Cari Tempat Wisata


Taman (Hutan) Bambu Sembalun : Salah Satu Ekowisata Terbaik dan Populer di Pulau Lombok

Taman (Hutan) Bambu Sembalun : Salah Satu Ekowisata Terbaik dan Populer di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Taman (Hutan) Bambu Sembalun, Sembalun, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 977

Banyak wisatwan mengatakan bahwa Gunung Rinjani merupakan tujuan liburan utama di Pulau Lombok. Tidak hanya cocok untuk trekking, Gunung Rinjani ini memiliki banyak atraksi alam bagi wisatawan untuk dijelajahi. Misalnya, ada taman atau hutan bambu yang terkenal di Kecamatan Sembalun. Seperti namanya, tempat ini memiliki banyak pohon bambu yang tumbuh di atasnya! Karena pesona unik seperti itu, wisatawan tertarik untuk datang ke lokasi dan berkeliling taman untuk wisata dan fotografi. Dengan semua daya tarik yang ditawarkan, Taman Bambu Sembalun menjadi tempat yang bagus untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman juga.

Singkatnya, Taman (Hutan) Bambu Sembalun merupakan salah satu referensi terbaik ekowisata di Pulau Lombok. Lokasinya ada di dataran tinggi, sehingga menawarkan nuansa nyaman dan damai bagi pengunjung. Beberapa rumah tradisional terlihat di lokasi dan penduduk desa juga merawat lingkungan dengan baik. Bahkan sudah ada jalur, yang bisa digunakan wisatawan untuk eksplorasi. Pohon bambu tumbuh melimpah di lokasi dan membuat suasana sekitarnya menjadi lebih teduh.

Menjelajahi Taman (Hutan) Bambu Sembalun

Begitu pengunjung sampai di lokasi, mereka bisa menemukan formasi pohon bambu yang rimbun dan beberapa struktur tradisional yang berada di dekat pohon-pohon. Selain jalur utama, yang digunakan untuk menjelajahi taman, wisatawan bisa melihat jembatan yang terbuat dari bambu juga. Penduduk setempat membangun dan mengaturnya dengan rapi sehingga jembatan sering menjadi latar belakang fotografi di antara pengunjung. Apalagi eksplorasi menjadi lebih nyaman karena adanya pepohonan rindang yang teduh dan angin sepoi-sepoi di dataran tinggi.

Secara keseluruhan, taman tematik ini cocok bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan untuk menemukan kedamaian di sebuah desa terkenal seperti Sembalun. Tak hanya terkenal di kalangan penduduk setempat, banyak orang dari berbagai daerah juga terlihat di taman ini. Itu berarti Taman (Hutan) Bambu Sembalun memiliki popularitas yang baik dan terus menarik lebih banyak pengunjung seiring berjalannya waktu. Biasanya, taman bambu ini menjadi ramai di sore hari karena wisatawan ingin menikmati suasana romantis dan tenang. Meskipun mereka datang pada siang hari, cuacanya terasa enak karena pepohonan rindang. Itu berarti tidak akan terasa panas sama sekali asalkan mereka berjalan mendekati pohon bambu.

Bahkan, beberapa orang datang ke Taman Bambu di malam hari karena mereka ingin merasakan suasana yang lebih tenang, ditemani bintang-bintang indah di langit. Satu hal, nuansa sepi seperti itu terdengar menyeramkan bagi orang lain karena penduduk setempat percaya bahwa pohon bambu adalah rumah bagi makhluk gaib.

Perjalanan atau Rute Menuju Taman Bambu Sembalun

Taman bambu terletak di Kecamatan Sembalun. Dari Kota Mataram, perjalanan bisa memakan waktu sekitar 3 jam karena jarak antara lokasi tersebut adalah 90,4 km. Sedangkan untuk rute terbaik untuk ditempuh, Anda bisa mengambil jalur Jalan Mataram Raya - Labuan Lombok. Selanjutnya, dibutuhkan trekking singkat agar bisa sampai ke taman.

or cancel