Cari Tempat Wisata


Taman Pusuk Sembalun, Lombok Timur : Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Gunung Rinjani

Taman Pusuk Sembalun, Lombok Timur : Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Gunung Rinjani
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Kekinian
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Taman Pusuk Sembalun, Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB
Views : 864

Mengunjungi Pulau Lombok harus menjadi tujuan setiap orang dalam hal liburan panjang. Pulau Lombok adalah pulau tetangga Bali dan memiliki banyak atraksi alam yang bisa menghibur semua wisatawan. Selain dari pantai dan Gunung Rinjani yang terkenal, beberapa tujuan wisata menarik tersedia termasuk Taman Pusuk Sembalun. Tempat yang tenang ini terletak di Jalan Wisata Rinjani dan merupakan desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur. Seperti yang diharapkan wisatawan, situs ini cocok untuk liburan keluarga dan santai. Sebenarnya, Taman ini masih bagian dari Rinjani, sehingga wisatawan harus mampir saat mereka menjelajahi lokasi tersebut.

Fakta pertama tentang Taman Pusuk Sembalun adalah terletak di dataran tinggi, yaitu sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Karena faktanya, taman ini menawarkan udara yang menyegarkan dan alam yang rimbun. Belum lagi nuansa terasa cukup damai dan nyaman. Nama "Pusuk" berarti "Puncak" dalam Bahasa Sasak sebenarnya. Dari lokasi, wisatawan bisa melihat Gunung Rinjani yang menakjubkan dengan pepohonannya yang lebat dan fitur alam lainnya. Penduduk setempat bahkan membangun area tempat pandang untuk menyaksikan pemandangan dengan cara yang sempurna.

Menjelajahi Taman Pusuk Sembalun

Hal pertama yang harus dilakukan di Taman Pusuk Sembalun adalah menikmati keindahannya. Ini menampilkan atraksi alam yang menakjubkan, memukau semua orang yang mengunjungi taman yang indah ini. Tak heran, taman ini merupakan bagian dari Hutan Rinjani sehingga wisatawan bisa merasakan nuansa teduh dan pepohonan rimbun di sana. Belum lagi lokasinya di dataran tinggi, yang menampilkan peremajaan udara dan tebing curam. Jangan lupa pemandangan bukit, lembah, peternakan, dan gunung! Semua pesona yang ditawarkan menjadi latar belakang fotografi yang bagus. Tak heran, Taman Pusuk Sembalun saat ini merupakan spot atau tempat selfie favorit dan populer di daerah Rinjani.

Apa yang lebih? Selain pemandangan alam yang indah, Taman Pusuk Sembalun terkenal dengan keberadaan monyet liar. Hewan-hewan ini sering mendekati turis dan meminta makanan, sebenarnya. Jangan khawatir Hal ini dimungkinkan untuk berinteraksi dengan mereka karena mereka ramah dan tenang. Jadi, jangan lupa bawa kacang atau pisang saat berkunjung ke taman. Masalahnya mereka hanya terlihat di siang hari dan cuaca baik. Jika tidak, mereka akan beristirahat atau bersembunyi di pepohonan.

Hal lain yang harus dilakukan di Taman Pusuk Sembalun adalah menikmati nuansa damai. Beberapa gazebo tersedia di sekitar Taman Pusuk Sembalun, dimana wisatawan bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Dalam hal ini, akan lebih bagus lagi jika mereka membawa makanan dan minuman untuk dinikmati di gazebo bersama teman atau keluarga. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu jangan mebuang sampah sembarangan agar keindahan dan kelestarian alam tetap terjaga.

Perjalanan atau Rute Menuju Taman Pusuk Sembalun

Dari ibu kota Lombok, Kota Mataram, wisatawan hanya perlu menuju ke Kabupaten Lombok Timur. Tepatnya, tujuan utama mereka adalah Desa Sembalun Bumbung. Jaraknya 82,3 km, sehingga dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dan 10 menit untuk sampai ke lokasi. Sedangkan untuk rute terbaik, wisatawan bisa membawa Jalan Mataram Raya - Labuan Lombok.

or cancel