di daerah yang tinggi, Punthuk Sukmojoyo akan selalu menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sekitar Kabupaten Magelang. Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan rangkaian Pegunungan Menoreh bisa terlihat jelas dari tempat ini. Dari bukit, para pengunjung juga bisa melihat Candi Borobudur dan Gereja Ayam (Chicken Church) yang menjadi jantung wisatawan di Borobudur. Apalagi, perbukitan indah lainnya di sekitar Magelang juga bisa dilihat dari sini.

Nama Punthuk Sukmojoyo diambil dari nama pemimpin agama di Magelang. Gus Galih, atau dikenal sebagai Sukmojoyo, yang merupakan anggota keluarga dari Kyai RM. Muhammad Soleh yang adalah seorang profesor Pangeran Diponegoro. Ribuan tahun yang lalu, kuburan itu tidak berada di tempat yang sama tapi masih di daerah Borobudur dan itu digerakkan oleh Gus Galih Sukmojoyo ke bukit ini. Gus Galih memindahkan makam nenek moyangnya karena mimpinya tentang Muhammad Soleh yang meminta Gus Galih untuk bisa dipindahkan ke kuburan di bukit ini. Makanya bukit itu disebut Bukit Punthuk atau Sukmojoyo. SUKMO berarti jiwa dan Joyo berarti kemenangan.

Bukit Punthuk Sukmojoyo memiliki potensi besar sebagai daerah tujuan wisata. Para pengunjung hanya perlu mendaki sekitar 30 menit untuk mencapai puncaknya. Untuk mendaki bukit, Anda membutuhkan properti tambahan, seperti senter, jaket, dan sarung tangan. Mirip dengan bukit lainnya, bukit ini sudah difasilitasi dengan baik dengan warung sehingga Anda tidak perlu takut mengisi ulang energi dengan makanan. Tak hanya warung,  tapi juga teras yang nyaman yang bisa digunakan untuk menikmati minuman Anda.

Nuansa matahari terbenam dan matahari terbit di atas bukit akan mengejutkan Anda. Bercampur dengan pemandangan yang indah, nuansa akan membuat Anda ingin kembali dan tinggal lebih lama di bukit. Matahari terbit dan terbenam akan lebih menarik karena cocok dengan kemegahan Borobudur, Punthuk Sukmojoyo, Merbabu, Gunung Merapi dan Pegunungan Menoreh.

Selain itu, ini akan sangat direkomendasikan untuk semua orang yang menyukai hiking, piknik, atau panorama yang indah. Temukan keindahan Kabupaten Magelang sambil menikmati alam segar bukit Punthuk Sukmojoyo.

Perjalanan atau Rute Menuju Punthuk Sukmojoyo

Untuk mencapai bukit, Anda bisa naik motor atau mobil. Sebagai informasi, tidak ada angkutan umum. Jadi pertama Anda harus pergi ke jalan Badrawati, sampai Anda menemukan Kantor Desa Karanganyar. Setelah itu Anda bisa belok kiri dan Anda akan menemukan Kantor Desa Giri Tengah. Kemudian Anda bisa berbelok ke kanan. Setelah itu ikuti rute dan terus berjalan lurus sampai Anda melewati jalur tinggi dan temukan jalan kecil bercor. Pada rute terakhir, Anda akan menemukan papan pengumuman bertuliskan Wisata Alam Punthuk Sukmojoyo.

or cancel